Maret 31, 2022

Peluang membangun potensi usaha kreatif dan inovatif

 

Peluang membangun potensi usaha kreatif dan inovatif

Oleh : Muhamad Ilham Sudrajat (@U27-ILHAM)

Pendahuluan

Kewirausahaan adalah kapasitas untuk menjadi kreatif dan inovatif, tertarik pada peluang dan selalu siap menerima setiap kontribusi positif dan setiap perubahan yang dapat memajukan perusahaan. Usaha tersebut harus bernilai dan bermanfaat bila dapat diwujudkan melalui penerapan konsep kewirausahaan sosial. Banyak kalangan yang mulai membahas konsep kewirausahaan sosial sebagai solusi inovatif untuk memecahkan masalah sosial.
Tujuan dari kewirausahaan sosial adalah untuk mencapai perubahan sosial menjadi lebih baik atau lebih positif dan memecahkan masalah sosial untuk kepentingan masyarakat, khususnya di desa dan pada umumnya di Indonesia.

Pembahasan



Arti dari kata Kreatif adalah membuat sesuatu yang berbeda dari hal-hal lain, atau menghubungkan hal-hal yang sebelumnya tidak berhubungan. Sedangkan arti dari kata “inovasi” adalah menciptakan sesuatu yang belum pernah ada atau menciptakan sesuatu yang sama sekali berbeda. Inilah yang sangat dibutuhkan para pengusaha. Wirausahawan adalah Pengusaha, tetapi tidak semua pengusaha adalah wirausahawan. Wirausahawan adalah pembuka bisnis, inovator, pengambil risiko, orang yang melihat masa depan dan mencapai keunggulan bisnis. Fungsi kreativitas dalam proses inovasi adalah pembangkitan ide-ide yang meningkatkan efektivitas dan efisiensi suatu sistem.

Ada dua aspek penting dari kreativitas, proses dan orang. Proses yang diarahkan pada tujuan dirancang untuk menemukan solusi untuk suatu masalah. Sedangkan orang adalah sumber daya yang memutuskan solusi. Prosesnya masih sama, tetapi pendekatan yang digunakan mungkin berbeda. Dari pengusaha ke pengusaha, pasti ada cara atau strategi yang berbeda untuk membangun bisnisnya. Cara atau strategi ini menentukan hasil akhirnya. Semakin banyak orang kreatif memanfaatkan peluang yang ada, semakin baik hasil usahanya.

Cara berpikir kreatif dan inovatif



Dalam hal bisnis, kreativitas dan inovasi merupakan istilah yang sering digunakan dan memiliki nilai penting dalam dunia bisnis. Untuk meningkatkan kreativitas dan memunculkan ide-ide inovatif, berikut beberapa metode praktis yang dapat Anda gunakan:

1. Olahraga dan olahraga teratur

sudah jelas olahraga dan latihan yang baik untuk pikiran dan tubuh. Tetapi apakah Anda tahu bahwa olahraga dapat membantu meningkatkan kreativitas?

Menurut sebuah penelitian oleh Stanford University, ras dalam-dan-eksternal dapat meningkatkan pemikiran kreatif. Penelitian menunjukkan bahwa menjalankan adalah salah satu kegiatan latihan yang kuat untuk meningkatkan kreativitas.

2. Minta salah satu dari

salah satu alasan utama untuk tidak memiliki pemikiran kreatif adalah hipotesis bahwa semuanya berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, meningkatkan keingintahuan semua aspek peran Anda dan mengirim semua pertanyaan kepada para pemimpin tentang apa yang dapat dilakukan dengan lebih baik. Seorang pemimpin yang baik tidak akan pernah berhenti mencari untuk meningkatkan efisiensi bisnis mereka. Jika Anda mengalami kesulitan memikirkan kreativitas, Anda dapat menemukan inspirasi atau ide-ide di lingkungan sekitarnya. Lihatlah lingkungan Anda dan lihat apakah Anda dapat menggabungkan beberapa hal yang Anda lihat dan temukan ke dalam ide-ide baru untuk tim Anda.

3. Tetapkan batas

Seperti yang kita semua tahu, kreativitas adalah sesuatu yang tidak terbatas dan tidak ada habisnya. Namun, tanpa batasan, terkadang sulit bagi seseorang untuk berpikir kreatif dan berinovasi. Oleh karena itu, menetapkan batasan adalah cara terbaik untuk menghasilkan ide-ide baru. Pembatasan juga diperlukan dalam konteks bisnis. Karena Anda tidak akan menemukan strategi baru tanpa mengetahui tujuan yang ingin Anda capai. Tujuan ini disebut limit, memotivasi seseorang untuk berpikir kreatif untuk mencapai tujuan tersebut.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dari artikel tersebut sebelum menjadi kewirausahaan, kita harus menciptakan sikap-sikap kreatif dan inovatif itu. Pentingnya sikap-sikap itu sebagai pandangan saat kita membuka usaha nantinya, karena kreatif dan inovatif menimbulkan seorang wirausahawan banyak pengalaman yang di pelajarinya, untuk membuka lapangan pekerjaan yang akan berjalan dengan baik dan berguna untuk semua orang. Di dunia bisnis itu sangat berat untuk kita yang lemah dalam memiliki sikap kreatif dan inovatif kita bisa manjadi kalah dalam persaingan dibisnis tersebut. Jadi tingkatlah sikap kreatif dan inovatif itu karena sanget bermanfaat untuk menjadi kewirausahaan.

 

Referensi

Modul 4

https://www.gramedia.com/best-seller/berpikir-kreatif-dan-inovatif/

https://opop.jabarprov.go.id/kreatif-dan-inovatif-dua-sisi-yang-tak-terpisahkan/

https://www.linovhr.com/perbedaan-kreatif-dan-inovatif/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.