Maret 10, 2022

Peluang Wirausaha Di bidang Peternakan Bagi Pemula

 

Nama         : Muhamad Ilham Sudrajat @U27-ILHAM

NIM : 41420010015

KEWIRAUSAHAAN 1

 

Peluang Wirausaha Di bidang Peternakan Bagi Pemula

 

Abstrak

Wirausaha adalah penggabungan dari dua kata, yaitu 'wira' dan 'usaha'. Wira artinya pejuang, pahlawan, berbudi luhur, manusia unggul, berwatak agung, dan gagah berani. Sedangkan, usaha merupakan perbuatan atau amalan, berbuat sesuatu dan bekerja. Jika diartikan secara harfiah, maka makna dari wirausaha adalah orang yang membuat suatu produk, menentukan cara produksi, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru hingga mengatur permodalan serta pemasarannya. Wirausaha juga bisa disebut dengan sebuah kegiatan usaha atau suatu bisnis mandiri yang setiap sumber daya dan kegiatannya dibebankan kepada pelaku usaha atau wirausahawan terutama dalam hal membuat produk baru, menentukan bagaimana cara produksi baru, maupun menyusun suatu operasi bisnis dan pemasaran produk serta mengatur permodalan usaha. Menurut Burgess (1993), definisi wirausaha adalah seseorang yang melakukan pengelolaan, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko dalam menciptakan peluang usaha dan usaha yang baru. Jadi kewirausahaan adalah suatu ilmu bagaimana menciptakan suatu ide yang baru bahkan berani tanggung jawab dan menanggung semua resiko untuk mengorbankan waktu, biaya dan tenaga demi tercapainya ide tersebut sesuai dengan apa yang telah di harapkan.

Pembahasan



Usaha peternakan merupakan salah satu jenis usaha yang banyak dilakukan di Indonesia karena Indonesia memiliki lahan yang luas dan memang terkenal akan sumber daya alamnya. Selain itu, ada beberapa jenis usaha peternakan yang tidak membutuhkan banyak persyaratan maupun keahlian, seperti budidaya cacing maupun ikan yang notabene mudah untuk dikembangkan dibandingkan jenis usaha lainnya.

Dalam usaha peternakan di Indonesia memiliki 3 jenis  di antaranya:

Jenis Peternakan Besar

Jenis peternakan besar merupakan suatu kegiatan usaha yang berkatan dengan pemelihaan hewan yang berjenis besar, contoh jenis hewan peternakan tersebut seperti Kuda, kerbau, sapi, dan kambing. Biasanya jenis peternakan ini dimanfaatkan untuk diambil susu, kulit, dan dagingnya, yang pada jenis tersebut memiliki manfaat dan kasiat tersendiri terutama dalam kebutuhan sehari-hari kita. Bahkan hasil dari kotoran peternakan pun dapat dimanfaatkan salah satunya adalah untuk dijadikan bahan pupuk untuk tanaman-tanaman pertanian.

Jenis Peternakan Kecil

Jenis peternakan kecil merupakan suatu kegitan yang berkaitan dengan pemelihaan hewan yang tergolong sedang atau kecil. Contoh hewan sedang adalah seperti hewan ambing, domba, kelinci, dan lainnya. Pada jenis peternakan ini biasanya akan dimanfaatkan untuk sebagai bahan pokok dalam kehidupan sehari-hari seperti daging dan lainya.

Jenis Peternakan Unggas

Jenis ternak unggas merupakan suatu peternakan yang hanya memelihara hewan jenis ungas atau hewa yang bersayap saja. Jenis peternakan ini memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan pada manusia serta sebagai salah usaha untuk mencukupi kebutuhan kita dalam sehari-hari.

Macam – macam usaha bagi pemula

Beternak Ayam

Beternak ayam dapat diawali dengan sebidang tanah yang memadai untuk area kandang dan tempat ayam mencari makan. Namun demikian, peternak ayam rumahan—baik ayam kampung, ayam petelur, maupun ayam potong—harus memastikan agar peternakan kecilnya tidak mengganggu tetangga dan lingkungan sekitar. Memulai usaha beternak ayam dapat diawali dengan dengan modal kisaran 20jt saja. Dengan modal segitu kalian sudah mampu mengembangkan usaha tersebut dengan waktu 3-4 bulan saja. Untuk untung yang didapat pun juga terbilang cukup besar, apalagi jenis usaha ternak ini memiliki potensi atau keuntungan yang mudah di dapat.

Beternak Ikan Lele

Beternak ikan lele merupakan salah satu opsi bisnis peternakan yang layak dipertimbangkan, mengingat populernya makanan hasil olahan lele dan apalagi jenis usaha ini memilik daya Tarik masyarakat yang terbilang besar peminatnya; salah satunya adalah pecel lele yang dapat dijumpai hampir di mana saja.

Beternak Kelinci

Meskipun belum sepopuler ayam atau bebek, bisnis peternakan kelinci merupakan salah satu peluang yang menjanjikan omzet cukup besar. Olahan daging kelinci seperti abon, sate, nugget bahkan dapat diekspor hingga mancanegara.Selain kebersihan dan lokasi kandang, lingkungan peternakan kelinci harus terbebas dari polusi udara, baik dalam bentuk bau tidak sedap maupun asap, dan suara bising. Selain itu hasil  olahan kelinci sendiri memiliki daya Tarik yang tinggi terutama pada masyarakat luar, sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang suka dengan jenis usaha yang satu ini.

Beternak Jangkrik

Meskipun bukan merupakan kuliner yang umum di Indonesia, jangkrik juga dibudidayakan untuk dijual ke peternak atau pecinta burung kicauan. Selama terjaga kebersihan tempat dan diberikan asupan makanan secara rutin, jangrik dapat hidup di dalam wadah sederhana seperti drum bekas minyak atau ember bekas cat. Untuk membuka usaha ini terbilang sangat mudah dan tidak harus membutuhkan modal yang cukup banyak. Dan usaha ini pun terbilang sangat kuat dengan daya jualnya karena di Indonesia ini masih sangat banyak yang memelihara burung kicauan.

Keuntungan dan kerugian menjadi wirausaha



 

Kerugian

1. Jam Kerja Panjang dan Tidak Pasti

Pada saat sebagian orang telah tidur lelap di malam hari, seorang wirausahawan kadang masih bekerja, hal ini dilakukan agar keesokan harinya dapat berbisnis dengan mitranya atau melayani para pelanggan dengan baik. Selain itu tidak jarang menggunakan jam makan siang diisi dengan membicarakan bisnis dengan mitra atau mengantarkan pesanan ke tempat pelanggannya.

2. Pendapatan Tidak Stabil

Pendapatan seorang wirausahawan tergantung dari waktu dan kondisi, seperti pedagang pakaian jadi akan menghasilkan lebih banyak pada hari biasa dibanding hari menjelang lebaran.

3. Menanggung Resiko

Wirausahawan yang merangkap pemilik dan sebagai direktur bila dalam pengambilan keputusan yang diambilnya salah, maka resikonya ditanggung dan dirasakan langsung olehnya terhadap pihak ketiga lainnya.

4. Belajar tak ada akhirnya

Untuk meningkatkan usahanya, wirausahawan harus mempunyai strategi belajar yang jitu. Caranya bisa . menonton tayangan pengusaha sukses, mengikuti seminar atau lokakarya yang dibawakan oleh pengusaha sukses. Prinsipnya selama hayat masih dikandung badan, seorang pengusaha tidak boleh berhenti belajar.

5. Sering terlibat masalah keuangan

Wirausahawan harus mampu mengalokasikan uang yang ada untuk berbagai kepentingan. Setiap masalah keuangan harus diselesaikan dengan baik. Adanya keterlambatan pembayaran akan berimbas kepada jenis pengeluaran yang lainnya.

Keuntungan

1. Keuntungan usaha menjadi milik sendiri

Sebagai seorang wirausahawan dapat memiliki posisi ganda, yaitu sebagai pemilik perusahaan dan sebagai direktur perusahaan tersebut. Maka pendapatan secara finansial akan mendapat 2 [dua] sumber, yaitu dari keuntungan perusahaan dan mendapat gaji sebagai direktur pelaksana.

2. Memperoleh status dan kepuasan

Status sebagai seorang pemilik perusahaan tentunya memiliki kebanggaan tersendiri dibanding bekerja menjadi karyawan. Rasa bangga menjadi motivasi agar lebih maju dan melahirkan ide-ide cemerlang yang dirangkai dengan strategi unggulan akan melahirkan kesuksesan usaha dan terjaganya kesinambungan usaha hidup perusahaan. Kesuksesan akhirnya menimbulkan rasa puas, dan rasa puas akan memicu pemilik dan direktur untuk mencapai kesuksesan lain.

3. Tidak diperintah orang lain

Sebagai pemilik sekaligus direktur perusahaan, maka tidak ada orang lain yang akan memerintahnya. Walapun demikian, dia harus bijaksana saat memberikan perintah kepada bawahannya supaya dihormati sebagai pimpinan kharismatik dan mengayomi karyawan.

4. Berhak mengambil keputusan

Kecepatan dan ketepatan pengambilan keputusan adalah suatu hal yang sangat penting bagi perusahaan. Wirausahawan meminta pendapat atau pertimbangan dari konsultan dan pihak lain dikarenakan untuk bahan pertimbangan yang akhirnya wirausahawan sendiri yang berhak mengambil keputusan.

5. Dapat memilih usaha sendiri

Wirausahawan bisa memilih jenis usaha sendiri berdasarkan dari pertimbangan faktor luar maupun dalam diri. Dari luar karena kebutuhan masyarakat, sedangkan dari dalam sesuai minat, bakat dan kemampuan.

6. Mempunyai kesempatan berjiwa sosial

Dapat membantu masyarakat di sekitar perusahaan, dengan cara merekrut dan mempekerjakan anggota masyarakat sesuai dengan spesifikasi jabatan dan kebutuhan perusahaan.

Kesimpulan

Wirausaha adalah orang yang mempunyai semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan, sedangkan kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan untuk memperoleh keuntungan. Pemasaran   dalam   suatu   usaha   memiliki   peranan   yang   sangat penting  dalam  rangka  mengenalkan  produk  dan  meningkatkan  penjualan. Dapat dikatakan kunci suatu produk dapat cepat laku dimasyarakat adalah terletak  pada segi  pemasarannya.  Apabila  dalam  suatu  bisnis  strategi pemasaran  dapat  dilakukan  dengan  baik  dan  tepat,  maka  bisnis  tersebut akan   cepat   sekali   berkembang.   Dari hasil   penelitian   yang   dilakukan peneliti,telah  diketahui  bahwa  strategi  pemasaran  yang  dilakukan  oleh “Umi Mushroom Farm” adalah meliputi dua hal, yaitu strategi produk dan strategi promosi.Startegi    produk    yang    dilakukan    adalah    dengan    berupaya memberikan  produk  dengan  kualitas  terbaik.  Sedangkan  stretegi  promosi dilakukan    dengan    menyebarkan    brosur,    memasang    banner,    dan menyebarkan  informasi  dari  mulut  kemulut.  Langkah-langkah  yang  telah dilakukan oleh “Umi  Mushroom  Farm” sejauh ini telah berjalan sesuai dengan etika bisnis Islam.

 

Referensi

Modul 1

https://www.jurnal.id/id/blog/apa-itu-wirausaha-bagaimana-cara-menjadi-wirausaha-sukses/

https://www.gramedia.com/best-seller/jenis-usaha-peternakan/

https://www.pinhome.id/blog/jenis-usaha-peternakan/

https://www.berwirausaha.net/2017/04/peluang-usaha-ternak-menguntungkan.html/

https://www.jurnal.id/id/blog/berbagai-manfaat-menjadi-pengusaha/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.