Maret 31, 2022

PENERAPAN DESIGN THINKING DALAM USAHA

 

Oleh : Hildan Dwi Prasetyo (@U26-HILDAN)

 

PENERAPAN DESIGN THINKING DALAM USAHA

 

I.              Pendahuluan

Dalam berwirausaha inovasi sangat diperlukan, untuk membuat produk tetap bertahan di pasaran. Salah satu cara untuk menciptakan sebuah inovasi bagi produk adalah Design Thinking.

Design Thinking adalah serangkaian proses kognitif, strategis, dan praktis yang berulang; digunakan untuk memecahkan masalah dan menciptakan solusi inovatif yang tidak terpikirkan sebelumnya dengan berusaha memahami pengguna dan kebutuhannya, tidak membuat asumsi, dan membuat definisi ulang permasalahannya. Design thinking dikenal pula sebagai Business of Experience (BX).

Hasil dari implementasi design thinking adalah solusi pembelajaran yang efektif selaras dengan kebutuhan bisnis dan pengembangan kapasitas. Prinsip dari design thinking ini adalah mewujudkan dan menciptakan berbagai nilai baru dalam perusahaan. Design thinking bisa menjadi jembatan antara kebutuhan bisnis dan pengembangan kapasitas. 

Menggunakan design thinking dalam menganalisis setiap kebutuhan bisnis, bisa menjadi lebih potensial karena akan melewati tahapan percobaan sebelum diterapkan langsung dalam mengelola bisnis kita. Sayangnya, masih banyak pebisnis yang belum menggunakan metode ini untuk meningkatkan kualitas bisnisnya. 

II.           Pembahasan

2.1 Penggunaan Design Thinking

Design thinking tidak hanya dapat di gunakan dalam menciptakan inovasi untuk berbisnis. Design thinking juga sangat berguna dalam memecahkan masalah yang tidak jelas atau tidak diketahui dengan membingkai masalah dengan cara yang berpusat pada manusia, menghasilkan banyak ide brainstorming, dan mengadopsi pendekatan praktis untuk membuat prototype dan pengujian.

DESIRABLE

Design Thinking dimulai dari memikirkan apa yang paling diinginkan oleh manusia,  harapan, ketakutan, dan kebutuhan mereka untuk mencari jawaban dari permasalahan yang ada.

VIABLE

Ketika sudah ditemukan solusi yang mungkin sesuai untuk menjawab masalah yang ada dalam komunitas, kemudian analisis kemungkinan pelaksanaan dari solusi tersebut.

FEASIBLE

 Ketika solusi mungkin untuk dilakukan, langkah berikutnya adalah bagaimana cara untuk mendanai solusi tersebut agar solusi dapat benar-benar direalisasikan.

 

2.2   Kapan Design Thinking Digunakan ?

Ketika Membuat Ide

Tips Jitu Mencari Ide Bisnis Cemerlang Sesuai Keterampilan |  SimulasiKredit.com

Ketika Anda ingin mencari sebuah ide baru untuk Usaha Sosial Anda, Anda dapat menggunakan pola pikir dari Design Thinking dan Design Thinking Toolkit.

Ketika Memecahkan Masalah dalam Usaha

Sukses SPMI Pendidikan Unggul - SPMI dan Mutu Pendidikan

Design Thinking dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi Usaha Sosial. Misal, ketika Divisi Pemasaran Anda ingin megetahui produk seperti apa yang disukai oleh pasar atau konsumen.

Ketika Meningkatkan Kualitas Sistem yang Ada

Pengertian Sistem, Ciri-ciri Sistem dan Unsur Sistem - SMPN 2 Semparuk

Kita dapat menggunakan design thinking untuk mengevaluasi Usaha Sosial Anda kemudian menyusun rencana untuk mengembangkan sistem yang ada agar lebih baik lagi.

2.3   Membangun Pola Pikir untuk Memulai Design Thinking

            Percaya Diri atas Kreativitas yang dimiliki

           Setiap orang memiliki keunikan dan kreativitasnya masing-masing. Maka untuk menyelesaikan masalah dan menjadi sukses, tidak harus mengikuti jalan orang lain. Membuat jalan sendiri sesuai kemampuan dan kreativitas. 

Realisasikan Ide

           Seseorang dengan Design Thinking akan berusaha merealisasikan idenya untuk memecahkan masalah tak peduli apa yang dibuat, seberapa hebat karya tersebut, material apa yang digunakan, apakah akan berhasil atau tidak. Sebab, bagi mereka adalah bagaimana merealisasikan ide dan belajar untuk memperbaiki dan mengembangkannya. 

Belajar dari Kesalahan

           Kegagalan adalah proses pembelajaran. Hidup adalah tentang mencoba sesuatu yang baru. Tanpa berani mengambil risiko untuk mencoba tantangan baru akan membatasi diri Anda untuk berinovasi. Ambilah risiko tersebut dan anggaplah kegagalan sebagai percobaan yang akan memberikan Anda pelajaran untuk mencapai kesuksesan. 

Empati

           Empati adalah kemampuan untuk melihat dan memahami cara berpikir, kehidupan, dan kondisi dari orang lain yang berbeda. Dengan berusaha melihat melalui kacamata orang lain, Anda akan memasuki dunia baru penuh kesempatan dan kreativitas yang tak pernah Anda bayangkan. Dunia baru itu juga akan menyingkirkan pikiran kuno yang membatasi langkah Anda. Berempati sangat penting karena Anda akan berfokus pada orang atau komunitas yang ingin Anda bantu ketika membuat ide dan solusi.

Gandeng Ketidakpastian

           Dalam mencari solusi atas masalah, seringkali Anda akan dihadapkan pada ketidakpastian. Anda tidak perlu takut meski solusi yang Anda temukan belum pasti benar. Dalam ketidakpastian ada pembelajaran, kreativitas, dan inovasi yang akan memberikan dampak positif jangka panjang. Karena itulah, izinkan diri Anda untuk menjelajahi berbagai kemungkinan.

Berpikir Optimis 

           Berpikir optimis adalah percaya bahwa ada solusi dan jawaban dari masalah yang Anda cari di luar sana meski saat ini Anda masih belum mengetahuinya. Percaya bahwa akan ada segala kemungkinan yang dapat terjadi, sekecil apapun itu. Berpikir optimis akan memotivasi seseorang untuk tetap melangkah maju meski segala halangan menghadang. Optimislah! Karena Optimis akan membawa Anda pada jawaban yang Anda cari. 

Coba lagi! 

           Uji ide dan solusi yang Anda temukan kepada orang atau komunitas yang ingin Anda bantu. Tanyakan pendapat mereka apakah solusi yang Anda buat telah mampu menjawab permasalahan mereka. Perbaiki dan kembangkan lagi ide dan solusi yang Anda buat berdasarkan masukan dari komunitas yang Anda bantu. Jangan takut untuk mengulangi dan memperbaiki pekerjaan yang telah Anda lakukan karena proses ini akan memperkaya Anda dengan pelajaran berharga untuk membuat ide dan solusi Anda semakin responsif dan lebih baik.

 

2.4   Penerapan design thinking

1.     Airbnb

Airbnb adalah salah satu perusahaan yang menerapkan design thinking dalam proses pengembangan produk mereka. Tim manajemen mereka percaya bahwa orang-orang ragu untuk memesan melalui platform sewa tempat tinggal karena foto-foto iklan kebanyakan memiliki resolusi yang rendah.

Hal tersebut tidak bisa menunjukkan kepada pengguna kondisi dari tempat yang akan mereka huni. Sebagai solusi, mereka kini menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk membantu penyewa mengambil foto berkualitas tinggi.

2.     PillPack

PillPack adalah contoh perusahaan lain yang menerapkan design thinking pada produk-produknya. Bagi banyak orang dewasa dan lansia, melacak jadwal minum obat dapat menjadi tantangan yang cukup berat dan memakan waktu.

Akhirnya, PillPack, startup kesehatan yang diakuisisi oleh Amazon, berencana untuk membuat pengalaman tersebut menjadi lebih mudah. Mereka menciptakan sistem pengiriman resep ke rumah yang bisa mengatur obat-obatan ke dalam paket yang telah disortir dan mudah dibuka. Paket tersebut juga sudah diberi label berdasarkan tanggal dan waktu penggunaannya. Mereka pun mengirimkan paket obat langsung ke rumah pengguna aplikasi.

3.      IBM

Contoh perusahaan terakhir yang menerapkan design thinking dalam produknya adalah IBM. Menurut laman Voltage Control, IBM memiliki sejumlah produk yang sifatnya open source. Dalam arti, sumbernya dapat diakses dan dimodifikasi oleh publik.

Hal ini merupakan jawaban mereka atas kebutuhan banyak pengguna teknologi di era modern, di mana pelanggan ingin menggunakan sistem yang sifatnya lebih personal. Dengan meluncurkan produk-produk open source ini, IBM merasakan kenaikan sejumlah 30% pada ROI mereka di tahun 2019 silam.

III.        Kesimpulan

Jadi Design Thinking adalah serangkaian proses kognitif, strategis, dan praktis yang berulang. Design thinking menyediakan pendekatan berbasis solusi untuk pemecahan masalah. Sehingga, Anda bisa mendapatkan masa depan yang cemerlang.

IV.         Referensi

https://usahasosial.com/id/learn/mengembangkan-ide-usaha-sosial-dengan-design-thinking/#:~:text=Design%20Thinking%20adalah%20metode%20yang,dan%20persyaratan%20untuk%20keberhasilan%20bisnis.

https://accurate.id/lifestyle/design-thinking-adalah/

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.