Maret 14, 2022

PENGARUH PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Oleh: Rizky Dimas Dhayana (@T24-Dimas) 

Sumber daya manusia menjadi salah satu hal yang terpenting dalam ruang lingkup organisasi atau pada sebuah perusahaan. Apabila sumber daya manusia dalam suatu perusahaan tidak memadai, Jalannya perusahaan tidak akan terselenggara dengan baik. Sumber daya manusia adalah segala hal yang dapat mengatur hubungan serta peranan tenaga kerja agar mampu mewujudkan apa yang dicita – citakan oleh perusahaan ataupun karyawan. Sumber daya manusia (SDM) haru dikelola dengan baik demi kelancaran sebuah organisasi maupun perusahaan. Setiap organisasi ataupun perusahaan tentunya memiliki sebuah visi dan misi dalam mencapai target dan tujuan yang diinginkan. Mengelola sumber daya manusia sangatlah penting untuk terus dikembangkan.

Mengelola sumber daya manusia harus dilakukan sesuai perencanaan yang dibuat diawal, pengorganisasian, pengarahan serta pengendalian. Dalam suatu perusahan maupun organisasi pengelolaan sumber daya manusia meliputi semua aspek dan tujuan yang telah ditetapkan sejak awal. Maka dari itu seluruh komponen dalam organisasi tersebut harus fokus pada tujuan utama yang menyangkut perencanaan yang meliputi penyusunan staff, serta menetapkan program latihan jabatan dan kegiatan lainnya. Pengelolaan dalam suatu perusahaan adalah satu hal yang sangat penting dan harus dilakukan dengan pengelolaan yang baik. Didalam perusahaan pengelolaan sumber daya manusia biasa dilakukan oleh pimpinan perusahaan. Karena pimpinan dalam suatu perusahan memiliki peranan yang penting dalam sebuah perusahaan untuk menentukan langkah – langkah dalam pengelolaan sumber daya manusia. Semua kegiatan yang berhubungan dengan Sumber daya manusia harus benar benar dilakukan secara selektif, misal dengan melakukan rekruitmen atau seleksi sumber daya manusia secara terpilih.  Seleksi atau rekruitmen meruapakan serangkaian kegiatan yang digunakan oleh sebuah perusahaan maupun organisasi untuk mencari pelamar kerja yang mempunyai kemampuan dan memenuhi kriteria sesuai yang dibutuhkan perusahaan atau organiasi tersebut.

Gambar 1: Sumber Daya Manusia dan pengaruhnya

Rekruitmen atau seleksi pegawai dilaksanakan untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten untuk mengisi jabatan – jabatan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Rekruitmen menjadi aspek penting dalam proses manajemen sumber daya manusia. Alasannya adalah jika suatu perusahaan atau organisasi akan mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas jika proses seleksi tenaga kerja baru dilakukan dengan benar dan cermat. Dalam melakukan rekruitmen karyawan ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Faktor pertama yang harus dipertimbangkan adalah sumber internal, misalanya dengan melihat karyawan yang saat ini sudah bekerja pada perusahaan. Karyawan yang sudah ada bisa saja di calonkan untuk menduduki posisi jabatan yang lebih tinggi, atau dengan melakukan rotasi jabatan. Faktor yang kedua yang perlu dipertimbangkan adalah sumber eksternal. Hal ini dapat dilakukan dengan mencari kandidat karyawan baru diluar perusahaan yang dianggap memiliki kemampuan dan kriteria sesuai kebutuhan perusahaan. Untuk proses rekruitmen berjalan sesuai harapan maka diperlukan legalisasi hukum dengan tujuan adanya jaminan perlindungan untuk perusahaan dalam melakukan proses rekruitmen.

Pada proses perekrutan karyawan diperlukan sebuah orientasi dengan tujuan untuk menyesuaikan diri dalam lingkungan pekerjaan barunya. Orientasi merupakan proses untuk mengenal lingkungan sekitarnya. Tujuan dari orientasi agar karyawan baru dapat mengenal satu sama lain dan membangun hubungan kerja yang baik dengan sesama rekan kerja. Seorang karyawan baru harus mampu mengenal dan memahami lingkungannya dengan baik agar terciptanya lingkungan kerja yang baik dan nyaman. Apabila seorang karyawan baru mampu beradaptasi dengan baik terhadap lingkungan kerja barunya, maka akan berpengaruh pula terhadap kinerja karyawan yang berkualitas. 

Jika sumber daya manusia dalam perusahaan berkualitas tentunya kinerja yang yang dimiliki berkualitas juga. Sumber daya yang berkompeten tentunya akan memiliki kinerja yang lebih baik, sehingga hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan perusahan maupun organisasi. Bisa disimpulkan bahwa keberhasilan suatu perusahaan itu tergantung pada kualitas sumber daya manusia yang dapat mengatur dan mengelola perusahaan secara maksimal. Kinerja dapat diartikan sebagai sebuah prestasi yang didapatkan seseorang dalam melaksanakan tugas tertentu. Kinerja setiap sumber daya manusia merupakan sebuah prestasi dari hasil kerja yang sudah dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Kinerja karyawan memiliki peranan yang sangat besar terhadap kemajuan maupun kemunduran sebuah perusahaan. Kinerja karyawan tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung yang meliputi:

1. Kemampuan para karyawan, hal ini menjadi aspek yang paling penting dalam mewujudkan kinerja karyawan agar lebih maksimal. Jika sumber daya manusianya memiliki kemampuan serta keahlian yang sangat baik, maka bisa dipastikan kinerja sumber daya manusia tersbut akan lebih baik dan maksimal.

2. Karakter sumber daya manusia, dengan bekal kepribadian yang baik, jujur dan bertanggung jawab maka kinerja seseorang juga akan lebih baik dibandingan dengan sesorang yang tidak bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.

3. Motivasi kerja, motivasi adalah bentuk dorongan yang bersumber daro diri sesorang dalam melakukan suatu tindakan. Dengan motivasi yang tinggi maka kinerja sesorang juga lebih maksimal dibandingan dengan sesorang yang tidak memiliki motivasi kerja.


Gambar 2: Sumber Daya Manusia dan pengaruhnya

Jadi pada dasarnya pengelolaan sumber daya manusia dianggap mampu meningkatkan kinerja karyawan. Pengelolaan sumber daya manusia juga berperan penting dalam proses terwujudnya suatu tujuan perusahaan. Fungsi lain pengelolaan sumber daya manusia adalah untuk melakukan peyusunan strategi untuk peningkatan aspek – aspek perusahaan. Mengelola sumber daya manusia harus dilakukan dengan tepat dan optimal guna memperoleh hasil yang sangat memuaskan sesuai dengan tujuan perusahaan. Yang dimana dalam proses pengelolahan sumber daya manusia juga sangat di perlukanya orientasi dalam prekrutan karyawan baru yang dimana akan mempercepat proses interaksi satu sama lain dan dapat dengan cepat membentuk kepercayaan diri, sehingga melakukan pekerjaan jadi lebih mneyenangkan dan kompeten dalam melakukan pekerjaan kedepannya. Jika sumber daya manusia dalam perusahaan berkualitas tentunya kinerja yang yang dimiliki berkualitas juga. Sumber daya yang berkompeten tentunya akan memiliki kinerja yang lebih baik, sehingga hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan perusahan maupun organisasi.

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Hakim, Abdul. (2014). Dinamika Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Semarang: EF Press Digimedia.

Hasibuan, Malayu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Mangkunegara, (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Rahmi, Fionalita. 2022. Orientasi Dalam Perekrutan Karyawan Baru. http://www.teknokreatipreneur.com/search/label/%40T12-Fionalita

Rivai, Veithzal. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari teori ke praktik. Jakarta: Penerbit PT. Raja Gafindo Persada.

Rosento. 2018. Efektivitas Rekrutmen Dalam Kinerja Karyawan Pada Bagian Pemasaran Di CV Ikra Cendana Lintang Jakarta. Penerbit Cakrawala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.