Maret 14, 2022

Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Perusahaan

 Oleh : Fionalita Rahmi (41620110042)

(@T12-Fionalita)


 

Setiap perusahaan tentu menginginkan tenaga kerja berkualitas, produktif, berkinerja tinggi dan konsisten, loyal, serta memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bisnis organisasi. Guna mendapatkan karyawan ideal semacam itu, HRD bekerja untuk mengoptimalkan manajemen sumber daya manusia sesuai rencana yang ditetapkan oleh manajemen perusahaan. 


Pendahuluan

Pengelolaan sumber daya manusia merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dari pengadaan tenaga kerja,pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan dan pemutusan hubungan kerja dengan maksud untuk mencapai tujuan atau sasaran perorangan, organisasi, dan masyarakat. Pengelolaan sumber daya manusia dalam istilah lain sering disebut: Personal management; Personal administration; Humna resources administration”.


Rumusan Masalah

1.      Apa itu SDM?

2.      Apa saja fungsi dari Pengelolaan SDM?

3.      Apa saja manfaat Pengelolaan SDM bagi Perusahaan?

 

Pembahasan

1.      Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia Adalah yang mana manusia merupakan aspek yang sangat penting dalam sebuah perusahaan maupun organisasi. Sumber daya manusia adalah sumber paling penting dalam menentukan berkembangnya sebuah perusahaan atau organisasi. Jika dalam sebuah perusahaan sumber daya manusianya kurang maka pekerjaan yang ada di perusahaan tersebut akan terhambat. Namun jika sumber daya manusia nya terpenuhi maka pekerjaan akan berjalan lancar. Tapi sumber daya manusia yang dibutuhkan bukanlah sumber manusia yang tidak memiliki kemampuan lebih.

SDM yang dipekerjakan pada sebuah perusahaan haruslah yang memiliki kemampuan dan keahlian dibidangnya. Agar tujuan dari perusahaan tersebut tercapai.  Jadi sumber daya manusia sangatlah berpengaruh dalam sebuah perusahaan, sebab manusia adalah kunci dari perkembangan dan kemajuan sebuah perusahaan.

 

2.      Fungsi Dari Pengelolaan SDM

Bagi suatu organisasi, pengelolaan sumber daya manusia menyangkut keseluruhan urusan organisasi dan tujuan yang telah ditetapkan. Untuk itu seluruh komponen atau unsur yang ada di dalamnya, yaitu para pengelola dengan berbagai aktifitasnya harus memfokuskan pada perencanaan yang menyangkut penyusunan staff, penetapan program latihan jabatan dan lain sebagainya.  Hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi perkembangan jangka pendek dan jangka panjang dari suatu organisasi tersebut, khususnya yang menyangkut kesiapan sumber daya manusianya. Alasan lainnya adalah bahwa suatu pengelolaan sumber daya manusia dalam suatu organisasi tidak dapat terlepas dari lingkungan internal maupun eksternal, yang pada suatu saat akan dapat mempengaruhi keberadaan organisasi tersebut.

Fungsi Lainnya yaitu untuk :

·         Peningkatan efisiensi

·         Peningkatan efektivitas

·         Peningkatan Produktivitas

·         Rendahnya atau kurangnya tingkat perpindahan pegawai

·         Tingginya kepuasan kerja karyawan

·         Tingginya kualitas pelayanan

·         Rendahnya complain dari pelanggan

 

3.      Manfaat Pengelolaan SDM bagi Perusahaan

1.      Perekrutan dan Pelatihan

Salah satu manfaat utama Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) adalah bahwa ia merekrut dan membawa orang-orang yang tepat di perusahaan atau organisasi mereka dan melatih mereka untuk melakukan tugasnya dengan lebih baik. Mereka menyusun deskripsi pekerjaan yang lebih sesuai dengan peran pekerjaan mereka.

2.      Sistem Manajemen Kinerja

Manajemen Pengelolaan sumber daya manusia bertanggung jawab untuk mengembangkan sistem manajemen kinerja karyawan agar mereka merasa termotivasi dan dihargai atas pencapaiannya. Ini tidak hanya akan membantu mereka meningkatkan keterampilan mereka tetapi juga akan memaksa mereka untuk tampil luar biasa dari sebelumnya. Cobalah selalu bersikap terbuka tentang pencapaian mereka. PMS yang efektif membantu dalam mengenali dan menghargai kinerja orang.

3.      Membangun Budaya dan Nilai

Salah satu manfaat terpenting dari Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) adalah menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman yang akan membantu membawa yang terbaik dari seorang karyawan. Menciptakan lingkungan kerja yang baik adalah tanggung jawab utama departemen sumber daya manusia (SDM) untuk memastikan produktivitas maksimum. 

Kesimpulan

Sumber Daya Manusia  merupakan aspek yang sangat penting dalam sebuah perusahaan maupun organisasi. Sumber daya manusia adalah sumber paling penting dalam menentukan berkembangnya sebuah perusahaan atau organisasi. Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) memainkan peran penting dalam pengembangan organisasi atau bisnis dan merupakan tulang punggung setiap organisasi atau bisnis baik kecil maupun besar. Tujuannya adalah untuk mengembangkan perusahaan melalui penerapan seluruh nilai dan budaya perusahaan. Karena berhubungan dengan nilai dan budaya perusahaan, sumber daya manusia harus diseleksi dengan baik sebelum dinyatakan diterima untuk bergabung dengan perusahaan.

Daftar Pustaka

Atep Afia Hidayat, Kewirausahaan 2. Universitas Mercu Buana

http://lingkarlsm.com/apa-tujuan-pengelolaan-sumber-daya-manusia/

https://employers.glints.id/resources/6-model-manajemen-sumber-daya-manusia-sdm/#:~:text=Manajemen%20sumber%20daya%20manusia%20(MSDM,menangani%20manusia%20di%20dalam%20organisasi.

https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-manajemen-sumber-daya-manusia-dalam-perusahaan/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.