Maret 24, 2022

Pengembangan Produk/jasa Untuk Memenuhi Permintaan Pasar

 Pengembangan Produk/jasa Untuk Memenuhi Permintaan Pasar

Oleh : Jess Gian Aristo (@U10-GIAN)


ABSTRAK
Proses pengembangan produk/jasa baru adalah suatu aktivitas yang sangat penting dalam setiap perusahaan, tidak hanya pada perusahaan pabrikasi tetapi juga pada perusahaan jasa. Setiap perusahaan yang sukses dalam kegiatan pengembangan produk baru biasanya melakukan proses secara bertahap dan berkelanjutan serta didukung oleh pengembangan organisasi yang efektif dalam mengelola produk baru tersebut. Pengalaman dan pembelajaran membantu setiap perusahaan dalam proses pengembangan produk baru secara berkelanjutan. Studi ekstensif terhadap para pelanggan dan calon pelanggan serta persaingan sangat vital dalam mengelola pengembangan produk/jasa baru yang efektif. Perusahaan jasa logistik di Indonesia juga tentu memerlukan proses pengembangan produk/jasa baru agar tetap bisa bertahan, bahkan terus berkembang di tengah persaingan yang semakin ketat dari perusahaan lokal dan multinasional. Untuk dapat melakukan proses tersebut secara efektif dan efisien, diperlukan suatu model yang sesuai dengan karakteristik bisnis dan industrinya. Karena konsep yang ada dalam pengembangan produk/jasa baru berbeda- beda, timbul permasalahan konsep yang sesuai dengan industri tersebut.

PEMBAHASAN
Sebuah perusahaan harus mampu mengembangkan produk atau jasa baru. Selain itu, perusahaan tersebut juga harus mengelolanya dalam menghadapi selera, teknologi, dan persaingan yang terus berubah. Setiap produk tentunya akan melewati suatu daur hidup: dilahirkan, tumbuh, dewasa, dan akhirnya mati ketika produk yang lebih baru muncul dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen lebih baik. Daur hidup produk tersebut menghadirkan dua tantangan utama bagi perusahaan, pertama yaitu karena semua produk akhirnya akan mengalami penurunan maka perusahaan harus menemukan produk baru untuk menggantikan yang sudah mulai berumur (masalah pengembangan produk baru). Kemudian yang kedua yaitu perusahaan harus memahami produknya menjadi semakin berumur dan mengadaptasi strategi pemasarannya yang sesuai dengan tahap daur hidup produk tersebut (masalah strategi daur hidup produk)
METODE PENELITIAN
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui in-depth interview. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh dari interview sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi literatur dan internet.
Adapun objek penelitian adalah tiga perusahaan yang bergerak di bidang jasa logistik (Logistics Service Provider) atau dikenal juga sebagai Third-Party Logistics Services (3PLs) dan merupkan tiga besar perusahaan jasa logistik lokal, yang kantor pusatnya berlokasi di Jakarta dan mempunyai banyak kantor cabang di berbagai daerah.
SIMPULAN
Secara konseptual, dari beberapa model proses pengembangan produk atau jasa, yaitu menurut Tzokas, Ulrich, Crawford, Lovelock, dan Kotler, masing-masing mempunyai tahapan-tahapan yang berbeda secara detail walaupun secara garis besar ada yang memiliki kesamaan. Perbedaan tersebut ada yang hanya berupa istilah saja, tetapi cakupan kegiatan detailnya sama atau memang ada sedikit perbedaan juga dalam cakupan kegiatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.