Maret 24, 2022

PENTINGNYA IMAJINASI DAN INTUISI DALAM KEWIRAUSAHAAN

 

PENTINGNYA IMAJINASI DAN INTUISI DALAM KEWIRAUSAHAAN

 

Oleh : BayuSeptiawan(@U44-BAYU)

A.    Pendahuluan

Rasa bawah sadar atau yang sering kita sebut sebagai alam bawah sadar adalah bagian dari pikiran kita yang memproses intuisi (pengetahuan tanpa belajar), gudang kreativitas, serta mengetahui penyebab dan solusi bagi masalah pribadi kita.

Proses mental bawah sadar sangat besar artinya dalam membangu melaksanakan tugas sehari-hari. Banyak ide berasal dari mental bawah sadar, namun tidak semua orang bisa memanfaatkannya.

Dalam sebuah karya berjudul Artistik Research Tools for Scientific Minds yang ditulis oleh Prof. George W. Landd, mengemukakan suatu uraian dan pemikiran menarik melalui proses mental bawah sadar berupa imajinasi dan intuisi akan sangat membantu kemajuan usahanya.

 



Pengertian Imajinasi

 

Imajinasi adalah gambar angan, daya membayangkan atau khayalan. Imajinasi secara umum, adalah kekuatan atau proses menghasilkan citra mental dan ide. Para ahli ilmu jiwa mengemukakan banyak macam imajinasi. Lamunan dan impian adalah salah satu bentuk imajinasi yang pasif. Imajinasi reproduksi ialah berupa kemampuan membentuk kembali pengalaman masa lalu. Bentuk imajinasi dalam bidang sains dikatakan sebagai produktif atau imajinasi yang kreatif. Hasil dari imajinasi kreatif adalah penemuan baru. Penemuan baru ini bisa berbentuk benda, konsep, idea atau model.

Imajinasi seseorang adalah batasan dunianya nyata orang tersebut. Imajinasi tidak mengenal batas, dan apapun yang ditangkap oleh pikiran dan diyakini, akan dapat terwujud menjadi realitas. Imajinasi kreatif membantu seseorang untuk mengeksplorasi piliha-pilihan atau opsi yang berbeda dan melihat banyak sekali scenario dan peluang hasilnya.

Imajinasi yang kita kembangkan merupakan pemicu yang mendorong untuk bergerak melakukan sesuatu. Kita akan punya kekuatan untuk mencapai imajinasi. Walau tidak langsung dapat meraihnya, tetapi melalui usaha yang bertahap suatu saat imajinasi, mimpi, dan fantasi akan menjadi kenyataan. Imajinasi itu adalah pikiran, yang melahirkan energi, yang menggerakkan tangan, jari, kaki, mata, dan anggota tubuh lainnya. Tandanya energi itu mulai bekerja ialah ketika kita akan menyusun langkah dan rencana untuk mencapai fantasi. Kemudian bergeraklah seluruh tubuh ini mengerjakan rencana-rencana itu. Jika kita bisa menggabungkan imajinasi, harapan, rencana, peluang, dan kerja keras, imajinasi akan berubah menjadi sukses yang paling indah dalam hidup. Dalam literature manajemen imajinasi disebut sebagai visi.

Para ahli ilmu jiwa mengemukakan banyak macam imajinasi. Lamunan dan mimpi adalah salah satu bentuk imajinasi yang pasif. Imajinasi repoduksi ialah berupa kemampuan membentuk kembali pengalaman masa lalu. Bentuk imajinasi dalam bidang sains dikatakan sebagai produktif atau imajinasi yang kreatif. Hasil imajinasi yang kreatif ini adalah suatu penemuan baru, dan bias berbentuk benda, konsep, idea tau model .


Pengertian Intuisi

Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Intuisi juga merupakan bentuk perkiraan yang samar-samar, sering setengah disadari, tanpa diiringi proses berpikir yang cermat sebelumnya, namun kemudian dapat menuntun pada satu keyakinan, yaitu secara tiba-tiba dan pasti memunculkan satu keyakinan yang tepat Istilah-istilah suddenness, tidak diperhitungkan keanehan, gembira, inspirasi adalah terminology yang di pakai unutk menyatakan itu sebagai intuisi. Dalam istilah filosofi, intuisi didefinisikan sebagai berikut :

"Pengetahuan mendadak yang diperoleh tanpa sadar". Dalam ilmu pengetahuan, intuisi adalah pengertian yang diperoleh mendadak tentang kebenaran. It is"Knowing Why I Know" .

Kondisi-kondisi yang mendorong proses bawah Sadar Prof. George W.Ladd menguraikan factor-faktor atau kondisi yang mendorong bekerjanya proses bawah sadar menjadi sangat produktif. Kondisi-kondisi tersebut adalah :

 

a.      A. Doubt

Jika anda ragu tentang sesuatu pikiran, atau pemecahan masalah dengan cara konvensional, maka rasa bawah sadar anda akan membantu menciptakan ide pemecahanya .

b.     B. Venturesome Attitude (Sikap Berani)

c.     C.  Bermacam-macam pengalaman, Memories, dan Interest

Bermacam-macam pengalaman, memories, dan interest yang anda miliki akan sangat membantu memanfaatkan rasa bawah sadar anda. Dengan demikian anda akan dapat membuat jalinan hubungan benda atau masalah yang anda hadapi .

Menurut ahli jiwa bernama Raaheim menyatakan, " Jika lebih banyak pengalaman yang anda miliki, maka lebih banyak problem ingin anda hadapi, dan lebih banyak problem itu anda pecahkan .

 

d.     D. Persiapan Yang Sempurna dan Sungguh-sungguh .

Dengan adanya persiapan yang sungguh-sungguh dan merenungi masalahnya dengan jelas, maka rasa bawah sadar anda akan membantu mengeluarkan ide yang bermanfaat .

e.     E.  Menyerah Sementara

Jika kita tidak bias memecahkan suatu masalah, adakalanya kita menyerah sementara, kemudian muncul ide baru setelah mendiamkanya sejenak .

f.      F. Relaxion (Istirahat/Santai)

Proses bawah sadar seseorang ada yang aktif pada malam hari, dan orang ini akan bangun tengah malam dengan ide cemerlang, atau idenya akan muncul setelah jalan di pagi hari, ada juga orang yang senang berbaring setengah tidur untuk mendapatkan intuisi .

g.     G. Writing

J. Z Young menyatakan dalam bukunya Doubt and Certainty in Scienci, bahwa intuisinya banyak muncul apabila ia menulis. Pada waktu ia menulis, dia hanya tahu kalimat pertama saja dan samar-samar pikiranya, dan ia tidak tahu apa kalimat selanjutnya. Tapi bila ia mulai, maka intuisinya muncul terus menerus, dan selesailah pekerjaan menulisnya

h.     H. Bertukar Pikiran

Salah satu perbedaan antara writing dengan diskusi adalah menulis salah satu bentuk berdiskusi dengan diri sendiri .

i.       I. Bebas dari kebingungan /Kekacauan

Salah satu hal yang dapat mengganggu rasa bawah sadar ialah banyaknya gangguan / interupsi. Annda tidak akan mempunyai banayk rasa bawah sadar jika anda banyak di ganggu dan tugas anda banyak sekali silih berganti.

j.       J. Batas Waktu (Deadlines)

Dengan mendekatnya batas waktu maka mendorong bawah sadarnya bekerja lebih giat, batas waktu itu bias di ukur dengan hari, minggu, ataupun bulan, tergantung pada waktu keseluruhan yang di sediakan.

k.     K. Tension

Prof. Ladd menjelaskan bahwa keterlibatan kita yang sangat dalam pada satu persoalan, di tambah lagi dengan rasa ingin tahu yang sangat besar dapat mendorong bawah sadar kita .

Beberapa factor yang dapat membangkitkan tension estetik dan mampu mendorong munculnya intuisi adalah : curiosity, yang dikatakan sebagai komponen estetik, estetik tension akan diciptakan melalui pola fakta yang tidak sempurna atau tidak terstruktur. Bila kita melihat fakta yang teratur dan sempurna, maka dalam hal ini tidak ada tension .

Keinginan unutk memecahakan masalah adalah ego,  apabila kita mampu memecahkan suatu persoalan, maka kita akan memperoleh perasaan mastery pada diri kita. Keinginan untuk memecahkan persoalan bias pula timbul dari perasaanfrustasi, karena kita merasa belum dapat memberikan jawaban yang memuaskan terhadap suatu pertanyaan. Kita merasa masih gatal, karena jawaban kita itu belum lengkap. Sehingga menurut Prof. Ladd menyatakan bahwa tidak akan ada gunanya anda mempunyai banyak rasa bawah sadar, bila rasa sadar anda gagal menangkap hasil bawah sadar. Intuisi sering kali muncul pada ujung bawah sadar, dan anda harus menangkapnya sebelum ia hilang Bagi seorang wirausahawan, penggunaan imajinasi dan intuisi akan sangat membantu kemajuan usahanya, Dengan adanya pengalaman, ada data, mau berfikir, senang ada tantangan, akan memaksa seseorang meningkatkna daya intuisinya. Menurut ahli agama mengatakan kehendaktiba-tiba atau intuisi itu adalah suara hati yang merupaka hidayah dari Tuhan yang Maha Kuasa. Untuk mendorong adanya intuisi, maka seseorang sebelumnya harus ada pengalaman atau banyak membaca, diskusi, mengikuti kursus, pelatihan, seminar, dan sebagainya .


            Strategi Mengejar Imajinasi

 

Semua orang menerima anugerah yang namanya imajinasi itu pada tingkatan yang berbeda-beda. Memang, tidak semua orang mampu menggunakan imajinasi mereka untuk membuat karya seni yang luar biasa atau menciptakan penemuan ilmiah. Akan tetapi, kita semua jelas sekali mampu meningkatkan imajinasi yang kita miliki hingga pada tingkatan yang memungkinkan kita meraih sebentuk kesuksesan bagi diri kita masing-masing.

Strategi untuk mengejar konsep Hammel dan Prahalad yaitu strategi mengejar imajinasi (visi) disebutnya sebagai Strategic Intent. Penyusunan startegi ini dikembangkan secara bertahap serta konsisten. Dalam strategi mengejar imajinasi ini, masa depan bukan hanya dibayangkan, tetapi harus dibangun. Maka dibutuhkan arsitek yang menciptakan hal-hal yang belum tercipta. Gabungan antara pemimpin dan pelaksana. Dalam pelaksanaan strategi berdasarkan imajinasi ini membutuhkan Strategic Architecture yang merupakan gabungan antara pengetahuan masa depan (information architecture), perilaku, nilai, struktur (social architecture), dan financial architecture. Strategic Architecture sebagai cetak biru tingkat tinggi untuk penyebaran dari fungsionalitas baru, akui sisi dari kompetensi baru, atau migrasi dari kompetensi yang ada dan menyusun kembali perantara dengan pelanggan.


           Strategi Meningkatkan Intuisi

 

Intuisi adalah jelas, bersinar, langsung mengetahui. Rasa ini adalah independen dari mental kesadaran akan sumber pengetahuan. Kita mungkin merasa tiba-tiba ada yang mendorong untuk melakukan atau memperlambat perjalanan, tanpa sadar alasan tertentu untuk mencapai keputusan. Pengetahuan yang tiba-tiba dan hanya hadir dalam pikiran kita. Ketika seseorang ingin mengasah ketajaman intuisi, ia seharusnya telah menyimak semua pengetahuan tentang cara menjadi sukses. Pribadi yang sibuk dengan rutinitas yang sama setiap hari sulit menemukan intuisi dalam dirinya, sebab dia tidak mengenal intuisi selain bekerja mengikuti prosedur. Manusia cerdas akan melatih intuisinya untuk memahami kehidupan hari ini buat hari esok, bukan sekedar sibuk dalam rutinitas yang hanya mengikuti jalan yang sudah sering dilalui orang lain. Intuisi yang terlatih dengan sempurna akan menghasilkan gagasan – gagasan berkualitas tinggi, untuk menciptakan karya masa depan yang luar biasa.

Setiap orang memiliki pengalaman intuisi yang unik. Hal ini sangat menyentuh semua lapisan yang menjadi: rohani, emosi, mental dan fisik. Sebagian besar anak-anak dan remaja memiliki alam yang sangat tinggi dari intuisi. Setelah mereka dewasa, pikiran mereka menjadi lebih analitis. Meskipun perkembangannya berbeda satu sama lain. Setiap individu dalam seni kreatif, memilki imajinasi yang sangat mengekang, dan operasi dari intuisi sangat kuat. Intuisi dapat ditingkatkan setelah kita mengenali diri kita sendiri dan berusaha untuk memperbaiki apabila ada yang salah yang bisa menjadi penghalang dalam mencapai suatu mimpi.

            Adapun cara untuk mempertajam intuisi dalam diri kita adalah:

a.      1. Pergunakanlah empati alami kita sesering mungkin

Bayangkan diri anda berada dalam posisi orang lain. Atau dengarkanlah pengalaman-pengalaman orang lain dan rasakan bagaimana mereka merasakannya pada saat itu. Lebih baik lagi jika anda menerima keluhan-keluhan dan memberikan pertolongan dengan memberikan solusi-solusi bukan hanya memonitor dan membanding-bandingkan. Semakin dalam perasaan anda terlibat, maka semakin memperkuat intuisi anda. Dengan kata lain semua pengalaman buruk orang lain bisa memperkuat intuisi anda tanpa anda haur mengalaminya sendiri.

 

b.       2. Biarkan diri anda merasa takut dan mengalirlah melewatinya.

Ketakutan menghalangi intuisi, namun ketika dihalangi intuisi akan menjadi lebih kuat dengan mengadakan balasan. Mekanisme ini mirip dengan kekebalan tubuh kita (imun) ketika disuntikkan vaksin (virus yang dilemahkan). Oleh sebab itu, biarkan diri anda untuk merasa takut, jangan menahan bagian manapun dari rasa takut. Jangan mengubur perasaan takut itu dalam-dalam. Tapi fokuskan secara langsung bahwa kita berada diatasnya dan mengendalikan rasa takut hingga berakhir. Setelah itu anda akan menjadi lebih kuat dengan lebih banyak kejelasan. Membiarkan diri anda untuk merasakan ketakutan akan memperkuat intuisi karena hal itu berarti mengajar diri anda untuk mendengarkan suara dari lubuk hati dan menerima rasa takut apa adanya, alih-alih bertempur melawannya.

c.       3. Berhubunganlah dengan orang lain secara emosional

Ketika anda terlibat dengan orang lain, seperti bertatap muka, berbicara ditelepon, atau online, cobalah untuk membaca emosi mereka. Beri nama emosi-emosi mereka. Semakin banyak anda berhubungan dengan emosi orang lain, semakin semakin dalam pemahaman anda akan situasi-situasi sosial dan semakin baik intuisi anda akan berfungsi.

d.       4. Hentikan penilaian-penilaian pribadi (judgements)

Ketika anda menghakimi seseorang atau sesuatu termasuk diri anda sendiri itu bukan intuisi, tapi energi negatif yang menghalangi intuisi. Ketika anda mendengar suara kritik di dalam benak anda yang berkata, “dia bodoh”, “dia jahat”, dan lain sebagainya berhentilah berkata seperti itu dan berpikirlah; kenapa aku berkata seperti itu? Ketika anda mendengar hati berkata menghakimi, suruh dia diam bukan dengan membenamkannya agar tidak berfungsi, karerna dia akan mencari jalan keluar selain itu tetapi dengan memaksa suatu pertanyaan positif ke dalam kesadaran anda. Begitu anda memulai menanyakan pertanyaan positif maka pikiran alam bawah sadar anda akan mulai menanganinya dengan memberikan solusi-solusi dalam wujud intuisi.

e.        5. Temukan keheningan

Cara terbaik adalah meditasi. Jadwalkan sedikitnya 30 menit dalam sehari untuk menghabiskan waktu sendirian dengan pikiran anda – merenung dan tafakur. Ambil kesempatan untuk duduk sendirian bersama pemikiran-pemikiran anda, perasaan dan penggambaran-penggambaran. Kita sudah  menghabiskan sebagian besar hidup dengan hampir-hampir tidah mengacuhkan apa yang terjadi di dalam diri kita. Dengan mengambil waktu untuk mendengarkan dunia anda yang terdalam, anda akan menemukan betapa ajaib dan mengagumkan diri anda.

f.        6. Ajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya

Ini adalah yang disebut dengan pembangunan tubuh dari intuisi. Tanya jawab adalah cara terbaik untuk menciptakan intuisi-intuisi yang lebih kuat. Intuisi-intuisi kreatif yang paling kuat akan datang kepada anda setelah sesi-sesi tanya-jawab yang lama. Kebanyakan kekuatan bukan datang dari jawaban-jawaban tapi dari pertanyaan-pertanyaannya membawa anda kepada alur-alur yang belum dipertimbangkan, mendatangkan pertanyaan-pertanyaan baru dan akan mendadatangkan lebih banyak lagi jawaban.

 

  

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Harisman H., Kundang. 2010. Kewirausahaan Pertanian. Bandung: UIN SGD Bandung.

http://yofisblog.blogspot.com/2010/11/bisnis-dan-kewirausahaan.html

http://nugrahacisel47.blogspot.com/2012/09/intuisi-dan-imajinasi.html






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.