Maret 31, 2022

PENTINGNYA KREATIF DAN INOVATIF DALAM BERWIRAUSAHA

 A. Pendahuluan

           

            Orang yang berfikirnya secara kreatif dan inovatif  tidak akan takut kepada semakin sempitnya lapangan kerja, karena orang yang kreatif dan inovatif itu dapat menciptakan suatu lapangan pekerja untuk dirinya sendiri serta orang lain, mungkin itu adalah gagasan utama dalam diri kita untuk menerapkan cara berfikir kreatif dan juga secara inovatif,.

Dalam berwirausaha cara berfikr kreatif dan inovatif ini sangatlah penting karena dalam hal ini bisa menghasilkan ide-ide yang mungkin akan sangat menguntungkan,karena bisa memunculkan sesuatu hal yang baru,unik,dan menarik untuk di aplikasikan dalam entuk wirausaha.

 

B. Kreatif

           

            Pengertian kreatif  itu sendiri adalah cara berfikir yang menghasilkan metode baru,konsep baru,pengertian serta seni,yang menyebabkan banyaknya keluar ide atau hal-hal yang sebelumya tidak berhubungan menjadi saling terhubung karena berfikir secara kreatif.

Seseorang yang kemampuan kreatifnya sudah diasah dengan baik, ketika ada masalah pasti akan cepat menemukan solusi dari permasalahan tersebut, sehingga masalah bisa diselesaikan dengan baik dan cepat.

Sedangkan, kemampuan kreatif yang berkaitan dengan inovasi bisa dilihat pada seseorang atau kelompok yang selalu menemukan hal-hal baru yang lebih fresh dan disenangi oleh banyak orang. Oleh karenanya, kemampuan kreatif sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis untuk menciptakan produk-produk baru serta dibutuhkan juga dalam dunia kreatif, baik itu di media televisi atau di media sosial.

Kata “kreatif” sebenarnya berasal dari bahasa Inggris, yaitu To Create. To Create merupakan singkatan dari kata combine, reverse, eliminate, alternative, twist, elaborate. Combine adalah menggabungkan atau penggabungan dari sesuatu hal dengan hal-hal lainnya. Reverse berarti membalik, yang dimaksud dengan membalik adalah membalik beberapa bagian.

            Eliminate yang berarti menghilangkan yang dimaksud menghilangkan adalah menghilangkan beberapa bagian. Alternative yang berarti kemungkinan, yang dimaksud kemungkinan adalah mencari cara lain agar berhasil mencapai tujuan. Twist yang berarti memutar atau bisa dibilang sebagai memutarkan suatu hal dengan ikatan. Elaborate yang berarti memerinci atau menambah suatu hal.

 

C. Inovatif

           

            Pengertian inovatif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah mengenalkan sesuatu yang bersifat baru. Lalu, apa yang dimaksud dengan inovasi? Menurut KBBI, inovasi adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru, atau pembaharuan. Pengertian dari inovasi lainnya adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang dengan mendayagunakan pemikiran, kemampuan imajinasi, berbagai stimulan, dan individu yang mengelilinginya.

Tujuannya adalah menghasilkan produk baru, baik bagi dirinya sendiri maupun lingkungannya. Seseorang yang berhasil melakukan sebuah inovasi adalah seseorang yang inovatif. Secara tidak langsung, manfaat inovatif adalah membawa sesuatu hal yang baru yang dapat memudahkan kehidupan manusia dan membawa manusia ke dalam kondisi kehidupan yang lebih baik. 

 

D. Cara Meningkatkan Kreatifitas dan Inovatif dalam Wirausaha

 

            Persaingan di dunia bisnis memang sangat extream, apalagi di era millenials dan perkembangan digital yang menuntut kita para kaum pemula berbisnis atau berwirausaha untuk terus kreatif dan inovatif, apalagi mempertahankan usaha yang sudah kita bangun butuh cara-cara yang unik dan jeli agar usaha kita tetap berdiri disamping pesaing-pesaing yang baru mendirikan usahanya.

 

1. Motivasi tinggi, Bekerja Cerdas, kreatif dan inovatif

Umumnya seorang pembisnis atau pengusaha mencari sesuatu yang lagi “trend” untuk menaikkan omset atau mudah mencari pelanggan agar barang dan jasa yang dilakoni saat ini banyak diminati pasar. Misal bisnis yang saya temukan disekitar lingkungan saya yaitu : party planner, jastip (jasa titip barang-barang branded ataupun barang-barang luar negeri), kado wisuda, makanan dan minuman kekinian, video&photographer pun banyak digeluti bagi kita yang lahir di era millenials. Bersaing dan terus diminati adalah cara pembisnis untuk membuat jasa atau batang yang dijual berbeda dan memiliki ciri khas tertentu agar customer selalu menyukai dengan ide-ide baru yang diterapkan sehingga usaha kita dapat terus berjalan, bahkan memiliki pelanggan yang makin hari makin bertambah.

 

2. Tidak takut mencoba hal yang baru

            Ketika kita punya konsep dalam pikiran kita tentang usaha atau bisnis yang kita geluti, coba terlebih dahulu, lakukan dengan kehendak hati dan yakin bahwa hal tersebut akan berbuah baik untuk kelangsungan usaha kita. Contohnya seperti teman saya yang berada di Universitas yang berada di wilayah Madura dia mengubah dan melakukan dobrakan baru pada jasa foto studio dengan konsep rustic yang diterapkan di wilayah-wilayah metropolitan seperti Jakarta,Surabaya, Bandung dan kota lainnya. Menggunakan latar belakang alam dan backdrop settingan alam membuat wisuda tampak berbeda dan kekinian. Hasilnyapun, walaupun kebanyakan mahasiswa dan orang-orang madura awam bisa tertarik dan melihat keunikan yang ada pada studionya.

 

3. Belajar dari pengalaman keberhasilan dan kegagalan orang lain

             Berkaca kepada orang-orang sukses dengan segudang kegagalan yang telah mereka lalui memang tidak cukup mudah untuk kita yakin dengan usaha yang kita mulai seperti mereka-mereka yang telah sukses diluar sana. Misalnya teman saya yang kini sudah membuka praktik membatik dan kelas batik yang dimulai dari tidak tahu membatik dan coba-coba kini sudah mulai fasih dan membuka kelas belajar membatik, walaupun hanya sedikit minatnya dikarenakan tempat di Sumenep Madura yang dominan penduduk sudah mengetahui tentang membatik kini menjadi ladang usahanya. Media sosial dan mulut ke mulut datang dari warga luar kota Sumenep yang ingin belajar membatik, dengan demikianpun banyak wisatawan yang ingin belajar membatik dan mencontoh kain-kain batik yang menarik untuk dibawa pulang ke kota asal.


4. Berada dilingkungan orang-orang baik yang memberikan motivasi positif

             Kerap kali kita sering diremehkan dengan khalayan-khalayan besar yang kita lontarkan kepada teman, saudara, kancah ngopi dan berbagai pihak yang menjadi teman diskusi atas usaha-usaha yang mulai kita geluti.

 “Gamungkin lakulah disini”

” Gamenarik buat kita-kita nih”

“Udahlah kuliah aja yang bener, biar bisa ketrima kerja cepet”

Dan banyak lagi hambatan perkataan netijen-netijen budiman yang membuat kita ragu, namun tetap yakinlah pada satu prinsip dan beli omongan-omongan remeh mereka dengan kesungguhan kita. Berkawanlah dengan teman-teman yang menerapi dan mencintai dunia usaha, mencari pengalaman dan hal-hal baru dalam membangun wirausaha kita itu akan membangkitkan semangat kita ketika berada di lingkaran orang-orang positif dan membuka pikiran.


5. Menjual hobi dan keahlian yang kita miliki

            Apapun yang dilakukan karena cinta dan kesungguhan pasti akan berbuah kebaikan. Tekuni dan mulailah melakukan hal-hal yang membuatmu terasa nyaman dan enjoy walaupun lelah terasa tapi hati tetap happy dan tak akan pernah bosan. Banyak diantara teman-teman saya yang melakukan usaha karena hobinya, seperti heena (jasa menghias jari tangan, kaki dalam pernikahan atau sebagai hiasan bagi orang-orang yang berminat), gambar ilustrasi wajah ataupun tubuh dengan kertas yang dihias sekreatif mungkin untuk kado ataupun anniversary, juga teman-teman yang suka berkreasi dengan membuat desain-desain baju dan membuat motif lucu dan menarik sebagai usahanya.

 

6. Cekatan untuk memulai dan menjalani sebuah peluang usaha

            Apabila ada peluang dan kesempatan yang ada segera manfaatkan dengan baik. Misalnya saat musim hari raya lebaran bisa membuat kue lebaran, acara 17 Agustusan membuat karya seni dengan hiasan menarik ketika perayaan karnaval, menjual buket bunga wisuda dengan hiasan jajan, jilbab, bahkan hiasan lainnya dengan kreasi dan unik. Ini saya dapatkan ketika teman-teman saya mulai melapak mendekati hari-hari tersebut, keuntungannya lumayan loh!

 7. Konsisten Ulet dan Tekun

Apapun usahanya asal “konsisten, ulet dan tekun” adalah kuncinya. Olshop memang sangat menjamur di media sosial bahkan bisnis ini beranekaragam dengan berbagai macam barang dan tipe yang dijual. Namun untuk memulainyapun butuh proses, apalasi sosial media sangat memberikan pilihan akun-akun instagram dengan kualitas yang berbeda dan tipe barang yang sama. Namun percayalah bahwa “rejeki tidak akan pernah tertukar” selagi usaha doa dan istiqomahnya dijalankan dengan baik. Seperti teman saya yang sudah mendirikan olshop dan tetap bertahan hingga saat ini.

 

Kesimpulan

Dari artikel tersebut penulis dapat menyimpulkan bahwa kita harus menciptakan kreatif dan inovatif dalam berwirausaha. Pentingnya  itu sebagai pandangan saat kita membuka usaha nantinya, karena kreatif dan inovatif menimbulkan seorang wirausahawan banyak pengalaman yang di pelajarinya, untuk membuka lapangan pekerjaan yang akan berjalan dengan baik dan berguna untuk semua orang. Di dunia bisnis itu sangat berat untuk kita yang lemah dalam memiliki sikap kreatif dan inovatif kita bisa manjadi kalah dalam persaingan dibisnis tersebut. Jadi tingkatlah sikap kreatif dan inovatif itu karena sanget bermanfaat untuk menjadi wirausahawan.

 

 

Referensi

https://www.kompasiana.com/www.dhanasaputra.com/552887946ea8346d018b457c/berfikir-kreatif-dan-inovatif

https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-kreatif/

https://www.studilmu.com/blogs/details/pengertian-inovasi-dan-8-hal-penting-menjadi-inovatif

https://www.vivilutviana.com/10-cara-yang-mampu-meningkatkan-kreatifitas-dalam-berwirausaha/

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.