Maret 24, 2022

PENTINGNYA PENGEMBANGAN POTENSI DIRI DALAM MENINGKATKAN SIKAP WIRAUSAHA SERTA IMPLEMENTASI

 

PENTINGNYA PENGEMBANGAN POTENSI DIRI DALAM MENINGKATKAN SIKAP WIRAUSAHA SERTA IMPLEMENTASI

Oleh : Widya Maharani (U43-WIDYA)


Abstrak

Mengenal potensi diri dalam rangka mengembangkan diri sebagai seorang wirausahawan yang potensial, kita perlu mengenali siapa diri kita sebenarnya dan bagaimana orang lain menilai diri kita. Pengembangan Potensi diri menjadi penting dalam meningkatkan sikap wirausaha. Tujuan dari penelitian ini adlaah untuk menganalisis bagaimana pentingnya serta implementasi pengembangan potensi diri dalam meningkatkan sikap wirausaha. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Hasil menunjukan bahwa pengembangan potensi diri memang penting untuk meningkatkan sikap wirausaha. Cara yang bisa dilakukan diantaranya membangun self-discipline, willingness to learn, dan support network.

Kata Kunci : Potensi Diri, Wirausaha, Pengembangan, Sikap.

Abstract

Knowing our potential in order to develop ourselves as a potential entrepreneur, we need to recognize who we really are and how other people judge us. Self-potential development is important in improving entrepreneurial attitudes. The purpose of this research is to analyze the importance and implementation of self-potential development in improving entrepreneurial attitudes. This research method is qualitative. The results show that the development of self-potential is indeed important to improve entrepreneurial attitudes. Ways that can be done include building self-discipline, willingness to learn, and a support network.

Keywords : Self Potential, Entrepreneurship, Development, Attitude.

Pendahuluan

Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa tingkat pengangguran terbuka di Indonesia pada tahun 2014 mencapai 6,25% atau 7,9 juta dan jumlah lulusan perguruan tinggi sebanyak 688.660 orang. Setiap tahun pengangguran ini tetap menjadi permasalahan yang harus dicarikan penyelesaiannya (Suweno, 2015).

Mengenal potensi diri dalam rangka mengembangkan diri sebagai seorang wirausahawan yang potensial, kita perlu mengenali siapa diri kita sebenarnya dan bagaimana orang lain menilai diri kita (Suryana, 2011). Untuk menilai diri sendiri, proses awal adalah kita harus mengetahui kelemahan yang ada dalam diri kita dan memperbaikinya, yang kedua adalah mengenali potensi apa yang terdapat dalam diri kita yang selanjutnya kita ubah menjadi sebuah kompetensi yang dibungkus dengan atitude yang baik, kemudian kita bisa meraih apa yang kita inginkan (kesuksesan).

II. Metode Penelitian

Artikel ilmiah ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif (Firmansyah & Masrun, 2021). Sedangkan, bahan-bahan untuk dianalisis dalam artikel ilmiah ini menggunakan data sekunder. Data sekunder di dapat dari beberapa jurnal dan buku yang di dapatkan dari www.google-scholar.com.

III. Pembahasan

            3.1 Potensi Diri dalam Wirausaha

Potensi diri merupakan kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal. Jadi kalu dihubungkan dengan kewirausahaan berarti kemampuan, kekuatan yang dimiliki seseorang dalam berusaha atau melakukan suatu usaha (Kadiyono, 2014).

Potensi diri dalam kewirausahaan adalah kemampuan, kekuatan diri baik yang telah terwujud maupun belum yang dimiliki setiap pribadi dalam hal melakukan suatu usaha. Sehingga, memang penting pengembangan potensi diri ini dalam berwirausaha.

            3.3 Mengembangkan Potensi Diri dalam Berwirausaha

Cara mengembangkan potensi diri dalam meningkatkan sikap wirausaha adalah sebagai berikut (Hasibuan, et al., 2021):

1.     Membangun Self-discipline

Rutinitas sehari-hari yang bagus seperti bangun pagi, berolahraga, sarapan, membaca berita, meeting, dan aktivitas lain yang kamu susun hingga kembali tidur, akan membantu kamu untuk tidak terjebak dalam kegiatan yang sia-sia. Kamu bisa lebih fokus selama waktu yang kamu tentukan dan menanti-nanti saat beristirahat.

Kalau kita memiliki self-discipline bagus akan berpengaruh terhadap bisnismu. Misalnya kamu rutin olahraga akan meningkatkan hormon endorfin yang akan memicu perasaan positif.

2.     Willingness to Learn

Cara meningkatkan kualitas diri yang tidak kalah penting adalah senang belajar. Sederhananya adalah bagaimana caranya maju jika kamu tidak tahu hal-hal apa yang bisa membuat kamu maju ke depan. Keinginan kuat untuk terus belajar akan membuat kamu punya wawasan yang luas, termasuk soal potensi bisnis, jeli melihat peluang bisnis dari masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat, dan punya referensi pemecahan masalah yang ada.

3.     Support Network

Cara mengembangkan potensi diri dalam berbisnis yang tidak kalah penting adalah memperluas jaringan (network). Support network bisa kamu dapatkan dengan berinteraksi dengan banyak tipe manusia, organisasi berbasis minat, atau bisa juga dengan menghadiri konferensi dengan topik yang kamu minati.

Kesimpulan

Pengembangan potensi diri memang penting untuk meningkatkan sikap wirausaha. Cara yang bisa dilakukan diantaranya membangun self-discipline, willingness to learn, dan support network.

Daftar Pustaka

Suryana, Yuyus. 2011. Kewirausahaan Pendekatan Karaktersitik Wirausahaan Sukses. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suwena, K. R. (2015). Pentingnya Penilaian Potensi Diri Wirausaha Sebagai Pondasi untuk Mensukseskan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2).

Kadiyono, A. L. (2014). Efektivitas pengembangan potensi diri dan orientasi wirausaha dalam meningkatkan sikap wirausaha. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 6(1), 25-38.

Hasibuan, A., Novita, D., Tarigan, N. M. R., Yusrita, Y., & Riana, Z. (2021). Kewirausahaan. Yayasan Kita Menulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.