Maret 14, 2022

PENTINGNYA SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK BISNIS ONLINE

 

PENTINGNYA SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK BISNIS ONLINE

Oleh : Najla Nur Atikah @T23-Najla


Abstrak

Bisnis Online merupakan media yang memungkinkan konsumen untuk membeli barang dan jasa dari penjual secara langsung dengan menggunakan media browser internet. Proses transaksi online ini disebut juga dengan e-commerce. Bisnis online di Kediri sering menjadi fenomena karena memiliki banyak manfaat dan keuntungan, tidak hanya bagi penjual tetapi juga bagi konsumen. Penjual harus memiliki strategi khusus untuk memasarkan dan mengembangkan usahanya agar dapat terus berlanjut. Serta membuat solusi yang baik dari beberapa kendala yang mereka dapatkan.

Pendahuluan

sumber daya manusia bukanlah suatu yang baru dilingkungan suatu organisasi, Khususnya dibidang bisnis. Dimana sumber daya manusia adalah potensi yang merupakan asset dan berfungsi sebagai modal (non material / non finansial ) di dalam organisasi bisnis yang dapat diwujudkan menjadi potensi nyata ( real ), secara fisik dan non fisik dalam mewujudkan eksistensi organisasi pada setiap perusahaan, faktor sumber daya manusia merupakan bagian yang cukup penting dalam mencapai tujuan organisasi, baik itu perusahaan besar maupun kecil jadi bagaimana pun perusahaan memiliki peralataan yang modern dengan teknologi tinggi, manusia merupakan faktor penggerak, tanpa manusia suatu perusahaan tidak akan berfungsi.

Tujuan pengembangan SDM di bidang business internet

Pengembangan SDM merupakan faktor penting yang sangat diperlukan dalam mengembangkan bisnis apapun. Dalam hal ini ada beberapa tujuan dari diadakannya pengembangan sumberdaya manusia ini, yaitu :

a.      Untuk membantu meningkatkan kinerja karyawan

b.     Untuk membantu mewujudkan karyawan yang berkualitas

c.      Untuk memaksimalkan pencapaian perusahaan

d.     Untuk membantu mempertahankan eksistensi bisnis

Melihat beberapa tujuan di atas, pasti anda sudah sangat menyadari bahwa pengembangan sumber daya manusia ini adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tanpa adanya pengembangan, maka kualitas karyawan yang berperan dan business internet tersebut akan menghambat pencapaian keberhasilan dari bisnis yang dijalani.Apalagi melihat tingginya angka persaingan bisnis yang juga memanfaatkan internet, ini artinya anda harus lebih pintar untuk merebut perhatian masyarakat.

Dengan SDM yang berkualiatas, hal ini akan sangat membantu mewujudkan untuk membawa bisnis anda menuju puncak keberhasilan. Itulah sebabnya pengembangan SDM di bidang business internet sagat diperlukan agar setiap karyawan bisa bekerja secara maksimal dengan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan bidang masing-masing.

Manfaat Manajemen Sumber Daya Manusia bagi Bisnis online

a.      SDM yang baik akan menumbuhkan kecintaan karyawan terhadap bisnis yang dijalankan, para karyawan memahami nilai perusahaan sehingga mampu menjaga citra perusahaan.

b.      SDM memegang andil dalam menjadikan para karyawannya puas atau tidak dalam bekerja. Puas bekerja dengan tugasnya, puas bekerja sama dengan atasannya, dan puas dengan budaya perusahaan.

c.      Tak peduli seberapa puas para karyawan terhadap tempat kerja mereka, yang namanya konflik itu tidak terelakkan. Entah dengan tugas mereka, atasan mereka, atau rekan kerjanya. Setiap karyawan tentunya memiliki gaya bekerja, kepribadian, hingga tingkat pengalaman dan latar belakang yang berbeda. 

Kesimpulan

Baik pelaku bisnis kecil maupun besar, manajemen sumber daya manusia itu penting dalam mencapai kesuksesan. Manajemen SDM memastikan karyawan bekerja dengan senang hati, mampu menjaga citra perusahaan, dan memahami nilai-nilai yang dipegang perusahaan. Dengan manajemen sumber daya manusia pula, konflik-konflik yang tak terelakkan mampu diselesaikan.

 

https://ahlipresentasi.com/pengembangan-sdm-untuk-industri-internet-dan-bisnis-online/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar