Maret 15, 2022

Peran pemimpin dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi berwirausaha.

 

Peran pemimpin dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi berwirausaha.

Oleh : Muhamad Ripano (@U35-RIPANO)

 

ABSTRAK

Inovasi merupakan sebuah ide maupun praktek yang dianggap baru oleh seseorang. inovasi juga dapat dikatakan sebagai suatu kreatifitas dalam mengembangkan peluang usaha. Dengan adanya inovasi dapat menciptakan segala sesuatu yang baru gara lebih berkembang dan menciptakan sesuatu yang baru. Sebagai seorang pemimpin seharusnya dapat menciptakan sesuatu yang unik atau sesuatu yang baru agar memiliki nilai jual yang berbeda dengan yang lain. inovasi yang dikembangkan untuk mempertahankan suatu usaha agar mampu berkembang dan memiliki perbedaaan. Karena produk yang dipasarkan seiring perkembangan zaman semakin banyak tiruan, hal ini dapat meningkatkan jumlah pembelian. Maka dari itu sebagai seorang pemimpin harus mampu membuat suatu usaha yang unik agar menjadi ciri khas suatu produk.

Kreativitas merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk menciptakan suatu karya yang dihasil oleh seseorang. Proses kreativitas adalah adanya keinginan untuk menciptakan sesuatu yang lain berdasarkan situasi dan kondisi yang ada, berpikir untuk menciptakan/ mewujudkan hasil pemikiran tersebut, melakukan uji coba dan menyempurnakan hasil uji coba, mewujudkan hasil kreativitas, dan memperbanyak hasil kreativitas. Dengan adanya Produk memiliki ke unikan dan memiliki kualitas yang berbeda membuat produk tersebut memiliki nilai jual yang tinggi dan mampu bersaing di pasaran. Jika seorang wirausaha tidak dapat melakukan inovasi maka usaha yang di jalakan tidak akan maju.

 

 

 

 

 

PEMBAHASAN



Seorang wirausaha dalam mengembangkan suatu produk harus berinovasi yang lebih luas. Agar kelangsungan pada produk suatu usaha tidak berhenti dan tetap berlangsung terus. Hal ini salah satu cara untuk selalu membuat suatu kreativitas dan inovasi. Sebagai seorang wirausahawan harus memiliki kemampuan jika sudah memiliki kemampuan harus tetap mengembangkannya hal ini dapat dikatakan sebagai modal utama melakukan usaha. Dengan adanya kemampuan untuk mengembangkan kemampuan maka akan mampu bersaing dan bertahan didalam bidang wirausaha. Karena jika tidak memiliki kemampuan dalam diri maka tidak dapat menjadi seorang pemimpin. Seorang pemimpin harus mampu melihat peluang yang dibutuhkan oleh masyarakat dengan melakukan survei maupun penelitian ke lapangan langsung. Hal ini agar dapat membuka usaha yang sesuai dan dibutuhkan oleh semua masyarakat. Dengan adanya kreativitas menjadi salah satu kemampuan untuk membuka usaha yang dibutuhkan oleh masyarakat. Karena jika seorang pemimpin mampu melihat target pasar maka dalam menjalankan usaha akan lebih mudah. Biasanya masyarakat lebih tertarik terhadap produk maupun usaha yang dipasarkan berkualitas bagus dan harga terjangkau. Sebagai seorang pemimpin harus dapat memenuhi permintaan para masyarakat dengan memainkan harga maupun menarik pembeli dengan cara gift. Seperti setiap pembelian akan mendapatkan kupon untuk dikumpulkan yang nantinya akan ditukarkan hadiah.

Seorang wirausaha yang memiliki inovatif dapat dikatakan memiliki kemampuan yang imajinasi maupun pikiran yang menarik dan kreatif dimana seorang pemimpin harus mampu berfikir yang sistematis dan logis. Dengan adanya penemuan yang dilakukan oleh seorang pemimpin dapat mengembangkan ide untuk membuat suatu produk, selanjutnya pemimpin dapat mengembangkan produk tersebut  dengan kemampuan yang dimiliki untuk menghasilkan suatu karya yang baru, bukan hanya itu saja sebagai seorang wirausaha maka pemimpin harus mampu melakukan penggandaan agar dapat dipasarkan dan dapat dikonsumsi oleh masyarakat.

Bukan hanya itu saja didalam kewirausahaan juga menjadi sebuah proses dalam membuat identifikasi, mengembangkan produk atau jasa yang sudah dimiliki dengan menggunakan kemampuan kreativitas dan inovasi agar dapat mewujudkan visi maupun misi yang sudah direncanakan pada awal membuat produk. Seorang wirausaha harus memiliki sifat keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme, kemampuan, kreativitas pada suatu produk atau jasa yang di buat hal ini dilakukan agar suatu usaha yang dilakukan akan dapat berkembang pesat dan mampu bertahan didunia pasar. Bukan hanya itu saya seorang wirausaha juga harus mampu berusaha untuk merai suatu prestasi, berorientasi pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, serta memiliki inisiatif Melaka inovasi. Jika seorang wirausaha tidak memiliki sifat tersebut maka usaha yang dilakukan tidak akan membuahkan hasil dan tidak akan bertahan selamanya.

 

KARAKTERISTIK WIRAUSAHA UNTUK MENGEMBANGKAN USAHA



karakteristik wirausaha adalah perilaku, sikap, ciri khas, dan tindakan dari seseorang untuk membuat dan mewujudkan usaha dengan inovatif. Dalam karakteristik wirausaha memiliki kualitas didalamnya karena dapat membantu wirausahawan agar dapat mencapai tujuan yang sudah direncanakan diawal membuka usaha. Seorang wirausaha biasanya akan melibatkan ide dan inovasi yang dijadikan sebuah tantangan agar dapat meningkatkan usaha yang dijalankan. Karena tantangan yang dibuat pastinya memiliki resiko, sebagai seorang pemimpin harus mampu untuk mengambil resiko yang terjadi. Karakteristik wirausaha merupakan salah satu kunci untuk sebuah usaha akan mampu bertahan dan berhasil. Sebagai seorang wirausaha harus memiliki sikap yang optimis dan berfikir kreatif dalam menghadapi situasi yang sedang dihadapinya. Karakteristik wirausaha merupakan peran penting dalam membentuk sikap mental seseorang.

Ada Beberapa Karakterisik yang harus dimiliki seorang wirausaha:

1.      memiliki Komitmen yang tinggi.

Karakteristik seorang wirausaha untuk sukses yang pertama adalah dia harus mempunyai komitmen yang tinggi. Karena komitmen berkaitan dengan setiap perkataan maupun tindakan yang akan dipertanggung jawabkan.

Dengan komitmen yang tinggi dalam membangun usaha membuat sebuah kepercayaan terhadap diri ataupun perusahaan. Maka dari itu, bisa membuat langkah dalam berbisnis juga lebih mudah.

2.      Disiplin

Sebagai seorang wirausahawan harus mempunya karakter disipilin dengan begitu memperlihatkan bahwa berusaha keras untuk melakukan apapun dalam urusan bisnis. Disiplin disini maksudnya adalah keteraturan dalam menjalankan usaha.

Jika disiplin dapat memotivasi dan membangkitkan semangat diri untuk mencapai sebuah tujuan.

3.      Percaya Diri

Percaya diri sebagai langkan awal untuk bisa memulai usaha, karena percaya terhadap kemampuan bahwa dapat membangun dan menjalankan bisnis

4.      Pantang Menyerah

Membangun dan mengembangkan sebuah usaha tentu tidak mudah, makanya dibutuhkan sifat pantang menyerah bagi seorang wirausaha dalam membuat bisnis.

membuat usaha dari awal itu pasti ada tantangannya atau kegagalan selama berjalannya usaha. Sifat pantang menyerah wajib dimiliki oleh wirausahawan agar kita tidak mudah menyerah jika mengalami suatu kegagalan.

5.      Memiliki kreativitas tanpa batas

Kreativitas salah satu karakteristik yang penting juga untuk dimiliki oleh wirausaha. Dengan kreativitas yang dimiliki seorang wirausaha dapat menciptakan ide usaha maupun produk yang tidak terbatas dengan produk atau usaha serupa.

suatu kreativitas harus dibarengi dengan adanya inovasi tujuannya adalah agar menarik minat para pelanggan terhadap usaha yang diproduksi kepada masyarakat.

 

 

6.      Berani mengambil resiko

Karakteristik lainnya seorang wirausaha berani bertanggung jawab atas semua keputusannya dan mengambil resiko terberat sekalipun. Berani mengambil resiko jika bisnisnya nanti akan mengalami kerugian bahkan produk yang dia jual tidak laku.

Dengan adanya permasalahan tersebut, biasanya wirausahawan dapat mengatasinya dengan baik dan sudah memiliki solusi supaya kejadian yang terjadi tidak dapat terulang kembali.

 

 

 

KESIMPULAN

seorang wirausaha harus memiliki jiwa kepemimpinan dan harus memiliki peluang untuk menciptakan suatu produk dengan kreativitasnya dan juga wirausaha harus berinovasi yang lebih luas agar dapat mengembangkan suatu usaha yang sudah dijalankan. Maka dari itu peran pemimpin dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi sangat penting untuk dilakukan dan ditingkatkan karena dapat memajukan pontensi pertahanan dalam mempertahankan suatu usaha yang dijalankan. Dengan adanya kreativitas dan menciptakan sesuatu yang berbeda membuat daya tarik tersendiri untuk diminati oleh para masyarakat. Dengan adanya produk yang dijadikan ciri khas suatu usaha yang dikembangkan agar menjadi daya tarik peminat pelanggan.

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Hadiyati, E. (2012). Kreativitas Dan Inovasi Pengaruhnya Terhadap Pemasaran Kewirausahaan Pada Usaha Kecil. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 1(3), 135–151.

 Rosmadi, M. L. N. (2021). Inovasi dan Kreativitas Pelaku Usaha UMKM di Era Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(2), 87–94.

Hidayat, T., & M. Nawawi, Z. (2022). Strategi Menumbuhkan Jiwa Kreatif dan Inovatif dalam Kewirausahaan. Action Research Literate, 6(1), 62–69. https://doi.org/10.46799/arl.v6i1.100

Wiyono, H. D., Ardiansyah, T., & Rasul, T. (2020). KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM BERWIRAUSAHA. 1(2), 19–25.

https://jubelio.com/2021/pengertian-dan-karakteristik-wirausaha-sukses/

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.