Maret 24, 2022

Technopreneurship : Pengembangan Kewirausahaan di bidang Digital Product dengan system Freelance

Technopreneurship : Pengembangan Kewirausahaan di bidang Digital Product dengan system Freelance

Oleh : Prima Wijaya Kusuma (@U40- PRIMA)

 


I .ABSTRAK

Artikel ini bertujuan sebagai sarana meningkatkan pemahaman, serta mengedukasi dan memperkenalkan pembaca mengenai technopreneurship yang merupakan hasil dari pengembangan dari kewirausahaan yang di integrasikan dengan Teknologi.

II. PENDAHULUAN

Berkembangnya internet di Indonesia ditandai dengan meningkatnya pengguna internet di Indonesia. Dalam membangun awareness mengenai dunia digital dan bisa dapat melalui kegiatan periklanan. Media periklanan yang dahulunya berbentuk konvensional seperti melalui media koran, majalah, televisi, dan radio sudah mulai berubah ke arah digital karena perilaku penggunaan media yang mempengaruhi perkembangan digital marketing. Dengan pesatnya perkembangan teknologi dunia digital dan internet tentu berimbas pada dunia pemasaran. Tren pemasaran di Indonesia beralih dari yang semula konvensional (offline) menjadi digital (online). Di mana digital product dan marketing ini lebih prospektif karena memungkinkan para calon pelanggan potensial untuk memperoleh segala macam informasi mengenai produk dan bertransaksi melalui internet. 

Masalah tersebut yang membuat banyaknya bidang dan cara untuk mengoptmialkan marketing yaitu dengan membenahi sector digital dan penampilan, yang dimana bisa diperjualbelikan dan dicari pengoptimalannya. Sehingga untuk mempermudah proses pengoptimalisasian, munculah sistem freelance marketplace yaitu sistem yang mampu mempertemukan antara pihak yang membutuhkan freelancer dengan freelancer yang memiliki keahlian tertentu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang mampum membantu pihak perekrut dalam menemukan freelancer yang cocok. Sistem freelance marketplace disajikan dalam bentuk aplikasi berbasis web serta ruang lingkup pelayanan dibatasi hanya untuk proyek yang berada dalam bidang pekerjaan yang berhubungan dengan bidang pengembangan produk digital dan teknologi. 

III PEMBAHASAN

1. Pengertian Freelancer 

Pengertian dari freelance marketplace adalah suatu platform daring yang mampu mengkoneksikan antara para pekerja lepas (freelancer) dengan pemilik bisnis yang Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 10511 Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya menggunakan jasanya baik dalam bentuk individual hingga perusahaan besar. Dimana platform ini ditunjang oleh situs web yang mampu memberikan informasi detail mengenai freelancer termasuk riwayat pekerjaan dan kualifikasi yang dimiliki. Cara kerja dari platform ini pada dasarnya adalah pemilik proyek mempublikasikan tawaran pengerjaan proyek kemudian freelancer yang tertarik untuk mengerjakannya membalas tawaran tersebut. Dalam layanan ini harus terdapat kepastian bahwa pengguna jasa harus mendapatkan hasil pengerjaan yang dia bayarkan untuk itu sedangkan freelancer harus mendapatkan pembayaran ketika selesai menyelesaikan pekerjaannya (Bacon, Chen, Parkes, & Rao)

2. Syarat dan Skill Yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Freelancer

Sebelum memulai mencari pekerjaan freelance, pastikan dulu memiliki beberapa skillset dasar yang harus dimiliki oleh semua freelancer : 

  • Memiliki skill atau keahlian tertentu, skill dalam bidang tertentu merupakan dasar untuk bisa menjadi seorang freelancer. Keahlian ini lah yang akan menjadi daya tarik dan juga daya jual terhadap client. Semakin tinggi skill seorang freelancer maka semakin tinggi daya jual nya jika hendak melakukan kerjasama dengan klien dalam sebuah proyek
  • Cepat beradaptasi, menjadi seorang freelancer dituntut agar dapat beradaptasi dengan cepat. Karena dalam proyek yang diberikan dituntut untuk bekerja dengan cepat dan tepat dibawah tekanan. Proyek yang ditangani juga akan bervariasi tergantung industrinya, karena itulah para pelaku freelancer dituntut cepat beradaptasi agar proyek dapat berjalan dengan lancar

Komitmen dan profesionalitas kerja, seorang freelancer harus dapat menentukan sendiri waktu untuk mengerjakan proyek. pastikan  proyek yang berjalan tidak mengganggu proyek atau aktivitas lainnya sehingga dapat selesai tepat waktu. 

3.Flowchart dalam kegiatan Freelance digital product


Pada proses ini , secara umum terdiri dari proses elisitasi kebutuhan, kemudian dari hasil proses elisitasi kebutuhan dijadikan dasar untuk melakukan analsis dan spesifikasi kebutuhan, kemudian dilakukan validasi hasil analisis kebutuhan, setelah itu kebutuhan yang didapatkan kemudian dibuat pemodelan agar mudah dipahami.

Pada proses ini, dimulai dari proses elisitasi kebutuhan yaitu proses untuk= menemukan kebutuhan sebagai dasar untuk mengembangkan sebuah sistem. Proses elisitasi kebutuhan dilakukan menggunakan metode observasi dengan cara melakukan observasi yang dilakukan pada halaman bantuan system dan observasi langsung pada tampilan antarmuka web. Dari hasil elisitasi kebutuhan, didapatkan fitur-fitur dasar dari system freelance marketplace ditunjukkan pada tabel 1


Sebuah system freelance marketplace yang akan menyempurnakan sistem yang sudah ada dengan menggunakan fitur rekomendasi kecocokan antara freelancer yang melamar proyek dengan deskripsi proyek dengan memanfaatkan algoritma cosine similarity dengan memakai metode activity-based recommendation yaitu dengan memproses data riwayat proyek yang telah dikerjakan dengan data deskripsi proyek kemudian dilakukan penghitungan nilai cosine similarity. Untuk melakukan komunikasi antara freelancer, klien, dan administrator digunakan aplikasi perpesanan yang sudah ada yaitu Whatsapp. Kebutuhan bidang keahlian yang dapat dipilih dibatasi hanya pada pengembangan web, pengembangan aplikasi mobile, desain aplikasi, dan pengujian aplikasi. Selain itu, dikarenakan sistem freelance marketplace digunakan oleh banyak pengguna dengan menggunakan peramban web yang berbeda maka sistem yang akan dibuat harus memiliki kompatibilitas untuk dapat berjalan pada berbagai macam peramban web. Dari hasil fitur-fitur sistem yang didapatkan, maka didapatkan 50 kebutuhan fungsional dan kebutuhan non-fungsional berupa kompatibilitas sistem. Tabel 2 menunjukkan aktor yang terlibat dalam penggunaan sistem.

4. Contoh Digital Product pada freelance

 


a. Penulis Freelance

Penulis merupakan salah satu pekerjaan freelance yang cukup banyak digemari. Apalagi kebutuhan terhadap artikel konten yang berkualitas saat ini semakin meningkat seiring dengan perkembangan dunia digital dan internet. Untuk menjadi penulis freelance dibutuhkan kemampuan membuat tulisan yang menarik, rapi, dan sistematis. Selain itu juga dibutuhkan komitmen yang tinggi dan manajemen waktu yang baik agar dapat menyelesaikan tugas tepat waktu. Penulis freelance dapat dibayar per artikel, per bulan, maupun per proyek, tergantung kesepakatan awal dengan klien.

b. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis juga merupakan salah satu pekerjaan freelance yang menjanjikan. Selain jasa membuat desain grafis, Anda juga dapat menjual template desain, seperti template logo, template presentasi, template poster, dan lain sebagainya. Saat ini, jasa desain grafis sangat dibutuhkan, hampir menyamai kebutuhan para pemilik website dalam mencari penulis konten karena konten akan semakin menarik dengan tambahan gambar atau ilustrasi yang relevan.

c. Jasa Arsitek

Saat ini kebutuhan terhadap hunian yang nyaman, elegan dan kekinian semakin meningkat. Tak heran jika jasa arsitektur juga semakin dibutuhkan. Kemampuan untuk membuat desain rumah yang apik ini tentu dapat menjadi salah satu peluang usaha freelance yang menjanjikan.

d. Editor Freelance

Pekerjaan editor freelance erat kaitannya dengan dunia penulisan. Ada beragam pekerjaan editor yang ditawarkan secara freelance, mulai dari editor konten website, editor buku, hingga proofreader.

e. Fotografer Freelance

Kemampuan mengambil gambar atau foto yang menrik dan eksotis dapat menjadi peluang usaha freelance yang menjanjikan. Foto-foto yang menarik dapat dijual di beragam situs penyedia langganan foto berbayar seperti shutterstock, stockfresh, Alamy, dan lain sebagainya. Ada situs fotografi yang memberikan royalti dari setiap foto yang terjual, ada juga yang memberikan honor dari banyaknya jumlah unduhan foto.

f. Kursus Online

Bagi yang memiliki hobi mengajar, Anda dapat memilih pekerjaan freelance sebagai penyedia kursus  online. Hampir sama dengan kursus pada umumnya, hanya saja penyampaian materi dan diskusinya melalui media online. Kemudian materi disampaikan secara berkala agar peserta kursus dapat memahami materi tahap demi tahap.

g. Web developer

Bekerja sebagai freelance web developer sangatlah menarik dan banyak diminati sekarang. Namun, anda harus mempersiapkan kemampuan khusus dalam bidang pemrograman. Anda juga dituntut untuk mengerjakan proyek yang diberikan klien tepat waktu dan biasanya membutuhkan waktu hingga beberapa bulan.Untuk menjadi web developer, tentu harus memiliki kemampuan khusus, baik dalam sisi front end, maupun backend. Terkait dengan front end, minimal anda harus menguasai bahasa markup seperti HTML dan CSS, kemudian bahasa pemrograman Javascript. Dan untuk backend, anda harus menguasai bahasa pemrograman PHP, Python, Java, serta framework seperti Laravel atau

h. Business analyst

Tugas dari business analyst adalah menganalisis bisnis suatu perusahaan atau instansi terkait. Kemudian, juga melakukan penilaian terhadap model bisnis yang dijalankan, kemudian mengintegrasikannya dengan teknologi untuk memperoleh solusi yang optimal.  Anda harus mempunyai basic pendidikan di bidang IT untuk menjadi freelancer business analyst. Selain itu, memiliki pemikiran yang kritis, dan dapat mengambil keputusan yang tepat untuk kemajuan bisnis. Skill yang paling penting disini yaitu kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik kepada klien maupun rekan kerja anda.

i. Animator

Berikutnya, terdapat pekerjaan yang berhubungan dengan pengembangan animasi. Orang yang bertugas untuk membuat animasi disebut dengan animator. Di Indonesia sendiri, freelance yang terkait dengan bidang animasi ini masih sangat sedikit, karena industri yang masih belum ramai jika dibandingkan dengan perusahaan di luar negeri. Jika anda berminat, terdapat beberapa situs freelancer yang dapat menawarkan pekerjaan ini dengan berbagai latar belakang perusahaan yang berbeda. Animasi sendiri dapat digunakan untuk produksi industri film, iklan, dan permainan (video games).

j. Jasa service laptop

Dan freelance yang terakhir adalah membuka jasa service laptop. Nantinya, anda akan memperbaiki kerusakan pada perangkat keras (hardware) komputer customer. Untuk pekerjaan ini membutuhkan skill dan kemampuan khusus terkait dengan elektro, jaringan, dan teknologi komputer.

5. Pemasaran Freelance Digital Product

Menjadi seorang freelancer semudah memesan sesuatu melalui Internet. Anda mengunjungi situs yang menawarkan pekerjaan dan tugas freelance dan menjalankannya. Ini adalah cara yang bagus untuk memulai dan memperkenalkan nama Anda. Berikut beberapa situs yang bisa Anda coba untuk pekerjaan lepas:

  • Fiverr: pasar terbesar di dunia untuk mencari pekerjaan lepas. Cukup buat posting akun apa yang dapat Anda lakukan, tambahkan beberapa tautan dan selesai.
  • 99Desain: Tempat sempurna untuk menemukan pekerjaan lepas jika Anda seorang desainer.
  • Upwork: Upwork adalah pasar freelance yang terlihat lebih profesional di mana Anda akan menemukan lebih banyak klien bisnis.
  • Freelancer.com: Freelancer.com adalah salah satu pasar kerja freelance tertua yang dapat Anda pilih di tahun pertama ketika Anda memiliki sedikit atau tidak ada pengalaman freelance.
  • Bekerja pada beberapa situs-situs ini membantu dalam memahami bagaimana pekerjaan freelance seiring berjalannya waktu dan membantu Anda menguasainya.

Tetapi sebelum menuju ke situs web freelance ini, Anda perlu menyiapkan merek freelance untuk diri Anda sendiri. Ikuti langkah-langkah ini untuk hal yang sama –

  1. 1Putuskan layanan apa yang akan Anda tawarkan
  2. .Tentukan target pasar Anda
  3. Temukan platform (situs web freelance) yang akan Anda layani. Pilih nama pengguna yang seragam pada semuanya. Ini membantu Anda membangun identitas merek Anda.
  4. \Tentukan tarif Anda
  5. Buat portofolio online di platform portofolio khusus niche Anda; GitHub untuk pengembang, Behance untuk desainer, dll. Kami juga menyarankan Anda membuat situs web portofolio pribadi untuk menunjukkan keahlian dan bakat Anda.
  6. Pasarkan layanan Anda: pasarkan di media sosial, tawarkan sesuatu secara gratis atau dengan biaya yang sangat rendah (membantu mendapatkan lebih banyak daya tarik), meminta referensi, dan menggunakan pemasaran email.

6. Kelebihan dan Kekurangan Pekerjaan Freelance

Jika Anda berpikir untuk menjadi seorang freelancer dna mengetahui pengertian freelance secara lengkap, penting untuk mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari pekerjaan freelance.

Beberapa keuntungan menjadi freelancer meliputi:

  1. Jadwal kerja fleksibel: Anda dapat memilih jam mana untuk bekerja dan dapat mengatur jadwal Anda sendiri agar sesuai dengan komitmen lain.
  2. Pilihan dan variasi: sementara karyawan sering diberi tahu klien mana yang akan bekerja, sebagai freelancer,
  3. Anda dapat memilih proyek Anda dan tidak terbatas pada pasar atau sektor tertentu.
  4. Kontrol lebih besar: Anda dapat menetapkan tujuan Anda sendiri dan akan lebih banyak berbicara tentang arah bisnis Anda.

Di sisi lain, ada beberapa kerugian yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  1. Kurang stabil: karena pekerjaan freelance bergantung pada jangkauan klien yang cukup, banyak freelancer memiliki stabilitas keuangan yang lebih rendah dan jaminan kerja masa depan yang lebih sedikit daripada karyawan
  2. Manfaat lebih sedikit: banyak perusahaan menawarkan manfaat bagi karyawan mereka, seperti asuransi atau program pensiun. Pekerja lepas wiraswasta akan bertanggung jawab atas tunjangan dan keuntungan mereka sendiri

IV Kesimpulan

Pengertian penjualan digital product dengan system freelance ialah pekerjaan lepas waktu, di mana seseorang bekerja tanpa terikat oleh jam kerja. Beberapa keuntungan menjadi  freelancer antara lain memiliki kebebasan dalam bekerja, tidak terikat waktu, dan dapat melakukan hobi yang dibayar. Beberapa contoh pekerjaan freelance yaitu penulis lepas, editor lepas, jasa desain grafis, jasa arsitek, fotografer freelance, dan kursus online.

Untuk bisnis apapun, pembukan sangat dibutuhkan untuk bisnis yang lebih baik, tidak terkecuali bagi freelance. Catat setiap pengeluaran dan pemasukan pada bisnis secara terperinci, jika kesulitan, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk pembukuan yang mudah dan efisien.  

V. DAFTAR PUSTAKA 
Modul III KEWIRAUHSAANVariasi Produk/jasa dan Permintaan Pasar, Kreatifitas, Exploitasi Imaginasi dan Intuisi, Kreativitas dan Inovasi, Potensi diri dan Maximize Inner Ability , Mengembangkan Keunggulan

https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6704/3243
https://www.maxmanroe.com/vid/karir/arti-freelance.html
https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-freelance/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.