Maret 10, 2022

Tips menentukan bidang usaha yang akan di jalankan

 Tips menentukan bidang usaha yang akan di jalankan





 A. Pendahuluan

Memulai bisnis bagi kebanyakan orang bukanlah hal yang mudah. Hal yang klasik, banyak pertimbangan di sana sini sehingga tak jarang membuat orang takut untuk memulai usaha. Semestinya memulai usaha tidak menjadi salah satu sumber ketakutan bagi setiap orang. Untuk menghilangkan ketakutan dalam memulai usaha, seorang bisa membuat persiapan usaha yang matang sehingga dapat menjalaninya dengan optimis. 

Bidang usaha dalam kamus KBBI merupakan bisnis atau usaha dagang. Dalam bidang usaha banyak sekali jenisnya yaitu, pertanian (Agriculture), pertambangan (Mining), pabrikasi (Manufacturing), kontruksi (Contruction), perdagangan (Trade), jasa keuangan (Financial Service), jasa-jasa umum (Public Service), dan jasa wisata (Tourism). Dari jenis-jenis tersebut kita akan mudah untuk menentukan  bidang usaha yang akan dijalankan.

Ketika seorang menjalankan usaha, sebaiknya menentukan bidang atau jenis usaha apa yang akan dijalankan. Dalam menjalankan usaha tidak hanya sekedar menjalankan saja, tetapi kita harus memikirkan secara matang untuk usaha tersebut. Jika kita melakukan itu tanpa memikirkan dan merencanakan dengan matang itu sangat beresiko terhadap usaha kita kedepannya seperti, kerugian maupun kegagalan dalam usaha.

 

B. Tips untuk menentukan bidang usaha

Memilih dan memulai jenis usaha yang paling cocok dan tepat memang cukup sulit. Apalagi dari tahun ke tahun peluang  dan tren bisnis juga semakin beragam dan berbeda-beda.  Hal ini tentunya akan cukup membuat kita sakit kepala memikirkannya.

Belum  lagi jika memikirkan masalah persaingan dan strategi bisnis yang akan digunakan nantinya. Hal tersebut tentunya akan membuat beberapa orang ragu dan maju mundur untuk mendirikan usaha. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tips memilih jenis usaha yang tepat.

·         Pilih Sesuai Passion

Jenis usaha banyak sekali ragamnya  namun belum tentu semua jenis tersebut akan cocok untuk Anda. Salah satu cara mengetahui usaha yang cocok untuk diri sendiri adalah menyesuaikan dengan passion yang dimiliki. Seperti yang kita tahu setiap orang pasti mempunyai passionnya masing-masing.

Apapun itu, termasuk usaha yang dikerjakan sesuai passion pasti lebih terasa menyenangkan. Meski banyak halangan atau cobaan datang menghampiri, Anda pasti tetap tegar. Bekerja dengan gairah dan semangat pastinya akan membuat Anda lebih mencintai semua hal yang sedang dikerjakan.  Cinta adalah salah satu kekuatan terbesar untuk manusia, setuju?. Jadi cara memilih usaha yang tepat adalah  menyesuaikan dengan passion yang dimiliki.

 

 

·         Membuat Daftar Jenis Usaha

Apabila Anda sudah menemukan usaha yang sesuai dengan passion, maka jangan langsung segera membuka usaha tersebut. Sebaiknya Anda membuat daftar bidang usaha yang Anda minati lebih dahulu. Catat daftar tersebut pada buku mengenai berbagai jenis usaha yang sesuai. Dari daftar tersebut pilihah salah satu yang sekiranya bagus saat ini sehingga lebih mudah dikembangkan.

 

·         Mempelajari Bidang usaha yang Dipilih

Di poin yang satu ini pastinya Anda telah memilih jenis usaha yang nantinya akan dibuka. Meskipun Anda memiliki minat dan keahlian untuk menjalankan bisang usaha tersebut bukan berarti hal tersebut bisa menjadi jaminan Anda pasti sukses.

Untuk itulah, Anda harus mempelajari lebih dalam tentang bidang usaha yang dipilih. Apalagi untuk jenis usaha di bidang jasa seperti salon kecantikan atau jasa jahit. Pastikan Anda memahami betul kelebihan dan kekurangan usaha tersebut.

 

·         Menyesuaikan dengan Modal yang Dimiliki

Salah satu cara dalam memilih usaha dan mendirikan usaha  yang tepat adalah menyesuaikannya dengan modal yang tersedia. Jangan sampai Anda memaksakan mendirikan usaha yang diinginkan namun modal yang dimiliki tidak cukup. Takutnya Anda akan kehabisan modal pada awal pendirian usaha tersebut. Akibatnya Anda tidak akan bisa memaksimalkan usaha tersebut karena kekurangan modal.

Hal ini bisa berbahaya dan sangat beresiko karena usaha tersebut tentunya tidak akan bisa betahan lama. Untuk itulah ketika memilih jenis usaha, hitung lagi apa sudah sesuai dengan modal yang dimiliki. Apabila modal yang ada termasuk kecil, sementara Anda bisa mencari jenis usaha lainnya yang tidak memberatkan keuangan Anda.

 

·         Perhatikanlah Lokasi Tempat Usaha Anda

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan dalam mendirikan usaha adalah harus disesuaikan dengan lokasi tempat tinggal Anda. Perhatikanlah tingkat persaingan yang ada, pangsa pasar yang ditargetkan dan juga besarnya peluang perkembangan usaha itu sendiri. Apabila usaha yang Anda pilih tersebut dirasa kurang mempunyai prospek yang cerah lebih baik untuk mengurungkan niat Anda mendirikannya.

 

·         Perhatikan Minat dan Kebutuhan Konsumen

Hal penting yang harus diperhatikan dalam menentukan jenis usaha adalah pangsa pasarnya. Poin yang satu ini pada dasarnya berhubungan dengan pemilihan lokasi usaha. untuk itulah Anda harus mampu memperhatikan minat dan kebutuhan para konsumen ketika akan mendirikan sebuah usaha. Misalnya saja Anda tinggal didaerah pedesaan yang jarang ada lalu lalang kendaraan dan Anda mencoba usaha cafe atau restoran yang menyajikan berbagai makanan modern seperti steak, burger, pizza dan lain sebagainya.

 

Tentunya usaha Anda tersebut akan sepi bahkan bisa jadi tak akan laku. Hal ini akan  berbeda jika Anda tinggal di kota, usaha seperti cafe pastinya akan lebih mempunyai peluang sukses. Contoh lain jenis bisnis yang memerlukan kebutuhan para konsumen adalah usaha loundri kiloan dimana banyak orang yang memerlukan jasa tersebut.

 

Pada kasus seperti ini Anda harus mampu menerapkan analisa SWOT. Penerapan alasis SWOT ini bisa menjadi salah satu cara memilih usaha yang menguntungkan dan paling tepat untuk Anda. Hal ini karena analisa ini memungkinkan Anda mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang maupun ancaman pada usaha yang nantinya akan Anda dirikan.

 

·         Sesuai dengan Tuntutan Zaman

Tips atau cara memilih usaha yang tepat lainnya adalah menyesuaikannya dengan tuntutan zaman. Di era digital seperti saat ini terdapat banyak sekali jenis usaha yang dapat kita pilih menyesuaikan dengan tren atau tuntutan zaman.

 

Contohnya saja Anda bisa membuka usaha jasa pembuatan toko online atau website. Hal ini karena saat ini toko online ataupun website semakin dibutuhkan oleh masyarakat karena merupakan sarana yang wajib dimiliki supaya mampu bersaing di era digital. Kehadiran toko online ini membuat target pasar menjadi semakin luas, tak perlu khawatir batasan tempat maupun wilayah seperti bisnis offline.

 

·         Mengetahui Perbedaan Usaha Anda dengan Pesaing

Apabila usaha yang Anda pilih atau ingin dirikan sudah banyak pesaing artinya Anda akan gagal jika berhadapan langsung dengan pesaing yang sudah lebih dulu. Namun bukan berarti tidak ada peluang sama sekali. Salah satu cara supaya bisa survive di tengah persaingan yang ketat Anda harus melalukan sesuatu supaya terlihat menonjol dan berbeda dari yang lainnya.

 

Bila Anda tidak mampu dengan cepat membuat pembeda usaha Anda dengan yang lainnya, maka lebih baik Anda memilih jenis usaha lainnya saja. usaha yang sekiranya belum memiliki banyak saingan dan memiliki resiko lebih kecil. Jadi apabila usaha Anda tidak berhasil seperti yang diharapkan, tingkat kerugiananya tidak akan terlalu besar.

 

 

 

 

·         Action

Setelah Anda membaca dan melalui semua poin diatas, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah action. Jadi Anda harus segera mewujudkan usaha tersebut ke bentuk yang nyata dan tidak hanya sekedar berangan-angan saja. Harus Anda tahu jika ingin membuat usaha namun tidak segera memulainnya maka semua akan percuma. 

 

C. Metode yang dapat dilakukan dalam menerapkan analisis SWOT.

Ø  KEKUATAN

Melihat kekuatan yang dimiliki seperti lokasi, sumber-sumber bahan baku yang mudah didapat, mudah dijangkau oleh konsumen atau pelanggan, dan kekuatan lainnya yang dapat dimanfaatkan. Contoh: lokasi di dekat kampus atau mal dapat dikembangkan menjadi koskosan, warnet, rental komputer, dan masih banyak lagi.

 

Ø  KELEMAHAN

 

Melihat kelemahan yang dimiliki agar kita tidak memaksakan diri melakukan usaha yang sebenarnya tidak dapat dilakukan karena kita memiliki kekurangan tertentu. Contoh: sebaiknya jangan membuka usaha rental komputer, tetapi tidak mengetahui sama sekali keterampilan dalam mengoperasikan komputer.

 

Ø  PELUANG

 

Melihat peluang yang dapat dimanfaatkan dan memberikan keuntungan. Contoh: membuka usaha fotokopi di lingkungan dekat kampus, membuka usaha kantin di lingkungan perkantoran, dan lain-lain.

 

Ø  ANCAMAN

 

Melihat ancaman terhadap usaha-usaha yang berisiko tinggi, memiliki siklus hidup yang pendek, dan tidak terukur. Terlebih lagi jika pesaing-pesaing kita memiliki kemampuan yang lebih baik dari kita. Contoh: investasi saham, di mana kita tidak memiliki cukup ilmu tentangnya atau bermain di pasar yang pelakunya sudah sangat banyak

 

D. Cara menggali peluang usaha

v  Manfaatkan Internet dan Media Elektronik Lainnya

 

Di era sekarang, internet, radio, dan televisi merupakan jalur terbaik dalam memperoleh informasi, termasuk info tentang membangun bisnis. Namun internet lebih fleksibel, karena bisa dieksplorasi kapan saja.Misalnya di Google tentang “Contoh usaha dengan modal 5 jutaan rupiah”, pastiakan menjumpai ratusan website yang membahas tentang haltersebut. Jadi internet merupakan jalan termudah menggali dan menemukan ide-ide usaha yang mungkin belum diketahui selama ini.

 

 

v  Baca Buku dan Referensi Bisnis

Jika masih bingung “harus mau buka usaha apa?” Maka buku, majalah, pamflet, buklet dan koran bisnis bisa menjadi sumber informasi yang dapat membantu anda menciptakan ide-ide bisnis yang bagus.

 

v  Ikuti Kegiatan Seminar Usaha

Jika buku dan internet belum dapat membantu menggali gagasan bisnis yang potensial, maka sesekali coba ikuti seminar seminar tentang bisnis dan kewirausahaan. Di sana akan mendapat ilmu dan mentor yang berpengalaman dalam membangun usaha. Mungkin dengan seminar tersebut, akan memperoleh ilham yang baik.

 

v  Aktif Bergabung di Komunitas Bisnis

Ada banyak komunitas atau organisasi yang mewadahi orang-orang dengan profesi atau kelompok bisnis tertentu, baik offline maupun komunitas online. Jika ada kesempatan cobalah bergabung dengan beberapa komunitas bisnis. Selain mendapat banyak ilmu, tentukan berpeluang masuk dalam jaringan relasi dan pertemanan para entrepreneur. Mungkin mereka akan membantu dalam menggali potensi bisnis yang ada dalam diri anda.

 

v  Datang ke Pameran Kewirausahaan

 

Salah satu tempat yang cukup efektif membangkitkan ide-ide bisnis yang ada dalam benak anda adalah pameran kewirausahaan. Berbagai produk baru, bisnis baru, dan job baru sering dipertontonkan dalam sebuah acara pameran. Penyelenggaranya bisa pemerintah maupun swasta. Walaupun harus mengeluarkan beberapa lembar rupiah untuk membeli tiket masuk, namun akan mendapatkan pengalaman kewirausahaan secara lebih nyata.

 

v  Ngobrol dengan Para Pelaku Usaha

 

Kata pepatah “Pengalaman adalah guru terbaik”. Oleh sebab itu, dalam mencari celah usaha yang bagus, cobalah berdiskusidengan orang-orang yang telahsukses maupun gagal dalam membangun bisnisn 24 ya. Biasanya akan selalu datang ilham setelah mengetahui pengalaman - pengalaman bisnis mereka secara langsung.

 

v  Kunjungi Pusat – Pusat Bisnis

 

Selain pameran, lokasi lain yang bagus untuk memperoleh ide usaha adalah di pusat- pusat bisnis. Dengan mengunjungi tempat tersebut akan dapat menyaksikan dan belajar - banyak mengenai gambaran perputaran roda perekonomian dan bisnis.

 

v  Mengamati Lingkungan Sekitar (Survey Langsung)

 

Sebagai amunisi terakhir dalam memecahkan kebuntuan menggali ide-ide usahaa dalah dengan melakukan pengamatan atau survey langsung kelingkungan sekitar. Perhatikanlah apa saja kebutuhan orang-orang yang bisamenjadipeluangusahaatauamatiadakahbahan - bahan atau sumber daya yang tak berguna yang bisa menjadi barang ekonomis.Lihat, pikirkan lalu renungkan.

 

E. Kesimpulan

           

            Dari uraian deskriptif teoritis tentang tips menentukan bidang usaha yang akan dijalani, maka penulis dapat menyimpulkan beberapa hal :

·         Untuk menghilangkan ketakutan dalam memulai usaha, seorang bisa membuat persiapan usaha yang matang sehingga dapat menjalaninya dengan optimis. 

·         Ketika seorang menjalankan usaha, sebaiknya menentukan bidang atau jenis usaha apa yang akan dijalankan. Dalam menjalankan usaha tidak hanya sekedar menjalankan saja, tetapi kita harus memikirkan secara matang untuk usaha tersebut.

·         Banyak cara dan tips untuk para wirausaha agar usaha yang akan dijalani dapat berjalan dengan lancer

 

 

 

 

 

Referensi

https://www.duniakampus40.net/2020/12/pentingnya-menentukan-bidang-usaha-yang.html

https://bukutansi.com/tips-memilih-jenis-usaha-yang-tepat/

http://repositori.kemdikbud.go.id/17080/1/6.1.%20BA%20-%20MENGENALI%20PELUANG%20DAN%20MEMILIH%20JENIS%20USAHA%20-%202019%20-%201.pdf

 

 

           

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.