Maret 11, 2022

WIRAUSAHA DENGAN CARA ONLINE

  

WIRAUSAHA DENGAN CARA ONLINE

 

Oleh : BayuSeptiawan (@U44-BAYU)

 

Bisnis online adalah suatu usaha yang dipasarkan melalui internet dengan berbagai macam cara sehingga dapat menghasilkan uang. Di dalam bisnis online banyak sekali kelebihannya di bandingkan bisnis offline.

Menurut Arief Darmawan bisnis online terdiri dari 2 kata yaitu bisnis dan online. Bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individual, untuk mendapatkan laba dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.2 Sedangkan kata online menurut kamus web.id adalah suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan komputer yang dapat diakses melalui jaringan komputer lainnya.

 


Pada dasarnya Bisnis Online ada 2 macam:

1.)    Bisnis Produk Creation

Adalah segala macam bisnis online yang berbentuk produk hasil milik sendiri, baik itu produk bentuk jasa (jual jasa) ataupun produk riil. Seperti sepatu, tas, jilbab dan sebagainya.

2.)    Bisnis Produk Afiliasi

Afiliasi berarti bergabung atau menjadi bagian dari orang yang menjual produk atau jasa. Sehingga tidak harus memiliki produk sendiri, istilahnya menjadi makelar. Jika seumpama berhasil menjualkan produk orang lain maka akan mendapatkan komisi sekian persen dari hasil penjualannya.

 

Dalam jual beli online, ketersediaan barang ada 2 istilah yaitu:

1.)    Ready Stock adalah barang yang sudah ada sebelum dipesan, sudah tersedia dan pengiriman barang dilakukan hari itu juga setelah transfer sejumlah uang oleh pembeli.

 

 

2.)    Pre Order adalah sistem pembelian barang dengan memesan barang dan membayar terlebih dahulu sebelum produksi dimulai, dengan tenggang waktu tunggu yang telah ditentukan. Artinya saat memesan barang belum tersedia dan pembeli harus menunggu terlebih dahulu. Apabila telah mencapai waktu yang ditentukan, barulah penjual mengirim barang ke pembeli.

 

 Cara Memulai Bisnis Online

 

Untuk memulai bisnis online yang pertama adalah menentukan produk atau jasa kita yang bisa kita jual di internet. Setelah itu membuat website. Menurut saya website sangatlah penting, di website yang kita buat bisa menampilkan produk-produk maupun jasa yang akan di tawarkan dengan data yang sedetail mungkin termasuk foto produk dan spsifikasi. Foto produk juga sangatlah penting untuk berjualan online agar orang-orang/ calon pembeli bisa melihat dengan jelas apa yang kita tawarkan atau produk apa yang akan ia dapatkan nantinya, hingga mereka tertarik untuk membelinya . Tinggal pilih saja pembuatan websitenya, baik berupa toko online atau website penjualan yang sederhana.

 

 

 

 

 

Kelebihan dan kekurangan Bisnis Online

 

1.Kelebihan bisnis online

a.Target pemasaran lebih luas

Berbisnis online bisa membuat pasar (penjualan) lebih luas lagi karena pasar bisa menjangkau seluruh pasar Indonesia langsung maupun yang lebih luas lagi ke pasar seluruh dunia tanpa merasa sulit. Karena kita bisa mengakses internet kapan dan dimana saja.

 

b.Lebih simple

 Bisnis online sangatlah menguntungkan, calon pembeli atau pelanggan kita bila ingin membeli produk atau jasa kita hanya dengan melalui online atau dengan melihat website kita kapanpun dimanapun tanpa harus repot-repot datang ke toko / tempat usaha kita.

c. Modal Relatif  Kecil

Dari segi ini mungkin ada yang membantah bisnis online juga butuh modal besar. coba berapa biaya koneksi internet anda? Jika anda pergi ke warnet tiap hari ber jam-jam betul memang tetapi jika anda melakukannya dengan sebuah konsep semua biaya tersebut dapat di minimalkan dan ingat, modal untuk gabung di bisnis online relatif lebih murah di banding bisnis offline yang harus keluar jutaan rupiah.

 

2.Kekurangan bisnis online

       a. Internet mahal

Modal yang utama adalah koneksi internet, yang di Indonesia masih lumayan tergolong mahal.

       b. Sulit membangun kepercayaan

Kepercayaan merupakan modal utama untuk melakukan suatu transaksi. Tanpa kepercayaan, konsumen akan takut atau ragu untuk melakukan transaksi.

       c. Perlunya Koneksi Yang Luas

 Penjual bisnis online, perlu memperhatikan pergaulannya dalam masyarakat. Mereka perlu memiliki koneksi yang luas agar banyak pembeli dan tidak dikatakan kuper.

 

 

 

 

Meningkatkan Bisnis Online

 

1.     Memiliki e-mail, baik yahoo, gmail atau lainnya

Email adalah surat elektronik yang berguna untuk komunikasi perantara pesan kita, serta syarat untuk memiliki atau membuat akun lainnya.

2.     Memiliki sebuah web atau blog

Memiliki sebuah web atau blog sangatlah penting yaitu sebagai alat promosi atau pengenalan produk atau jasa yang kita jual, dan banyak lagi hal yang bisa kita maksimalkan dari web atau blog itu sendiri.

3.   Promosi

Okee promosi, promosi sangatlah mudah yaitu dengan memaksimalkan apa yang kita punya. Seperti jejaring sosial baik itu Facebook, twitter, line, Instagram, Path, BBM, watsapp dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena sudah terbukti, warga indonesia baik muda, tua ataupun anak-anak sudah banyak yang bermain jejaring sosial tersebut. Jadi sangatlah banyak sasarannya untuk mempromosikan produk atau jasa kita pada mereka lewat jejaring sosial.

4.   Memilih

Sebelum itu semua yang diatas, seharusnya terlebih dahulu ada memilih produk atau jasa yang akan kita tawarkan atau kita jual. Ada banyak sekali yang bisa kita tawarkan lewat internet/online diantaranya seperti aksesoris, fashion (pakaian, sepatu, jilbab, dll), desain, elektronik dan masih banyak lagi yang lainnya. Kita tinggal memilih saja.

Sebenarnya masih banyak strategi pemasaran yang dapat kita lakukan . namun yang paling utama adalah jujur.

5.   Jujur

Jujur adalah modal akhir dan senjata paling ampuh untuk sukses dalam berbisnis. Maksudnya adalah tidak melakukan pembohongan terhadap pelnggan kita, dan jasa atau produk yang kita jual benar dan baik adanya (tidak menipu / kwalitas kurang baik).

Aktivitas apapun yang kita jalankan sebenarnya memiliki risiko, terlebih lagi untuk sebuah usaha yang dijalankan dalam upaya mewujudkan sebuah kesuksesan dalam hidup. Bisnis adalah pekerjaan penuh risiko, inilah yang menjadi alasan utama orang-orang yang enggan menekuni dunia bisnis. Bisnis adalah pekara untung-untungan yang penuh dengan risiko. Risiko bisnis yang paling parah adalah saat kita mengalami gulung tikar atau bangkrut. Kebangkrutan biasanya juga sebanding dengan skala usaha yang kita jalankan.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://mandalabisnisonline.blogspot.com/2012/12/10-cara-sukses-usaha-bisnis-online.html

http://etheses.iainkediri.ac.id/35/4/7%20BAB%20II.pdf

http://www.litaamalias.com/2015/03/karya-ilmiah-lingkungan-bisnis-bisnis.html

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.