Maret 10, 2022

Wirausaha Kopi Dimasa Pandemi COVID-19

 

Wirausaha Kopi di Masa Pandemi COVID-19

Oleh: Muhamad Rachmat Qidam (U28-Rachmat)

A.    Pendahuluan

Pandemi virus corona COVID-19 masih melanda negara-negara di dunia, termasuk Indonesia. Di beberapa daerah di Indonesia sedang menerapkan sistem Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menekan angka penyebaran COVID-19.    

Kondisi ini membuat semua aktivitas menjadi terhambat, terutama yang berhubungan dengan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Di tengah PPKM pandemic COVID-19 saat ini, banyak orang yang makin kesulitan mendapatkan penghasilan demi mencukupi kebutuhan hidup.

Walau di saat pandemi menyisakan ketidakpastian, kita harus tetap optimistis untuk mengambil peluang usaha. Membuka usaha sendiri atau berwirausaha dapat menjadi suatu peluang bagi Anda untuk menghasilkan pendapatan. Contohnya wirausaha kopi di masa pandemi COVID-19 yang dapat dicoba guna memperoleh cuan. Ide wirausaha bisa bersumber dari hobi dan pengalaman.

B.     Bebetapa Tips Untuk Mmbuka Wirausaha Kopi

keberlangsungan bisnis tetap harus berjalan agar bisnis tersebut bertahan walaupun sedang di masa- masa sulit seperti ini dengan sistem protokol yang membatasi jumlah pengunjung yang datang, pengunjung wajib menggunakan masker dan menjaga jarak satu sama lain, Toko dan tempat swalayan lainnya juga harus mensterilkan tempatnya menggunakan desinfektan, menyediakan handsanitizer dan mengecek suhu tubuh tiap pengunjung yang datang.

Tren bisnis kopi berubah akibat pandemi COVID-19, kini minum kopi sudah menjadi gaya hidup yang kemudian berkembang menjadi trend di semua kalangan, mulai dari remaja, mahasiswa, pekerja kantoran, sampai masyarakat umum. 

-          Utamakan Kualitas Produk

Meskipun harga minuman kopi cenderung lebih mahal dari produk sejenis, namun jika aroma dan citarasa kopi bisa memuaskan konsumen, hal ini pasti akan menjadi keunggulan bisnis kopi milik kamu. Aroma dan cita rasa kopi yang khas serta nikmat pasti akan membuat konsumen kembali lagi ke kedai kopi kamu.

-          Perhatikan Kepuasan Pelanggan

Mulai dari pintu masuk menuju ke dalam kedai kopi sampai tetes kopi terakhir, kamu harus pertimbangkan apa yang akan membuat konsumen menyadari kalau kedai kopimu punya keunikan. Khususnya ketika sedang mencicipi produk kopi di kedai kamu.Jangan sampai pelanggan merasa kecewa setelah membeli kopi di tempat kamu. Hal ini akan berdampak buruk untuk masa depan bisnis kopi milik kamu.

 

-          Perhatikan Eksistensi Produkmu di Media Sosial

Strategi meningkatkan omset bisnis kopi yang ketiga adalah dengan meningkatkan eksistensi kedai kopi kamu di media sosial.Ada dua cara untuk meningkatkan eksistensi di media sosial, pertama dengan beriklan dan kedua dengan meningkatkan engagement. Posting berbagai produk kopi, kegiatan yang berlangsung, atau berbagai tips yang berhubungan dengan bisnis kopi kamu secara rutin di akun media sosial.Selain itu, kamu juga perlu mengadakan giveaway atau melaksanakan kuis yang berhadiah voucher kopi secara rutin.

-          Membuat Website

Halaman website akan memperkuat brand awareness kedai kopi milik kamu di mata masyarakat. Buatlah konten dan desain yang menarik, serta ramaikan website tersebut dengan foto-foto menu minuman dan makanan lengkap dengan harganya. Jangan lupa juga untuk memuat artikel edukasi yang berhubungan dengan kuliner dan kopi!Selain sebagai strategi meningkatkan omset bisnis kopi, kamu juga memberikan pengetahuan tambahan untuk konsumen dan calon konsumen kedai kopi kamu.

-          Kedai Kopi sebagai Rumah 

Ciptakan kesan kedai kopi milik kamu seperti rumah untuk semua orang yang sedang bepergian dari tempat kerja dan rumah. Sehingga, kedai kopi tidak hanya sekedar tempat untuk membeli minuman kopi. Tetapi, dapat menjadi tempat berkumpul untuk berdiskusi dan bersosialisasi. Khususnya untuk para profesional muda, para pelajar, dan para mahasiswa. Atmosfer dan pengalaman yang menenangkan dan unik ini bisa menjadi konsep yang paling kuat untuk menarik minat para konsumen kamu.

-          Inovasi

Ciptakan ide inovatif dan kreatif dalam menambahkan pilihan jasa atau produk sebagai strategi untuk meningkatkan omset bisnis kopi. Misalnya, menambahkan varian rasa kopi yang berbeda, menyediakan fasilitas WiFi gratis, atau menambah menu makanan baru.

 

-          Luncurkan Promo Spesial

Jangan pernah ragu untuk meluncurkan promo diskon. Contohnya, target market kamu adalah para pekerja kantoran, maka kamu bisa menawarkan diskon 25% untuk cemilan dan kopi. Khususnya pada pukul 18.30 sampai 21.00. Penawaran promo diskon tersebut pasti akan menarik minat konsumen untuk mampir ke kedai kopi milik kamu.Promo ini bisa kamu lakukan secara rutin. Gunakan momen atau hari spesial seperti tahun baru, hari kemerdekaan, dan lain-lain.

-          Menyediakan Layanan Take-Away dan Delivery

Pada era pandemi, berkumpul di tempat umum adalah salah satu hal yang dibatasi oleh pemerintah pusat atau daerah. Hal ini memiliki tujuan untuk memutus mata rantai dari penyebaran virus Covid-19. Kamu bisa meningkatkan omset bisnis kopi dengan menawarkan layanan take-away dan delivery. Hal ini akan membuat kedai kopi milik kamu taat pada aturan pemerintah, lebih sehat, bersih, dan terhindar dari penyebaran Covid-19. Para konsumen pasti akan merasa lebih nyaman jika ada layanan tersebut. Sehingga, mereka bisa menikmati produk kopi kamu dengan aman di rumah saja.

-          Pengiriman dengan Membatasi Kontak secara Langsung

Ketika kamu memutuskan untuk membuka layanan delivery, batasi kontak langsung dengan konsumen saat sedang mengantar minuman atau makanan. Saat kurir datang, sebaiknya membuka cargo atau tas, kemudian meletakkan minuman atau makanan pada tempat yang disediakan oleh konsumen. Selanjutnya, kurir dapat melangkah mundur beberapa meter, lalu konsumen bisa memeriksa pesanannya. Cara ini efektif dan bisa kamu terapkan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dari tangan ke tangan. Selain itu, cara ini juga dapat menarik simpati dari pelanggan untuk berlangganan di kedai kopi kamu. Sehingga, bisa meningkatkan omset bisnis kopi di era pandemi.

 

-          Menempelkan Kartu Keterangan Pengecekan Suhu pada Kemasan Kopi

Sebagian konsumen merasa khawatir untuk memesan makanan dari luar. Salah satu cara untuk memberikan rasa aman kepada pelanggan adalah dengan menempelkan kartu keterangan pengecekan suhu tubuh karyawan kedai kopi pada kemasan kopi yang dibeli konsumen. Kartu tersebut berisikan nama karyawan yang mengolah kopi, menyajikan, dan mengirimkan makanan serta suhu tubuh masing-masing. Cara seperti ini dapat memberi rasa aman untuk para konsumen bahwa setiap karyawan yang bersentuhan dengan produk dalam kondisi sehat.

-          Menyediakan Produk Kopi Literan

Sebagian besar pemilik bisnis kopi menyediakan stok kopi ukuran 1 liter dalam kemasan botol untuk meningkatkan omset bisnis kopi. Hal ini pastinya lebih praktis dan efisien, karena konsumen dapat melakukan sekali pembelian untuk dapat dikonsumsi berkali-kali. Selain itu, cara ini lebih hemat daripada harga kopi per gelas.  Kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir hingga saat ini memang berdampak buruk bagi perekonomian bangsa.

 

 

 

C.     Mengetahui Kekurangan Dan Kelemahan

-          Kekuatan

Mengetahui kekuatan apa yang kita miliki dalam usaha yang kita buat. Usaha kopi biasanya memiliki 2 target penjualan. Mau dari rasa kopi atau suasana. Jadikan itu salah satu kekuatan kita dalam penjualan. Dan dapat dikembangkan.

-          Kelemahan

Mengetahui apa kelemahan kita dalam bisnis. Itu dapat membuat bisnis kita cepat berkembang. Contohnya: kedai yang sepi dapat membuat pemasukan berkurang kita dapat melakukan pemasaran lebih meluas.

D.    Beberapa Faktor Kegagalan Dan Keberhasilan

-          Keberhasilan

Cita rasa yang nikmat dan tempat yang bagus dapat mempengaruhi keberhasilan kita dalam berbisnis dan juga suasana tempat. Itu dapat meningkatkan omset kita.

-          Kegagalan

Manajemen yang Buruk

Contoh manajemen yang buruk adalah ketidakmampuan untuk mendengarkan, pengelolaan          mikro dan kurangnya kepercayaan satu sama lain. Anda perlu mengetahui jika bekerja tanpa standar atau sistem, komunikasi yang buruk, dan kurangnya umpan balik akan mengakibatkan bisnis Anda tidak akan bertahan lama di masa pandemi ini.

E.     Kesimpulan

Wirausaha adalah proses yang tidak instan dan mudah, bahkan pengusaha yang dikenal sukses saat ini juga mengalami jatuh bangun tetapi mereka tetap konsisten dan disiplin sehingga usaha mereka bisa kita nikmati saat ini. Sejatinya tidak ada cara cepat dan terbaik untuk menjadi seorang pengusaha. Setiap pengusaha memiliki pengalaman yang berbeda, dan bahkan ide bisnis terbaik pun memiliki kemungkinan gagal.

Namun, Anda dapat mengurangi peluang kegagalan Anda dan maju selangkah lebih baik lagi. Pendidikan, pengalaman, dan perencanaan yang tepat dapat memberikan peluang sukses yang lebih baik bagi bisnis Anda. Di samping juga faktor ketekunan dan disiplin Anda serta pemahaman bahwa resiko akan selalu ada yang membuat Anda selalu siap sedia

 

 

 

 

 

REFRENSI

https://www.kompasiana.com/tasyah399327/619b6d8e1cc83d52da76b972/bisnis-kedai-kopi-kekininian-di-masa-pandemi-covid-19

https://koinworks.com/blog/tingkatkan-omset-bisnis-kopi/

https://www.bola.com/ragam/read/4634673/contoh-contoh-wirausaha-di-masa-pandemi-covid-19-yang-bisa-mendatangkan-cuan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar