April 11, 2022

GOAL SETTING PRACTICE FOR BUSINESS SUCCES

 

 Oleh : Elsania

(@T04-Elsania)



Goal setting adalah bagian penting dari menjalankan bisnis yang sukses. Goal setting dapat memberi fokus yang jelas, memotivasi karyawan, dan menetapkan target untuk bisnis. Goal setting juga dapat memberikan seperangkat kriteria untuk melihat apakah bisnis berhasil.

Memiliki tujuan yang jelas dan terdefinisi dengan baik dapat membantu mengendalikan arah bisnis dan meningkatkan peluang untuk mencapai target bisnis yang lebih besar.

PENDAHULUAN

Goal setting (penetapan tujuan) adalah proses memutuskan apa yang ingin dicapai dan menyusun rencana untuk mencapai hasil yang diinginkan. Untuk penetapan tujuan yang efektif, seorang pengusaha perlu melakukan lebih dari sekadar memutuskan apa yang ingin di lakukan; wirausahawan juga harus bekerja untuk mencapai tujuan apa pun yang telah ditetapkan.

PEMBAHASAN

Goal setting adalah resolusi untuk mencapai hasil yang diinginkan. Baik jangka pendek atau jangka panjang, tujuan memberikan pemahaman yang jelas tentang apa yang ingin dicapai oleh perusahaan.

Goal setting (penetapan tujuan) adalah proses memutuskan apa yang ingin dicapai dan menyusun rencana untuk mencapai hasil yang diinginkan. Bagi pengusaha, goal setting adalah bagian penting dari perencanaan bisnis.

Untuk penetapan tujuan yang efektif, pengusaha perlu melakukan lebih dari sekadar memutuskan apa yang ingin dilakukan; pengusaha juga harus bekerja untuk mencapai tujuan apa pun yang telah ditetapkan. Bagi banyak orang, itu adalah bagian kedua dari definisi penetapan tujuan yang bermasalah. Mereka tahu apa yang ingin mereka lakukan dan mereka sangat bersedia untuk mengerjakannya, tetapi mereka kesulitan membuat rencana untuk mencapainya.

1.    Setting Personal and Business Goals

Formula dan strategi goal setting yang sama yang bekerja untuk tujuan bisnis juga akan bekerja untuk tujuan pribadi. Bonusnya adalah menerapkan strategi yang digunakan untuk menetapkan tujuan bisnis akan memberi kesuksesan yang lebih besar dalam mencapai tujuan pribadi.

Tujuan bisnis biasanya ditetapkan setiap tahun dan harus selaras dengan tujuan jangka panjang. Sasaran-sasaran ini harus dimasukkan ke dalam rencana bisnis dan, bila perlu, bidang-bidang tertentu seperti prakiraan penjualan.

Sepanjang tahun, pengusaha mungkin memiliki weekly, monthly, atau quarterly di mana pengusaha meninjau kemajuannya menuju tujuan tahunan (annual goal). Memeriksa hasil sangat penting untuk tetap berada di jalur saat bekerja untuk mencapai tujuan.

2.    Daily Planning

Di setiap akhir hari, pengusaha harus meninjau apa yang telah dicapai untuk hari itu dan memikirkan apa yang ingin dicapai pada hari berikutnya. Mempersiapkan daftar tugas untuk hari berikutnya setiap malam adalah praktik yang sangat baik yang akan membantu pengusaha tetap di jalur. Daily planning adalah cara yang sangat disarankan untuk meningkatkan kesuksesan bisnis. Secara teratur meninjau tujuan dan kemajuan dalam mencapainya membuat seorang pengusaha tetap fokus dan termotivasi.

3.    Goals You Can Track

Salah satu cara mudah untuk memastikan pengusaha mencapai tujuannya adalah dengan mengikuti akronim SMART, yang merupakan singkatan dari:

a.       Specific

Saat menetapkan tujuan, seorang pengusaha harus spesifik tentang apa yang ingin dicapai. Tujuan tertentu memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk dicapai. Tanyakan pada diri sendiri:

Apa yang ingin saya capai?

Mengapa tujuan itu penting?

Siapa yang terlibat?

Di manakah lokasi tujuan ini?

b.      Measurable

Penting bagi pengusaha untuk mengukur kemajuannya. Dengan menilai kemajuab, pengusaha dapat terus melacak dan mengukur apakah telah berhasil. Metode pengukuran dapat berbasis data, seperti uang yang dihemat dan jumlah pelanggan yang dilayani, atau dapat didasarkan pada hal-hal seperti umpan balik dan survei pelanggan. Bertanya pada diri sendiri:

Bagaimana saya tahu bahwa saya telah mencapai tujuan?

Berapa banyak/banyak?

Sumber informasi apa yang dapat saya gunakan untuk menentukan apakah saya telah memenuhi tujuan?

c.       Achievable

Goal harus membuat pengusaha tertantang, tetapi cukup didefinisikan untuk dapat dicapai. Periksa apakah tujuan Anda adalah sesuatu yang Anda punya waktu, uang, dan sumber daya untuk dilakukan. Bertanya pada diri sendiri:

Bagaimana tujuan ini tercapai?

Sumber daya apa yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan, dan apakah kita memilikinya?

Jika tidak, bagaimana kita bisa mencapainya?

 

d.      Relevant

Sasaran harus selaras dengan rencana jangka panjang Anda. Jika rencana jangka panjang Anda adalah agar bisnis Anda mencapai $200,000 per tahun dalam penjualan, tujuan jangka pendek Anda harus berhubungan langsung dengan pencapaian ini.

e.       Time-bound

Tanpa kerangka waktu tertentu untuk tujuan, mereka tidak dapat diukur dengan benar. Sasaran harus berisi batas waktu (misalnya, "pada akhir tahun saya ingin meningkatkan penjualan sebesar 20%").

KESIMPULAN

Penetapan tujuan yang efektif dimulai dengan pemahaman yang jelas tentang apa tujuan SMART dan kesadaran akan proses yang diperlukan untuk mencapainya.  Itu lah penjelan SMART goal dan cara menerapkannya agar target bisnis bisa dicapai dengan sukses. Metode ini sangat cocok bagi wirausahawan yang saat ini sedang ingin punya tujuan hidup dan ingin mewujudkannya.

Penetapan sasaran juga dapat memberikan seperangkat kriteria untuk melihat apakah bisnis berhasil. Memiliki tujuan yang jelas dan terdefinisi dengan baik dapat membantu seorang wirausaha mengendalikan arah bisnis nya dan meningkatkan peluang untuk mencapai target bisnis yang lebih besar.

DAFTAR PUSTAKA

https://www.thebalancesmb.com/goal-setting-2948135

https://business.gov.au/planning/business-plans/set-goals-for-your-business


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.