April 11, 2022

Goals untuk Karir yang Gemilang

Pendahuluan 

            Pada era ini persaingan dalam dunia kerja sangat bervariatif dan terkesan saling bersaing dan saling menjatuhkan demi tercapainya target yang ingin di capai. 

            Tapi dalam kita berkompetisi dalam dunia kerja ataupun bisnis perlunya kita bersaing secara sehat dan saling membangun untuk menjadikan negara tercinta kita ini maju dan sudah semesetinya mampu bersaing bersaing di dunia Internasional bukan hanya Domestik.   

Pembahasan

Process goals adalah target yang dapat di kendalikan sepenuhnya, seperti hasil yang didasarkan pada tindakan atau tugas tertentu yang seseorang selesaikan. Menetapkan process goals berarti harus mengidentifikasi apa yang sebenarnya harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang lebih besar. Sebagai contoh, seseorang dapat menetapkan process goal seperti melaksanakan pelatihan pegawai dua kali selama setahun. Hal ini adalah goals yang mudah diukur. Kita bisa memilih untuk melaksanakannya atau tidak.

Performance goals adalah standar kinerja (performance) yang ingin dicapai. Biasanya, performance goals adalah tujuan berjangka pendek yang ditetapkan untuk tugas tertentu. Seiring berjalannya waktu, performance goals akan terus berkembang mengikuti tujuan bisnis seseorang. 

Performance goals dapat berupa kesepakatan antara pemberi kerja dan karyawan, atau dapat berupa inisiatif pribadi karyawan untuk memenuhi atau melampaui target kerja mereka sendiri dan meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan promosi. Contoh nya adalah meningkatkan customer service bisnis seseorang, menciptakan produk baru atau membuka cabang baru, dan lainnya.

Goals setting adalah sebuah proses dalam mengambil langkah bertujuan untuk mencapai hasil sesuai keinginan. Adanya target mengetahui bagaimana kinerja yang di inginkan terutama dalam dunia kerja.

Seseorang yang memiliki tujuan atau visi dalam hidupnya memiliki kejelasan dari setiap langkah. Termasuk hal ini diterapkan dalam dunia kerja sehingga lebih berprestasi dan hidupnya menjadi berkualitas.

Maka dari itu tidak ada waktu terlambat untuk segera memulainya. Pelajari bagaimana langkah-langkah yang tepat sehingga mampu membuat target terbaik dalam dunia kerja.

A.    Langkah untuk Bisa Membuat Goals Setting dalam Pekerjaan

Setiap orang haruslah memiliki goals setting atau target yang ingin dicapai dalam pekerjaan. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari target tersebut harus selalu ada dengan menggunakan beberapa langkah berikut ini.

1.      1. Tetapkan tujuan dari bekerja

Memiliki tujuan kenapa harus bekerja sangat penting sehingga Anda memiliki semangat untuk lebih baik. Misalnya bekerja karena ingin hidup lebih baik, memiliki banyak aset, mengembangkan prestasi dan banyak lainnya.

Berbagai tujuan tersebut dapat dijadikan sebagai visi jangka panjang sehingga ada semangat dan bukan sekedar mengejar gaji. Anda menjadi tahu makna dari pekerjaan dan hidup sendiri sehingga memiliki arah positif.

Bayangkan jika tidak memiliki tujuan sama sekali pasti akan malas pada saat bekerja, bangun kesiangan. Hal ini membuat kekacauan dalam hidup dan berpengaruh langsung 

2.      2. Menggunakan metode SMART

Langkah terbaik untuk mencapai goals setting adalah dengan menggunakan metode SMART. Metode ini banyak digunakan dan terbukti memberikan manfaat positif dalam mewujudkan target dalam bekerja.

S : Spesific yang artinya sangat jelas tentang apa, kapan dan dimana Anda harus mencapai target tersebut. Misalnya Anda ingin naik jabatan maka tentukan secara jelas kapan dan bagaimana caranya.

M : Measurable yaitu dapat diukur dari segi target dengan adanya patokan ukuran realistis. Misalnya ingin gaji Rp 4.000.000 dalam satu tahun sudah Rp 3.000.000 berarti tahun depan harus dicapai.

A : Attainable yaitu realistis sehingga tidak mustahil untuk dicapai namun juga tidak terlalu mudah. Contoh ingin memiliki tabungan Rp 50.000.000 dalam waktu 2 tahun namun saat ini tidak bekerja.

R : Relevant artinya sesuai dengan tujuan Anda jangka panjang seperti ingin menjadi karyawan hebat. Bukan malah malas-malasan tidak menyelesaikan pekerjaan sehingga justru sering mendapatkan teguran dari atasan.

T : Timely artinya setiap goals setting yang sudah dibuat haruslah memiliki batas waktunya atau deadline. Dengan deadline membuat Anda menjadi lebih bersemangat sehingga tidak memiliki kebiasaan untuk menunda pekerjaan.

3.      3. Membuat target atau goals tertulis

Langkah selanjutnya adalah Anda harus membuat target atau goal tertulis jadi bukan sekedar menjadi angan-angan saja. Tulisan fisik yang jelas sehingga mudah dibaca membuat target tersebut terlihat sangat nyata.

Gunakan kata-kata motivasi yang sederhana, mudah diingat dan mengandung makna sangat mendalam. Misalnya tahun ini saya harus menjadi kepala bagian dengan cara meningkatkan kinerja dan selalu disiplin.

Letakkan tulisan tersebut di tempat strategis agar mudah dilihat dan dibaca sehingga memudahkan sebagai pengingat. Semakin sering Anda mengingatnya maka akan semakin bersemangat untuk segera mewujudkannya.

4.      4. Membuat action plan

Jangan sekedar menuliskan goals setting namun buatlah cara mewujudkannya secara realistis. Sehingga mimpi tersebut bukan menjadi hal yang mustahil namun akan lebih mudah diwujudkan secara perlahan.

Tetapkan langkah apa saja yang harus dilakukan sehingga perjalanan waktu tidak terbuang begitu saja. Jangan sepelekan langkah kecil dan jangan pernah merasa waktu itu panjang sehingga terus bersantai.

Memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mulai dari hal-hal kecil membuat Anda bisa mencapai hal besar. Seperti melakukan setiap pekerjaan dengan sebaik-baiknya untuk terus selalu belajar membuat peluang terbuka lebar.

5.      5. Konsisten pada tujuan

Langkah terakhir adalah dengan konsisten pada setiap tujuan untuk mencapai mimpi Anda dalam bekerja. Perlu disadari rintangan akan selalu ada baik dari dalam diri sendiri maupun dari lingkungan pekerjaan.

Maka konsisten pada tujuan yang akan dicapai menjadi pegangan kuat agar lebih teguh dalam perjalanan waktu. Butuh kerja keras, komitmen dan juga kesabaran karena memang tidak mudah untuk mencapai targetnya.Memiliki target, mimpi ataupun tujuan kenapa Anda harus bekerja sangatlah penting agar tidak sekedar mengejar uang. Dengan langkah-langkah pasti membuat goals setting lebih memungkinkan untuk diwujudkan.

Daftar Pustaka

Modul 6 Kewirausahaan 2 “Realisasi Usaha,Leadership and Management, Re-Goaling and Setting Objective,Reaching Goal Safely,Literation”

https://codemi.co.id/goals-setting-dan-manfaatnya-untuk-perkembangan-karir/

https://www.mindtools.com/page6.html

https://samahitawirotama.com/menetapkan-goal-setting-dengan-okr/

https://taptalk.io/blog/goal-setting-panduan-untuk-mencapai-goal-bisnis/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.