April 11, 2022

Kepemimpinan Dalam Berwirausaha

 Oleh : Gilang Ramadhan

(@T07-Gilang)



A. Konsep pemimpin

Pengertian kepemimpinan adalah faktor kunci dalam suksesnya suatu organisasi serta manajemen. Kepemimpinan adalah entitas yang mengarahkan kerja para anggota organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Kepemimpinan yang baik diyakini mampu mengikat, mengharmonisasi, serta mendorong potensi sumber daya organisasi agar dapat bersaing secara baik. Konsep kepemimpinan telah banyak ditawarkan para penulis di bidang organisasi dan manajemen. Kepemimpinan tentu saja mengkaitkan aspek individual 67 seorang pemimpin dengan konteks situasi di mana pemimpin tersebut menerapkan kepemimpinan. Kepemimpinan juga memiliki sifat kolektif dalam arti segala perilaku yang diterapkan seorang pimpinan akan memiliki dampak luas bukan bagi dirinya sendiri melainkan seluruh anggota organisasi

Menurut Ordway Tead, Kepemimpinan adalah kegiatan untuk mempengaruhi orang-orang  agar orang-orang itu bekerjasama mencapai tujuan yang mereka inginkan. Sedangkan menurut George R. Terry, Kepemimpinan merupakan kegiatan untuk mempengaruhi orang-orang agar orang-orang itu mencapai tujuan kelompok. Jadi kepemimpinan adalah proses mengarahkan perilaku orang lain ke arah pencapaian suatu tujuan tertentu. Pengarahan dalam hal ini berarti menyebabkan orang lain bertindak dengan cara tertentu atau mengikuti arah tertentu. Seorang pemimpin dikatakan berhasil jika percaya pada pertumbuhan yang berkesinambungan, efisiensi yang meningkat dan keberhasilan yang berkesinambungan dari perusahaan.

B. Jenis-Jenis Kepemimpinan

·         Kepemimpinan Transformasional

Kepemimpinan yang transformasional merupakan pemimpin yang membimbing atau memotivasi pengikutnya menuju sasaran yang ditetapkan dengan memperjelas peran atau persyaratan tugas dan mampu menumbuhkan dampak yang dalam pada para pengikutnya.

·         Kepemimpinan Karismatik- visioner

Karakteristik pemimpin karismatik yaitu : 1) mempunyai visi; 2) mampu menyampaikan visi tersebut dengan jelas dan mudah dipahami; 3) berani menambil resiko untuk mencapai visi itu; 4) sensitif terhadap kendala lingkungan dan kebutuhan pengikutnya; 5) menunjukkan perilaku diluar kebiasaan.

Sedangkan karakteristik pemimpin visioner yaitu : Memiliki kemampuan dalam menjelaskan visinya kepada orang lain melalui pidato- pidato yang memukau dan memancing orang untuk bergabung.; Memiliki kemampuan mengungkapkan visi;  Memiliki kemampuan untuk memperluas dan menerapkan visi dalam berbagai konteks yang berbeda-beda.

·         Kepemimpinan Tim

Kepemimpinan Tim dapat dibagi ke dalam tiga peran, yaitu : Pemimpin Tim adalah penghubung dengan pihak luar; Pemimpin Tim adalah penyelesai masalah; Pemimpin ini adalah manajer konflik.

C. Tipe Kepemimpinan Berwirausaha

Dalam memimpin, seorang pemimpin memiliki tipe dan cirri khas yang berbeda-beda. Dibawah ini merupakan tipe-tipe kepemimpinan menurut kartini kartono (1983) adalah sebagai berikut:

·         Tipe Kharismatik: Pemimpin kharismatik merupakan  kekuatan energi, daya tarik luar biasa yang diikuti oleh para pengikutnya.

·         Tipe peternalistis dan maternalistis; Tipe pemimpin ini bersikap melindungi bawahan  sebagai seorang bapak atau sebagai ibu yang penuh kasih sayang.

·         Tipe militeris: Tipe pemimpin ini banyak menggunakan system pemerintah, system komando, dari atasan kebawahan sifatnya keras, sangat otoriterm, menghendaki bawahan agar selalu patuh, penuh acara formalitas.

·         Tipe otokratis: Tipe pemimpin ini berdasarkan kepada kekuasaan dan paksaan yang mutlak dan harus dipatuhi. Pemimpin ini selalu berperan sebagai pemain tunggal, dan kekuasaan yang bersifat absolut.

·         Tipe Laissez faire: Tipe pemimpin ini membiarkan karyawan berbuat semaunya sendiri, semua pekerjaan dan tanggung jawab dilakukan oleh bawahan. Pemimpin hanya merupakan symbol yang tidak memiliki ketrampilan.

·         Tipe populistis: Tipe pemimpin ini mampu menjadi pemimpin rakyat . dia berpegang pada nilai-nilai masyarakat tradisional.

·         Tipe Administratif: Pemimpin tipe ini merupakan pemimpin yang mampu menyelenggarakan tugas-tugas administrasi secara efektif sehingga diharapkan muncul perkembangan teknis, manajemen modern dan perkembangan sosial.

·         Tipe Demokratis: Tipe pemimpin ini berorientasi pada manusia dan memberikan bimbingan pada pengikutnya. Tipe pemimpin ini juga menekankan pada rasa tanggung jawab dan kerjasama yang baik antar karyawan.

 

C. Peran peran penting leadership

Pergerakan dari sebuah kelompok, organisasi, dan institusi tentu sangat dipengaruhi oleh seorang pemimpin. Bahkan pemimpin juga yang menentukan kesuksesan dari sebuah tim tersebut. Bagi sebuah perusahaan, leadership menjadi salah satu faktor penentu paling besar untuk keberhasilan dalam mencapai target. Berikut peran peran penting leadership

       Menyusun kebijakan tim

       Mendelegasikan tugas

       Mengkoordinasikan semua elemen perusahaan

       Melakukan evaluasi

       Mengendalikan wewenang anggotadalam perusahaan

 

D. Pentingnya Kepemimpinan dalam Kewirausahaan

Kepemimpinan adalah proses mengarahkan perilaku orang lain kearah pencapaian suatu tujuan tertentu. Pengarahan dalam hal ini berarti menyebabkan orang lain bertindak dengan cara tertentu atau mengikuti arah tertentu. Wirausahawan yang berhasil merupakan pemimpin memimpin para karyawannya dengan baik. Seorang pemimpin dikatakan berhasil jika percaya pada pertumbuhan yang berkesinambungan, efisiensi yang meningkat dan keberhasilan yang berkesinambungan dari perusahaan. Para wirausaha memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda, mereka mengembangkan gaya kepemimpinan mereka sendiri sesuai dengan karakter pribadi mereka dalam memajukan perusahaannya.

Kepemimpinan dibutuhkan dalam Kewirausahaan agar pelaksanaan dalam berwirausaha dapat terorganisir dengan baik. Karena hakikatnya kepemimpinan merupakan  proses mengarahkan perilaku orang lain ke arah pencapaian suatu tujuan tertentu, sehingga dengan adanya kepemimpinan suatu usaha akan terorganisir dan mencapai tujuan.Dalam berwirausaha dibutuhkan sosok yang dapat memimpin dan bertanggung jawab dalam mengurus dan mengelola suatu usaha.

Pemimpin merupakan jabatan tertinggi yang memiliki tugas-tugas yang sangat penting dan vital dalam kewirausahaan seperti pengambil keputusan, penanggung jawab tindakan yang dilakukan oleh setiap bawahannya, memberikan wewenang, dan lain-lain. Sehingga pemimpin menentukan tumbuh dan berkembangnya sebuah organisasi, ke arah mana jalannya sebuah organsasi tersebut. Bila dalam mengelola suatu usaha tidak ada pemimpin, maka akan terjadi kekacauan dan kerancuan dalam pembagian tugas-tugas yang mengakibatkan kebangkrutan. Sehingga pemimpin merupakan salah satu syarat utama dalam berwirausaha.

 

Referensi

https://www.academia.edu/38171963/MAKALAH_LEADERSHIP_DAN_KEWIRAUSAHAAN

Modul 6 Kewirausahaan 2 “Realisasi Usaha,Leadership and Management, Re-Goaling and Setting Objective,Reaching Goal Safely,Literation”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.