April 11, 2022

Kepemimpinan dalam wirausaha


Oleh : Pasca Fitri Pratama (@T19-Pasca)

Pendahuluan

 

            Kepemimpinan adalah sebuah skill yang dimiliki berkat keterampilan, keberanian, kecerdasan dan juga pengaruh serta tanggung jawab yang dimiliki seseorang.

            Dalam Wirausaha, kepempinan diperlukan untuk menjaga agar organisasi tersebut tetap berada di lingkaran yang sama agar dapat terus berjalan kearah yang sama. Pemimpin diperlukan untuk mengendalikan, mengawasi sekaligus bertanggung jawab terhadap operasional.

            Hal ini berarti kepemimpinan merupakan hal yang tak terpisahkan dari wirausaha. Karena wirausaha merupakan salah satu bidang yang penuh resiko namun sekaligus memiliki banyak peluang.


 -       Definisi Ke-pemimpin-an

Pemimpin adalah seseorang yang memiliki wewenang dan tanggung jawab serta memiliki pengaruh , membimbing, mengawasi dan mengarahkan orang atau organisasi yang dipimpin.

Sedangkan kepemimpinan adalah perilaku seseorang yang dapat memberi pengaruh kepada orang-orang disekitarnya serta kemampuan seseorang dalam memimpin atau menjalankan tugasnya, atau kepemimpinan adalah sikap dari seorang pemimpin.

Kepemimpinan menurut ahli :

Kepemimpinan Menurut Fiedler :

Kepemimpinan merupakan pola hubungan antara individu-individu yang menggunakan wewenang dan pengaruhnya terhadap kelompok orang agar bekerja bersama demi tercapainya tujuan organisasi.

Kepemimpinan menurut Wahjosumidjo (1987:11)

Kepemimpinan pada hakikatnya adalah suatu hal yang melekat pada seorang pemimpin yang memiliki sifat ternteu seperti kepribadian, kemampuan dan kesanggupan.

Kepemimpinan dapat dikategorikan juga sebagai rangkaian kegiatan pemimpin yang tidak dapat dipisahkan dengan kedudukan serta gaya atau perilaku pemimpin itu sendiri.






-       Kenapa organisasi (usaha) memerlukan pemimpin ?

Jika dalam sebuah organisasi memiliki beberapa orang yang memiliki pola pikirnya masing-masing sehingga tidak memiliki satu tujuan yang terarah dengan jelas, maka organisasi tersebut bisa saja berantakan, terlebih lagi jika tidak ada orang yang dapat menghimpun atau mempengaruhi orang-orang tersebut.

Pemimpin diperlukan untuk mengatur, mengawasi, mengarahkan, membimbing serta bertanggung jawab atas segala apapun juga yang terjadi di dalam organisasi walaupun setiap-tiap kegiatan juga melibatkan banyak orang atau anggota organisasi tersebut.

Jika terdapat seorang pemimpin maka diharapkan perusahaan atau organisasi akan berjalan dengan semestinya, teratur serta terarah. Terlebih lagi setiap anggotanya bisa jadi akan memiliki visi atau tujuan yang sama pula karena berkat seorang pemimpin, saran-saran atau masukan yang membangun akan ditentukan dan direalisasikan, hal ini karena proses yang dilalui yaitu satu pintu , lewat peran seorang pemimpin.

Sedangkan kepemimpinan lebih kepada sikap seorang pemimpin yang ingin membuat bawahan atau rekan kerja setim yang lain lebih berkembang, salah satu sifat seorang pimpinan adalah tidak ingin lebih pintar atau lebih-lebih dalam segala hal dibanding yang lain, sehingga ia akan selalu terbuka menerima masukan ataupun saran sekaligus memberikan koreksi jika memang saran yang diberikan oleh rekan yang lain dirasa kurang tepat.

-       Fungsi-fungsi penting kepemimpinan

Kepemimpinan memiliki fungsi-fungsi yaitu :

1.    Fungsi instruktif, yaitu menempatkan dirinya sebagai pengambil keputusan dan pemveri tugas kepada anggotanya untuk menjalankan semua instruksi yang diberikan.

2.    Fungsi delegasi , yaitu fungsi untuk mewakili permusyawarahan yang berlangsung baik antar sesame anggota maupun dengan orang diluar organisasi.

3.    Fungsi partisipasi, yaitu fungsi untuk mendorong semua anggota atau pengikutnya untuk berperan aktif dalam organisasi sehingga pengaruh yang diberikan mampu membuat kemajuan bagi perusahaan.

4.    Fungsi pengendalian, yaitu fungsi untuk mengendalikan segala aktivitas ataupun pekerjaaan yang dilakukan oleh anggotanya yang dikerjakan secara efektif untuk mencapai tujuan.

5.    Fungsi konsultatif, yaitu fungsi yang dimana pemimpin menempatkan dirinya sebagai pendengar tentang konsultasi para anggota atau bawahannya, sehingga anggota atau bawahannya dapat mendapatkan saran atau masukan yang membangun.

https://www.merdeka.com/jabar/pengertian-kepemimpinan-beserta-fungsi-dan-tujuannya-kln.html

http://wartawirausaha.com/2017/11/perbedaan-antara-manajemen-dan-jiwa-kepemimpinan-dalam-bisnis/

https://formasibisnis.com/artikel/pengertian-kepemimpinan-atau-leadership-menurut-para-ahli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.