April 04, 2022

LITERASI MEMBANGUN JIWA WIRAUSAHA

 LITERASI MEMBANGUN JIWA WIRAUSAHA


Oleh : Muhammad Azfar Anas (@T06-Azfat)


Secara garis besar, literasi sendiri ialah istilah umum yang merujuk pada kemampuan dan keterampilan seseorang dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, juga memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan seseorang dalam berbahasa. Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Dalam perkembangannya, definisi literasi selalu berevolusi sesuai dengan tantangan zaman.

Literasi kewirausahaan merupakan pemahaman seseorang terhadap wirausaha dengan berbagai karakter positif, kreatif, dan inovatif dalam mengembangkan peluang-peluang usaha menjadi kesempatan usaha yang menguntukan dirinya dan masyarakat atau konsumennya. Budaya literasi membuat seorang manusia melek informasi dan teknologi. Di abad informasi ini, ada slogan yang mengatakan bahwa siapa yang menguasai informasi, maka dia yang akan menguasai dunia. Oleh karena itu, informasi bukan hanya ditunggu tetapi harus dijemput. Literasi pada berbagai bidang akan melahirkan keberpahaman, kreativitas, dan inovasi baru yang akan bermanfaat dalam kehidupan. Bukan hanya memperbaharui atau meningkatkan kualitas produk lama, tetapi juga bisa menghasilkan produk baru.

Budaya literasi juga akan membuat seseorang tanggap terhadap peluang-peluang baru. Munculnya ekonomi kreatif dan usaha-usaha baru merupakan alternatif untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Dengan adanya internet, banyak usaha yang sudah dilakukan secara online. Walau demikian, usaha yang dilakukan secara online,dianggap sebagai ancaman bagi usaha-usaha konvensional karena yang sulit bersaing. Terjadinya bentrokan antara pengusaha jasa angkutan online dengan pengemudi ojek, sopir-sopir taxi dan angkot kovensional adalah sebagai dampak persaingan antara kedua moda bisnis angkutan tersebut.

 Manfaat Literasi

Setelah melihat tujuan literasi yang begitu baik, hal ini tentunya masyarakat akan mendapatkan berbagai manfaat darinya, dan adapun beberapa manfaat literasi ialah sebagai berikut:

1. Menambah perbendaharaan kata “kosa kata” seseorang.
2. Mengoptimalkan kinerja otak karena sering digunakan untuk kegiatan membaca dan menulis.
3. Mendapat berbagai wawasan dan informasi baru.
4. Kemampuan interpersonal seseorang akan semakin baik.

KESIMPULAN

Perkembangan teknologi memang tidak dapat dipungkiri akan menyebabkan berkurangnya kebutuhan tenaga manusia dan punahnya usaha-usaha konvensional dan sulit mengubah pola pikir dan strategi usahanya. Budaya literasi bukan hanya sekedar kegiatan membaca atau menulis saja, tetapi bisa menjadi dasar untuk membangun atau menumbuhkan jiwa kewirausahaan kepada setiap orang, utamanya kepada para siswa sebagai calon-calon pemimpin dan akan melanjutkan pembangunan bangsa dan bersaing di era global.

REFERENSI

https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2019/02/15/511/972301/masyarakat-diajak-membangun-jiwa-wirausaha-dengan-literasi

https://unsoer.ac.id/dunia-kampus/pengertian-literasi-menurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip/

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.