April 04, 2022

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM BERWIRAUSAHA

Rizky Dimas Dhayana

@T24 – Dimas

 

Kreativitas merupakan sebuah kemampuan untuk menciptakan sesuatu. Sedangkan inovasi merupakan sebuah keammpuan untuk mengembangkan dan memperbarui sesuatu. Kreatif dan inovatif sangat erat kaitanya dengan kegiatan berwirausaha. Semua orang yang berwirausaha harus memiki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru sehingga nantinya dapat menarik pelanggannya. Oleh karena itu pengembangan kreativitas dan inovasi sangat dibutuhkan dalam diri seorang wirausahawan. Tidak ada kesuksesan seorang wirausahawan tanpa adanya kreativitas dan inovasi yang dimiliki. Daya kreativitas tersebut selayaknya dilandasi dengan cara berpikir yang maju, ide baru, dan berbeda dibandingkan produk-produk yang telah ada. Jika pebisnis mampu memaksimalkan kreativitas untuk melahirkan sebuah inovasi, maka bisnis yang dikelola akan mampu pula tampil berbeda dibandingkan dengan bisnis serupa lainnya. 

Menurut Deakins, Bensemann & Battisti (2016), setiap orang pasti mempunyai tingkat kreatifas tertentu, seseorang yang mempunyai kemampuan dibidangnya tentu lebih kreatif dibandingkan dengan lainnya. Seorang wirausahawan merupakn seseorang pemikir yang kreatif, dan mereka memiliki pemikiran yang berbeda dari kebiasaan yang sering dilakukan orang lain. Seseorang wirausahawan yang kreatif tentu akan membuat sebuah inovasi - inovasi terbaru untuk mengembang produk di milikinya. Menurut Abdullah (2016), Inovasi produk dilakukan dengan cara memeperbaiki produk yang sudah ada menjadi sebuah produk baru yang lebih baik dan menarik. Melakukan inovasi pada produk merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam kegiatan berwirausaha. Biasanya inovasi produk dapat dilakukan dengan mengubah desain, komponen serta bentuk produk tersebut. Hal tersebut tentu akan menarik perhatian para pelanggan. Pada umumnya para pelanggan lebih menginginkan produk – produk yang inovatif sesuai dengan apa yang mereka inginkan (Aang Curatman, 2016). Ketika seorang wirausahawan mampu menciptakan inovasi produk terbaru, maka seorang wirausahawan tersebut selangkah lebih maju dibandingan dengan yang lainnya.

Gambar 1 : Ilustrasi ide kreatif

 

Sebagai seorang wirausahawan, kita harus pandai – pandai dalam mengembangkan dan menggali kreativitas serta inovasi dalam diri. Seorang wirausahawan harus dapat mengubah cara berpikir negatif menjadi pikiran yang lebih positif. Seorang wirausahawan yang berpikir positif akan lebih percaya diri dalam mengembangkan kreatifitasnya. Jangan pernah merasa takut untuk mencoba hal – hal baru. Dengan sikap rasa ingin tau yang tinggi seseorang akan semakin berfikir secara kreatif. Hal-hal yang baru membuat kita akan lebih bisa meningkatkan kreatifitas, bahkan menggali kreatifitas kita. Menjadi seorang wirausahawan seseorang harus memiliki sikap percaya diri, hal ini merupakan satu hal yang sangat wajib untuk dimiliki seorang pengusaha. Dengan bekal sikap percaya diri seorang wirausahawan akan terus melakukan dan menciptakan hal – hal baru tanpa ada rasa takut untuk gagal. Menjadi seorang pembisnis juga tidak boleh merasa takut untuk gagal, Orang-orang kreatif adalah mereka yg gagal ratusan kali. Tapi mereka mengambil pelajaran dari kegagalan itu sebagai peluang untuk mencoba lagi dengan cara yg berbeda dan mungkin lebih baik. Kegagalanlah yg secara langsung menyebabkan kreatifitas. Selain itu seorang wirausahawan harus tetap berusaha dan berdoa, sebab tanpa doa kesuksesan sebuah usaha tidak ada artinya.

Setiap orang yang berwirusaha tentu menginginkan keberhasilan pada usahanya tersebut. Namun dalam berpikir kreatif tentu tidak semudah yang dibayangkan, pastinya banyak tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh para wirausahawan. Hambatan tersebut bisa berasal dari banyak hal dan faktor, seperti hambatan yang dibuat sendiri. Hambatan-hambatan tersebut hendaknya diminimalisir atau justru dihilangkan karena dalam berwirausaha, kreatifitas sangatlah dibutuhkan dan jangan sampai hambatan menjadi permasalahan yang membuat ide kreatif kita tidak berkembang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kreatifitas wirausaha merupakan kemampuan seseorang untuk menuangkan ide dan gagasan melalui berfikir kreatif menciptakan sesuatu yang menuntut pemusatan, perhatian, kemauan, kerja keras dan ketekunan.


Gambar 2 : Berfikir kreatif

 

 Kreatif dan inovatif menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis untuk memenangkan persaingan pasar. Dengan menciptakan produk yang baru dan berbeda dengan produk lainnya akan menjadi nilai lebih dibandingkan dengan produk lainnya. Dengan adanya kreativitas dan inovasi pada bisnis yang dijalani sangatlah penting. Sebuah bisnis tidak akan berhasil jika pelaku usahanya tidak memiliki kreativitas dan inovasi dalam menjalankan bisnisnya. Oleh karena itu, sebagai seorang entrepreneur dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif di setiap situasi dan berani menjawab semua tantangan dengan cara mereka sendiri.

Gambar 3 Skema Pentingnya Kreativitas dan Inovasi dalam berwirausaha

 

DAFTAR PUSTAKA

Amir, D. M. F. (2014). Kreativitas & Inovasi Dalam Bisnis : Menggali Potensi Diri untuk Berkreasi dan Berinovasi. Jakarta: Mitra Wacana Media

Rintan Saragih. (2017). A Membangun Usaha Kreatif, Inovatif Dan Bermanfaat Melalu Penerapan Kewirausahaan Sosial. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, LMII, Indonesia.

Wiyono, Harsono, Dkk. (2020). Kreativitas Dan Inovasi Dalam Berwirausaha. Jurnal Usaha. Vol 1, No. 2

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.