April 03, 2022

Menggali kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha

 

Menggali kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha

Oleh : Ahmad Marsudin (41620110051)

(@T17-Marsudin)

Teknik Industri, Universitas Mercu Buana Jakarta

 

Pendahulan

Kreativitas adalah aktivitas kognitif yang menghasilkan cara baru dalam memandang suatu masalah atau situasi. Kreativitas tidak terbatas pada menghasilkan hal-hal baru yang bersifat    praktis, tetapi    boleh    jadi    hanya merupakan    suatu    gagasan    baru.    Sebagai gagasan baru adakalanya juga tidak dapat menjamin penyelesaian masalah. Oleh karena itu, pandangan ini lebih menekankan kreativitas   pada   cara   pandang   yang   baru terhadap suatu masalah atau situasi, dan bukan pada suatu karya baru yang memiliki nilai kegunaan praktis menurut Ananta, dkk (2014) dalam Suharnan, 2001.

kreativitas adalah inisiatif terhadap suatu produk atau  proses  yang bermanfaat,  benar,  tepat,  dan  bernilai terhadap suatu tugas yang lebih bersifat heuristic yaitu  sesuatu  yang  merupakan pedoman,  petunjuk,  atau  panduan  yang tidak  lengkap  yang  akan  menuntun  kita untuk    mengerti,    mempelajari,    atau menemukan sesuatu yang baru. Menurut Wahyuningsih (2020).

Menurut Wahyuningsih (2020) dalam Hendro (2011:119) Inovasi atau sering disebut teori inovasi adalah  suatu  teori  yang  berlandaskan sesuatu yang tidak mungkin “impossible”untuk diwujudkan menjadi mungkin “possible”.Sebagian   besar penemu  dunia  mengacu  pada  konsep “Innovation  Theory”, yang    berpikir bahwa   sesuatu   yang   tidak   mungkin, tidak    terpecahkan,    dan    tidak    bisa terselesaikan   akan  menjadi   mungkin bagi   mereka,   tentunya   dengan   usaha yang  tidak  kenal  menyerah. Akan jadi apa dunia ini jika tidak ada inovator - inovator hebat, seperti Thomas Alva Edison, yang membuat riset dan mencari kawat yang tahan panas hingga membuat percobaan sebanyak 2000 kali, Graham Bell dengan teleponnya, Marconi dengan radionya, dan masih banyak lagi orang yang sensasional dan spektakuler di abad ke-18 hingga   abad ke-20. Seorang smart and good entrepreneur, yang mengetahui bahwa Teori ini ialah landasan untuk menemukan suatu ide bisnis dan peluang, mulai berpikir dari sesuatu yang tidak mungkin untuk dibuat menjadi mungkin dan spektakuler.

Dari pengertian diatas, inovasi adalah suatu ide, gagasan yang digunakan   dalam   memecahkan   suatu masalah   atau menyelesaikan masalah dengan   yang   tidak   mungkin   terjadi “impossible” dan dapat diwujudkan menjadi mungkin “possible”.  inovasi lebih luas dan masuk dalam kehidupan sehari-hari dan tidak  semua  inovasi  itu berbentuk  penemuan  dan belum  tentu baru  melainkan  bisa  saja  hanya  suatu terobosan, ide ,gagasan, metode dan lain sebagainya. Menurut Wahyuningsih (2020) dalam Hendro (2011:119)

 


 

Hasil dan Pembahasan

Berpikir   kreatif   sama   halnya   dengan daya   imajinasi.   Imajinasi   sintetik   berfungsi menyusun konsep lama, gagasan atau rancangan lama menjadi satu kombinasi baru berdasarkan bahan yang telah ada berdasarkan pengalaman, pendidikan dan pengamatan. Imajinasi   kreatif   berfungsi   menghubungkan kemampuan pikiran individu terbatas langsung bersentuhan dengan alam kecerdasanya yang tak terbatas, sehingga menghasikan gagasan dasar yang benar-benar baru. Ananta, dkk (2014)

Menurut Ananta, dkk (2014) Minat    wirausaha    perlu    dilihat    dari perspektif yang lebih khusus. Potensi dan daya kreasi optimal akan mendukung siswa mandiri, berkualitas   dalam   mengisi   lapangan   kerja. Pembentukan   minat   wirausaha   pada   siswa akan  mempercepat  pencapaian  visi  dan  misi penciptaan   usaha   mandiri   yang   berkualitas bagi    setiap    lulusan.    Penelitian    ini    akan membahas  minat  wirausaha  siswa  SMK  dari perspektif konsep diri dan kreativitas.

Masih menurut Ananta, dkk (2014) wirausaha yang sukses adalah individu yang memiliki konsep diri positif. Pemahaman diri yang baik tentang kelebihan dan kekurangan, keyakinan tentang diri, ide-ide, pikiran-pikiran dan kreativitas untuk berhubungan dengan individu lain.

Menurut Wiyono, dkk (2020) dalam Penelitian Hadiyati (2011) menyimpulkan bahwa kreativitas dan inovasi berpengaruh secara simultan terhadap kewirausahaan dengan variabel inovasi yang mempunyai pengaruh yang lebih besar.

Jadi dalam berinovasi itu harus ditingkatkan, menurut Wiyono, dkk (2020) dalam (Rusdiana 2014) Cara dalam hal untuk meningkatkan kemampuan inovasi di bidang produk dan pelayanan adalah : a. Mempelajari inovasi dari pengalaman yang ada b. Memberikan penghargaan kepada karyawan yang memiliki gagasan inovasi c. Berorientasi pada perilaku untuk berinovasi d. Menetapkan tujuan berinovasi e. Membuat produk penuh inovasi dengan cara-cara yang sederhana f. Memulai membuat produk dengan inovasi yang paling kecil g. Melakukan percobaan dan perbaikan h. Mengikuti alur jadual yang sudah ditentukan dalam berinovasi i. Bekerja selalu dengan  semangat dan mempunyai keyakinan yang kuat akan inovasi dan risiko.

Menurut Wiyono, dkk (2020) dalam (Mustikawati 2014) memberikan kesimpulan bahwa, melalui proses inovasi UKM (Usaha Kecil dan Menengah) Sentra Malang, terbukti mampu mengembangkan  produk  baru  serta  melakukan  pengembangan  pada  pasar sehingga  dapat  bertahan  hidup. Inovasi yang telah dilakukan dipergunakan sebagai dasar dalam berbisnis untuk meningkatkan keunggulan kompetif dalam jangka panjang.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pencapaian keberhasilan menurut Wiyono, dkk (2020) dalam (Rusdiana 2014) Beberapa hal yang dapat memberikan tercapainya keberhasilan dalam menciptakan inovasi adalah: a. Suasana inovasi dan visi, yaitu mempunyai visi yang sederhana dan gamblang serta memberi dukungan yang serius untuk mewujudkan suasana inovasi b.  Orientasi pasar, yaitu berlandaskan visi mereka yang ada dalam pasar c. Organisasi yang datar dan kecil d. Proses belajar interaktif, yaitu dalam suatu unit organisasi yang inovasi, proses belajar dan penelitian dari ide-ide mengabaikan fungsi tradisional dalam suatu organisasi.

 

Kesimpulan

            Seseorang yang memiliki kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha sebaiknya distimulasikan untuk diberikan pendampingan dalam mewujudkan wirausahanya. Dalam menggali kreativitasnya dengan berbagai cara seperti diasah kemampuanya, karena orang kreatif memilik potensi besar untuk menjadi wirausaha.

 

Daftar Pustaka

 

Ananta, R. K. E., & Farid, M. (2014). Minat wirausaha, konsep diri dan kreativitas. Jurnal Psikologi Tabularasa9(1).

Ardiansyah, T. (2020). Kreativitas Dan Inovasi Dalam Berwirausaha. Jurnal Usaha1(2), 19-25.

Wahyuningsih, S. (2020). INOVASI DAN KREATIVITAS MERUPAKAN KUNCI PENTING DALAM PENGEMBANGAN BERWIRAUSAHA. DIDAKTIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Humaniora, Sains dan Pembelajarannya14(2), 2474-2483.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.