April 25, 2022

Model Bisnis Canvas Dalam Wirausaha

Oleh : Pasca Fitri Pratama (@T19-Pasca)

1.    Bisnis Canvas

Bisnis canvas adalah sebuah sistem bisnis yang berisikan desain dan gambar. Seperti namanya, canvas yang berarti sebuah alat untuk melukis bagi seorang pelukis yang dianalogikan bahwa, seorang pebisnis dapat menuangkan ide, memvisualisasikan rencana serta strategi bisnis dengan mengkerucutkan aspek-aspek yang ada agar lebih mudah dipahami dan lebih terstruktur.

Model bisnis canvas cenderung sederhana namun tetap dapat mencakup seluruh aspek yang merupakan bagian daripada bisnis tersebut karena dalam bisnis canvas ini, rencana-rencana atau strategi yang dibuat ditarik secara garis besar sehingga lebih mudah dipahami.

Keuntungan model bisnis ini adalah dapat digunakan untuk segala jenis usaha tidak terbatasi oleh jenis usaha tersebut. Hal ini karena bisnis model canvas adalah sebuah template manajemen strategis dan lean startup untuk mengembangkan model bisnis baru ataupun untuk mendokumentasikan model bisnis yang sudah ada.

Bisnis canvas diperkenalkan oleh seorang konsultan bisnis asal Swiss bernama Alexander Osterwalder pada tahun 2005. Dalam bukunya yang berjudul “Bussiness Model Generation”, Alexander mengemukakan rancangan Sembilan pilar utama bisnis atau singkatnya adalah framework atau template sederhana untuk mempresentasikan faktor atau elemen penting yang ada dalam bisnis.

Ke-sembilan Pilar utama tersebut berfungsi untuk merangkum proses bisnis mulai dari value perusahaan hingga bagian struktur finansial. Oleh sebab itu dengan menggunakan Sembilan pilar bisnis tersebut, manajemen akan mampu memvalidasi apakah ide yang akan dijalankan tersebut memiliki prospek yang baik atau tidak.

 

2.    Sembilan pilar bisnis model canvas

Seperti yang sudah tertulis diatas bahwa Alexander Osterwalder mengemukakan tentang sebuah strategi dalam manajemen yang berupa canvas yang terdiri dari Sembilan pilar (elemen) penting dalam bisnis.

Berikut adalah kesembilan pilar tersebut :

1.    Customer Segments (Segmen Konsumen)

Dalam elemen pertama yang harus dimiliki dalam sebuah bisnis model canvas adalah segmen pelanggan, segmen pelanggan disini dapat berupa target pelanggan untuk produk kita seperti jika produk kita adalah sebuah kemeja pria dewasa, maka segmen tersebut harusnya diisi oleh konsumen pria dewasa.

2.    Value Proposition (Proporsi Nilai Konsumen)

Elemen selanjutnya adalah tentang produk yang kita tawarkan, apa keunggulannya serta apa poin-poin yang sekiranya dapat memberikan manfaat jika ditawarkan kepada konsumen.

Pada segmen ini adalah peluang bagi seorang wirausahawan untuk menjelaskan dengan deail apa saja keuntungan dan kelebihan dari produknya dibanding produk lain.

3.    Channel (Media)

Channel adalah elemen yang berupa media atau sarana apa yang kita gunakan untuk menyampaikan informasi terkait produk kita kepada konsumen.

Melalui channel (media) yang tepat kita dapat menyampaikan Value Proposition kepada Customer Segment (menyampaikan keunggulan produk pada konsumen).

Channel sendiri merupakan salah satu elemen yang penting dalam bisnis model canvas.

4.    Revenue Streams (Sumber pendapatan/penghasilan)

Elemen ini merupakan bagian vital dalam usaha yang dimana dalam sebuah usaha tentu memperoleh pendapatannya dari pelanggan atau konsumen.

Elemen ini harus diawasi dan dikelola secara baik dan maksimal untuk meningkatkan pendapatan bisnis. Pemanfaatan sumberdaya, bahkan produk berpengaruh terhadap pendapatan. Termasuk juga Value Proposition dan Channel sebagai sarana mengenalkan produk.

5.    Key Resource (Sumber Daya)

Elemen selanjutnya adalah sumber daya. Sumber daya disini adalah ssegala sesuatu yang dapat mewujudkan value proposition dari sebuah bisnis (sumber daya alam ataupun manusia yang dapat mewujudkan adanya produk).

Elemen ini memberikan bahasan tentang pengelolaan sumber daya yang diperlukan untuk menciptakan nilai produk bagi konsumen.

6.    Customer Relationship (Hubungan Konsumen)

Elemen ini memfokuskan pada hubungan sebuah usaha kepada pelanggannya, yang dimana sebuah usaha yang menjalin ikatan baik dengan pelanggannya maka memiliki peluang usaha yang lebih luas. Poin ini menegaskan bahwa menjalin hubungan dengan pelanggan adalah elemen krusial.

Perlu pengawasan yang intensif dan terorganisir untuk elemen ini agar pelanggan tidak mudah meniggalkan atau berpaling ke bisnis yang lain yang diakibatkan dari hubungan yang kurang baik.

7.    Key activites (aktivitas kunci yang dijalankan)

Key activities adalah elemen yang mencakup seluruh aktivitas yang berhubungan dengan produktivitas usaha untuk menciptakan produknya. Hal ini tentu berhubungan dengan value proposition.

Key activities juga termasuk dalam elemen penting yang dimana elemen ini juga memiliki pengaruh yang besar dalam bisnis model canvas  ini. Yang termasuk dalam Key activities adalah seperti proses produksi.

8.    Key Partnership (Kerjasama)

Dalam sebuah usaha, kerjasama antar organisasi lain baik itu seperti supplier atau layanan lain yang dibutuhkan dapat menunjang bisnis itu sendiri. Partner kunci yang memiliki manfaat sebagai bentuk efisiensi dan efektivitas dari key activities.

9.    Cost Structure (struktur biaya/finansial)

Elemen ini menunjukkan bahwa segala usaha atau bisnis yang dibuat memiliki konsekuensi secara finansial dari apa metode yang digunakan dalam bisnis yang dibuat. Perlu diperhatikan bahwa stuktur finansial harus sesuai dengan Value Proposition bisnis. Diluar biaya inti seperti Key Resource, Key partnership dan Key Activities yang memang memerlukan biaya.

Pengelolaan finansial yang efisien diharapkan untuk meminimalisir kerugian dalam bisnis.


3.    Tujuan model bisnis Canvas.

Tujuan dari model bisnis canvas adalah sebagai alat strategi kerja atau usaha yang terstruktur dengan jelas sehingga mudah dipahami dan jelas dalam arahnya kedepan. Kepraktisan dan efektivitas model bisnis ini menjadikan wirausahawan tertarik untuk menerapkannya.

Diantara tujuan dan keunggulan dari model bisnis canvas adalah :

-       Model bisnis ini mampu memberikan gambaran bagi para wirausaha tentang modedl bisnis

-       Model bisnis canvas yang bersifat visual memudahkan untuk dipahami

-       Memudahkan wirausaha untuk perubahan atau restrukturisasi

-       Menjelaskan tentang aspek atau elemen bisnis yang saling mengikat satu sama lain.

    Referensi

https://projasaweb.com/bisnis-model-canvas/

https://warungpintar.co.id/blog/bisnis-model-canvas-cara-efektif-memetakan-rencana-bisnis/

https://www.info.populix.co/post/model-bisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.