April 25, 2022

MODEL CANVAS PADA USAHA MAKANAN AYAM GEPREK

MODEL CANVAS PADA USAHA MAKANAN AYAM GEPREK


Oleh : Sandy Faizal Harist (@T10-Sandy)



Menurut Data Statistik dan Hasil Survey Ekonomi Kreatif tahun 2017, Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif tercipta pada tahun 2015 sebesar 852,24 triliun rupiah,tercatat tumbuh sebesar 4,38 persen dan memberikan kontribusi sebesar 7,38 persen terhadap total perekonomian nasional. Ekonomi kreatif ini menyerap sekitar 16 juta total tenaga kerja pada tahun 2015. Dari 15 subsektor ekonomi kreatif yang dikembangkan, tiga diantaranya tercatat berkontribusi paling besar terhadap PDB yaitu sektor kuliner sebesar Rp.355,198 triliun atau 41,69 persen, Hal ini menunjukkan bahwa UMKM,terutama subsektor kuliner, memiliki posisi penting dalam kontribusi perekonomian nasional.

Definisi dan Elemen-elemen Business Model Canvas (BMC)

Model bisnis kanvas merupakan alat bantu yang efektif, sederhana, dan teruji untuk memahami, memperbaiki, dan menerapkan model bisnis yang sudah ada atau membuat model baru (Osterwalder and Pigneur 2010). Berikut merupakan 9 blok atau elemen dari model bisnis kanvas dan masing-masing memiliki makna dan peran tersendiri (Osterwalder and Pigneur 2010).

1) Customer Segments : Model bisnis dapat menggambarkan satu atau beberapa customer segments, besar atau kecil. Suatu perusahaan harus memutuskan segmen mana yang dilayani dan segmen mana yang diabaikan.

2) Value Proposition : Menggambarkan gabungan antara produk dan layanan yang menciptakan nilai untuk customer segments secara spesifik.

3) Channels : Menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan berkomunikasi dengan segmen pelanggannya dan menjangkau mereka untuk memberikan value proposition yang dimiliki.

4) Customer Relationship : Menggambarkan berbagai jenis hubungan yang dibangun perusahaan bersama customer segments yang spesifik.

5) Revenue Stream : Menggambarkan uang tunai yang dihasilkan perusahaan dari masing-masing customer segments.

6) Key Resource : Menggambarkan aset-aset terpenting yang diperlukan agar sebuah model bisnis dapat berfungsi.

7) Key Activities : Menggambarkan hal-hal terpenting yang harus dilakukan perusahaan agar model bisnisnya dapat bekerja.

8) Key Partnership : Menggambarkan jaringan pemasok dan mitra yang membuat model bisnis dapat bekerja.

9) Cost Structure : Menggambarkan semua biaya yang dikeluarkan untuk mengoperasikan model bisnis. Ketika model bisnis berjalan maka semuanya memerlukan biaya.

 

Contoh bisnis model canvas makanan untuk bisnis Ayam Geprek.


Elemen

Bisnis Model Canvas Makanan "Ayam Geprek"

Value Preposition

Geprek Mantap merupakan ayam geprek yang berbeda dengan yang lainnya. Tidak hanya dari segi kualitas ayam yang terdiri dari dua macam pilihan, ayam kampung dan ayam broiler dengan kualitas tinggi, tapi juga dari jenis-jenis sambal yang beragam dan memiliki cita rasa khas. Setiap sambalnya memiliki level kepedasan tersendiri. Selain itu, sayuran sebagai pendampingnya juga menjadi keunikan dari Geprek Mantap ini.

Customer Segments

Target market dari Geprek Mantap adalah orang-orang di kota besar dengan cakupan kelompok kaum milenial dan gen Z yang lebih besar.

Channels

Promosi yang dilakukan Geprek Mantap melalui media sosial seperti Instagram dan juga Twitter. Bekerja sama dengan beberapa influencer makanan, promosi Geprek Mantap dilakukan secara meluas. Sementara untuk media offline, terdapat promo atau diskon 50% tanpa minimum pembelian.

Key Resources

Sejumlah sumber daya yang dibutuhkan Geprek Mantap untuk bisa beroperasi adalah peralatan masak seperti kompor hingga kulkas. Untuk mencatat transaksi penjualan, dibutuhkan pula alat kasir.

Revenue Streams

Sumber utama pemasukan Geprek Mantap berasal dari penjualan menu makan secara offline ataupun kerja sama dengan GoFood.

Customer Relationships

Salah satu cara yang digunakan Geprek Mantap untuk menjalin hubungan dnegan konsumennya adalah dengan melakukan beberapa aktivitas di media sosial seperti kuis atau promo.

Key Activities

Sejumlah aktivitas yang menjadi kunci penting dalam Geprek Mantap adalah proses memasak ayam, transaksi, layanan takeaway, dan pengiriman melalui GoFood.

Key Partnerships

Geprek Mantap bekerja sama dengan beberapa pihak untuk memperlancar bisnis seperti pemasok ayam, pemasok cabai, pemasok sayur-sayuran serta bumbu, sampai dengan ojek online dan layanan pembayaran.

Cost Structures

Pengeluaran biaya dilakukan untuk membeli bahan baku, sewa tempat jualan, serta menggaji karyawan. Dengan perhitungan pemasukan sebulan, lalu dikurangi dengan seluruh biaya pengeluaran, Geprek Mantap masih mendapatkan keuntungan dengan nilai lebih dari Rp8 juta per bulannya.


Referensi

Astuti, B.D., & Noor, T.I. (2019). PROFIL BISNIS STARTUP MAKANAN INSTAN MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC). Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH. 06(3), 438-456

https://blog.mokapos.com/contoh-bisnis-model-canvas-makanan

Modul 8 Kewirausahaan 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.