April 25, 2022

Oleh : Mohamad Rizki Trisnaryanto (41620110046 - @T15-Rizki )

BISNIS MODEL CANVAS DAN ELEMEN NYA


Pengertian

Bisnis Model Canvas adalah alat manajemen strategis untuk mendefinisikan serta mengkomunikasikan ide atau konsep bisnis dengan cepat dan mudah.BMC berbentuk dokumen satu halaman yang bekerja melalui elemen fundamental bisnis atau produk, serta menyusun ide dengan cara yang koheren.BMC sisi kanan berfokus pada pelanggan (eksternal), sedangkan kanvas sisi kiri berfokus pada bisnis (internal).Baik faktor eksternal dan internal bertemu di sekitar Value Proposition, yang merupakan pertukaran nilai antara bisnis Anda dan pelanggan / klien Anda.


Elemen Dalam Sebuah Bisnis Canvas

Adapun beberapa elemen yang perlu untuk Anda ketahui dalam bisnis canvas ini yaitu sebagai berikut:

  • Customer Segments : elemen bmc yang perlu di miliki ketika dalam memulai bisnis canvas ini adalah dengan menentukan terlebih dahulu pelanggan mana yang akan menjadi target bisnis .Selain itu customer segments juga mencakup penjual dan pembeli sesuai dengan kebutuhan. 
  • Saluran atau channels merupakan elemen bmc yang digunakan pebisnis dalam membuat nilai produk  agar dapat sampai ke target pasar. Untuk itu diperlukan iklan yang bisa mencapai tujuan tersebut.Sehingga channels apa yang cocok untuk dipakai. Sebab penentuan channels ini adalah salah satu contoh elemen bmc yang penting bagi untuk dilakukan. 
  • Elemen bisnis canvas selanjutnya Value Proposition adalah memilih masalah ataupun kebutuhan dari pelanggan mana yang nantinya akan dipenuhi melalui bisnis yang ditentukan.Jenis elemen ini juga wajib mempertimbangkan keunikan serta keunggulan solusi yang ditawarkan dibandingkan dengan solusi lain.
  • Key resource merupakan daftar yang berisikan tentang sumber daya yang direncanakan serta dimiliki perusahaan untuk mencapai value proposition.Sumber daya tersebut dapat berupa sumber daya yang berasal dari alam, pengelolaan bahan baku, penataan sumber daya manusia dan lainnya.
  • Key Activities adalah aktivitas yang mana berhubungan dengan produktivitas bisnis di mana dalam kegiatan utamanya adalah menghasilkan proposisi nilai.Aktivitas ini merupakan aktivitas pokok yang mana jika dihilangkan maka value proposition yang kompetitif tentu tidak akan dapat direalisasikan.
  • Revenue stream ini merupakan elemen yang menentukan organisasi bisnis yang memperoleh pendapatan dari konsumen. Maka dari itu elemen ini harus dikelola dengan semaksimal mungkin agar pendapatan bisnis dapat meningkat.
  • Elemen customer relationship merupakan bagaimana perusahaan menjalin ikatan dengan pelanggannya. Selain itu perusahaan juga perlu menjalankan pengawasan yang ketat agar pelanggan tidak dapat mudah berpaling ke bisnis lain. Maka dari itu jalinlah hubungan yang baik dengan pelanggan Anda.
Mengapa Bisnis Memerlukan BMC
  • Memungkinkan  untuk memahami proses yang diperlukan untuk membuat keterhubungan antara ide  hingga membuatnya menjadi suatu bisnis.
  • Memperlihatkan seperti apa pengaruh keputusan pelanggan terhadap sistem bisnis.
  • Memungkinkan setiap orang untuk mendapatkan ide yang jelas tentang gambaran bisnis.
Refferensi :

  • https://www.luarsekolah.com/article/business-model-canvas-bmc-pengertian-fungsi-dan-contoh
  • https://www.harmony.co.id/blog/contoh-bisnis-model-canvas-elemen-dan-tips
  • Modul Forum 8 - Kewirausahaan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.