April 11, 2022

Strategi Pengembangan Untuk Realisasi Usaha

  Strategi Pengembangan Untuk Realisasi Usaha


Disusun oleh : Gian Akmal Adwitiya – 41620110065 - @T18-Gian

Wirausaha adalah orang yang mampu mengelola sumber daya yang dimiliki secara ekonomis dengan efektif dan efisien. Dalam berwirausaha, kita haruslah mengelola dengan baik dan memikirkan rencana ke depan dengan matang agar usaha kita dapat direalisasikan dengan baik. Pengembangan usaha harus dilakukan agar segala yang kita tentukan bisa tercapai.

Dilansir dari Forbes, pengembangan usaha adalah penciptaan jangka panjang bagi organisasi dari pelanggan, pasar, dan interaksi di dalamnya. Hal ini berarti pengembangan usaha bertujuan untuk mempertahankan usaha agar tetap produktif dan menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang.

Menurut Subagyo (2008), secara umum pengembangan usaha dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

1.    Pengembangan vertikal. Pengembangan vertikal adalah perluasan usaha dengan cara membangun inti bisnis baru yang masih memiliki hubungan langsung dengan bisnis utamanya. 

2.    Pengembangan horizontal. Pengembangan horizontal adalah pembangunan usaha baru yang bertujuan memperkuat bisnis utama untuk mendapatkan keunggulan komparatif, yang secara line produk tidak memiliki hubungan dengan core bisnisnya.

Menurut Hendro (2011), terdapat beberapa strategi yang biasa digunakan dalam pengembangan usaha, yaitu sebagai berikut:

·      Mengembangkan pasar dari sisi produknya

Mengembangkan pasar dari sisi produknya adalah langkah yang paling memungkinkan untuk dilakukan pertama kali karena produk utamanya telah diperkenalkan dan sudah tumbuh, sehingga masalah profitabilitas (kemampuan mendapatkan laba) serta popularitas dan kualitas sudah diterima di pasar.

 

·      Mengembangkan pasar dari sisi sistem penjualannya 

Banyak strategi mengembangkan pasar yang dilakukan mengembangkan sistem penjualannya seperti mengembangkan sistem distribusi penjualan kedalam (internal), Mengembangkan sistem jaringan pemasaran dengan pihak lain, dan mengembangkan pasar dengan menggabungkan bisnis yang lain dalam satu industri. 

·      Mengembangkan pasar dengan sinergisme

Melakukan pengembangan pasar dengan cara mengadakan perjanjian kerja sama antara dua perusahaan yang berbeda pasar dengan tujuan swap market atau tukar pasar dan memperkuat satu sama lainnya karena keduanya mempunyai keistimewaan.

Realisasi perencanaan usaha

Menjabarkan planning program menjadi implementatif yang dapat dikontrol dan terukur. Berikut ada lima langkah improvisasi agar kreatifitas dan imajinasi berjalan dengan baik.

Analisa situasi : Buka mata, telinga dan pikiran anda pada situasi pasar paling gress saat ini sebagai tolak ukur, langkah adaptasi dan perbaikan perencanaan usaha beberapa waktu kedepan. Mulailah dengan deskripsi singkat tentang produk jasa yang hendak di tawarkan, keunggulan yang dimiliki dan tantangan yang akan dihadapi, rumuskan kemungkinan ancaman dari para pesaing, beberkan kekuatan dai luar yang mempengaruhi usaha untuk satu tahun kedepan.

Tentukan target market : jika usaha yang dikembangkan dalam bidang konsumsi maka market harus berdasarkan demografi seperti usia, jenis kelamin serta faktor penting lainnya. Jika usahanya dalam bidang produk untuk perusahaan seperti restoran yang termasuk bisnis fleksibel maka tidak harus mengikuti keinginan pasar.

 

Tujuan usaha : harus dibuat secara realisitis dan terukur agar mudah dievaluasi kinerjanya. Strategi dan taktik : seorang pengusaha catering menawarkan catering untuk acara pernikahan tujuannya adalh meningkatkan penjualan sebesar 20%. Strategi yang dilakukan dengan memberikan potongan harga bagi para calon pelanggan potensial, sedangkan taktik yang dilakukan dengan cara memasang iklan di internet dan majalah.

 

Anggaran : rincian singkat dan biaya-biaya yang terkait dengan masing masing strategi dan taktik yang dijalankan.

Kesimpulan

Berdasarkan yang telah dibahas pada artikel ini, bisa disimpulkan bahwa strategi pengembangan usaha harus diterapkan untuk mewujudkan realisasi usaha dan mengembangkan usaha yang kecil menjadi besar secara bertahap.

Referensi

Modul 6 Kewirausahaan 2 “Realisasi Usaha,Leadership and Management, Re-Goaling and Setting Objective,Reaching Goal Safely,Literation”

https://www.kompas.com/skola/read/2021/03/26/150051369/pengembangan-usaha-pengertian-jenis-aspek-dan-strateginya#:~:text=Dilansir%20dari%20Forbes%2C%20pengembangan%20usaha,menghasilkan%20keuntungan%20dalam%20jangka%20panjang.

https://www.kajianpustaka.com/2020/03/pengembangan-usaha-pengertian-jenis-strategi-dan-tahapan.html

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.