April 25, 2022

Tipe Model Bisnis, Jenis, dan Manfaatnya untuk Usaha Anda

Oleh : Senora Dianisa (41620110050)

@T16-Senora

Saat akan membuka usaha, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan baik-baik agar usaha anda bisa berkelanjutan. Salah satunya adalah menentukan business model atau model bisnisnya yang akan dijalankan. Secara garis besar, model bisnis akan menentukan bagaimana usaha anda akan berjalan nantinya, produk / jasa apa saja yang bisa dijalankan, besaran modal yang dibutuhkan, sampai bagaimana usaha anda bisa mendapatkan keuntungan. 

Untuk anda yang penasaran tentang model bisnis dan jenis-jenisnya, simak terus ulasannya di bawah ini.

 

Definisi Model Bisnis

Konsep model bisnis tergolong sesuatu yang baru. Istilah ini muncul dalam jurnal akademik di tahun 1957 dan pertama kali digunakan sebagai judul dari sebuah jurnal akademik yang terbit di tahun 1960. Banyak penelitian telah mengembangkan berbagai definisi model bisnis. Para akademisi memberikan pengertian yang cukup beragam mengenai model bisnis. pengertian model bisnis dapat dipilah menjadi 3 (tiga) kelompok, yaitu :

1.      Model bisnis sebagai metode

Pengertian model bisnis sebagai metode adalah model bisnis adalah suatu cara untuk menciptakan nilai.

2.      Model bisnis dilihat dari komponen

Pengertian model bisnis dilihat dari komponen-komponennya, misalnya adalah model bisnis terdiri dari komponen produk, manfaat dan pendapatan, pelanggan, aset, dan pengetahuan.

3.      Model bisnis sebagai strategi

Pengertian model bisnis sebagai strategi bisnis adalah model bisnis yang digunakan sebagai alat untuk merumuskan strategi bisnis perusahaan.

 

Jenis-jenis model bisnis

1.      Franchise

Model bisnis ini biasanya dikenal dengan sebutan waralaba. Franchise kebanyakan digunakan oleh bisnis restoran, tetapi tidak jarang juga digunakan oleh industri jasa.Konsep dari model ini adalah ketika ada seseorang ingin memulai bisnis, tidak perlu membuat bisnis sendiri dari awal.

2.      Marketplace

Marketplace adalah business model yang mempertemukan antara penjual dan pembeli secara online dan biasanya menggunakan situs web ataupun aplikasi. Model bisnis ini bisa mendapatkan keuntungan dari berbagai sumber pemasukan, termasuk dari transaksi yang dilakukan.

3.      Dropship

Dropship dinilai keuntungannya relatif kecil, karena pendapatannya dihitung selisih modal untuk membeli produk dan harga yang diberikan kepada konsumen.

4.      Subscription

Business model ini menerapkan bisnis di mana pelanggan akan dikenakan biaya berlangganan untuk mendapatkan akses dari layanan tersebut.

5.      Manufaktur

Dalam model bisnis ini, biasanya perusahaan atau pabrik akan membuat sebuah dan menjualnya untuk mendapatkan profit atau keuntungan.

 

Manfaat model bisnis

1.      Unggul dari competitor

Manfaat dari business model adalah dapat membuatmu unggul dari competitor. Hal ini tentu akan menjadi poin unggul bagi bisnismu dari kompetitor yang tidak memikirkan hal tersebut.

2.      Menarik perhatian investor

Business model yang bagus otomatis akan menarik perhatian investor untuk memberikan pendanaan kepada bisnis tersebut.

3.      Manajemen keuangan yang teratur

Melalui business model, sebuah perusahaan tentu dapat membuat anggaran yang tepat mengenai proses produksi, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, dan lain-lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.