April 11, 2022

TUJUAN BISNIS

Oleh : Mohamad Rizki Trisnaryanto - Nim : 41620110046 (@T15-Rizki)


Pendahuluan 

Kata “bisnis” diadaptasi dari bahasa Inggris “business” yang artinya kesibukan. Dalam konteks sederhana, yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang. 

Rumusan Masalah 

  1. Fungsi bisnis secara umum ?
  2. Cara menetapkan tujuan bisnis ?
  3. Jenis-Jenis Bisnis 

Pembahasan

Fungsi Bisnis 

Semua kegiatan bisnis berfungsi untuk membuat sesuatu yang awalnya kurang bernilai menjadi sesuatu yang bernilai tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setelah diolah.Secara umum, adapun beberapa fungsi bisnis adalah sebagai berikut:

    • Place Utility, yaitu fungsi distribusi di mana sebuah bisnis menyalurkan suatu barang/ jasa ke lokasi terdekat yang bisa dijangkau konsumen.
    • Possessive Utility, yaitu fungsi penjualan dalam bisnis di mana sebuah perusahaan menjual suatu produk ke konsumen yang membutuhkan, baik itu barang maupun jasa.
    • Time Utility, yaitu fungsi penyimpanan dan pemasaran dalam bisnis, di mana barang pada saat itu kurang bermanfaat untuk nanti dikeluarkan pada saat barang tersebut lebih bermanfaat.
    • Form Utility, yaitu fungsi produksi di mana sebuah bisnis menghasilkan suatu barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat. Misalnya, perusahaan furniture, perusahaan jasa keuangan.

Menetapkan Tujuan Bisnis

Penting untuk menetapkan tujuan yang jelas. Kamu harus tahu persis ke mana kamu ingin pergi dan tidak boleh melepaskan dari target tersebut, meskipun kamu mengalami kegagalan di sepanjang jalan. Buat sespesifik mungkin, sehingga kamu dapat menentukan kapan telah mencapai tujuanmu.Tetapkan tujuan akhirmu dan buat petanya untuk mengetahui dengan tepat bagaimana kamu akan mencapai tujuan. Tentukan dengan spesifik apa yang ingin dicapai di setiap titik .

                                                            Jenis-Jenis Bisnis

  • Bisnis manufaktur : adalah bisnis di bidang pengolahan bahan baku atau bahan mentah menjadi bahan jadi.
  • Bisnis jasa : adalah bisnis yang kegiatannya menciptakan dan menjual produk tak berwujud, yaitu jasa atau layanan kepada konsumen untuk menghasilkan keuntungan.
  • Perdagangan : adalah jenis bisnis di bidang perniagaan yang membeli produk dari produsen atau mitra lainnya, lalu menjual kembali produk tersebut secara eceran ke konsumen akhir.
  • Bisnis ekstraktif : adalah jenis bisnis yang kegiatan usahanya menambang atau menggali barang tambang di dalam bumi dimana produk yang dihasilkan merupakan bahan mentah untuk diolah kembali.
  • Bisnis agraris :  adalah jenis bisnis yang kegiatan usahanya di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan.


Kesimpulan

Bisnis adalah suatu pekerjaan, profesi, kegiatan perdagangan, atau kegiatan komersial lainnya yang melibatkan barang atau jasa dengan imbalan keuntungan.Namun, keuntungan dalam bisnis tidak selalu berupa uang. Dalam bisnis, keuntungan bisa dalam bentuk lain yang diakui oleh suatu entitas yang terlibat dalam kegiatan usaha

Refferensi









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.