Mei 30, 2022

Kelebihan dan Kekurangan Business Partnership

Nama : Mohamad Rizki Trisnaryanto

NIM : 41620110046

Pendahuluan

Dalam dunia bisnis, istilah partnership merupakan hal yang mungkin tidak asing lagi bagi orang awam sekalipun. Secara sederhana, partnership adalah suatu bentuk kerjasama antara dua belah pihak atas dasar kesepakatan dan rasa saling membutuhkan dalam rangka meningkatkan kemampuan di suatu bidang usaha tertentu atau tujuan tertentu, sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih baik. 

Menemukan dan Memilih Mitra Bisnis yang Tepat

Dalam memilih mitra bisnis yang tepat tidak hanya mencari orang atau organisasi yang mau dan mampu membentuk kemitraan. Tetapi juga berbagi visi dan pendekatan bisnis yang sama. Oleh karena itu perlu memerhatikan banyak hal terlebih dahulu, berikut beberapa tips yang bisaditerapkan dalam memilih mitra bisnis.

·      Tingkat kepercayaan merupakan komponen terpenting pada kemitraan apa pun yang harus mitra satu sama lain butuhkan. Untuk dapat menentukan tingkat kepercayaan kepada mitra, Anda perlu meneliti transaksi bisnis masa lalu mitra, melakukan pemeriksaan latar belakang atau meminta referensi dari mitra ataupun klien yang pernah bekerja sama sebelumnya. 

·         Diskusikan dan analisis kemungkinan masalah yang akan muncul kedepannya. 

·   Memahami semua aspek perjanjian kemitraan sebelum menyetujui perjanjian. Apabila sudah tercapai kesepakatan mintalah pasangan calon mitra untuk menandatangani perjanjian.

Kelebihan Partnership

1.   Mendirikan suatu bisnis dapat lebih mudah.

2.   Dapat saling melengkapi kebutuhan satu sama lain.

3.   Cepat dalam mengumpulkan modal, apalagi jika dengan komitmen menggunakan harta pribadi.

4.   Cepat dalam mengambil keputusan serta adanya keluwesan dalam beradaptasi dengan dunia bisnis yang baru.

5.   Kemudahan dalam mencari mitra pasif, orang yang ingin terlibat bisnis tapi hanya bersedia melakukan investasi berupa uang.

Kekurangan Partnership

1.  Kewajiban tidak terbatas, yang mana pemilik harus mempertanggungjawabkan kewajiban hingga harta pribadi.

2.  Susah untuk lepas dari kemitraan, karena biasanya saham yang ingin melepaskan diri harus dijual ke mitra yang lain. Padahal, seringkali mitra yang lain tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli saham mitra yang ingin keluar. Sehingga seringkali kemitraan harus dibubarkan, yang membuat permasalahan menjadi lebih rumit, apalagi seringkali nama menjadi trademark yang diingat oleh para pelanggan atau konsumen.

3.  Konflik lebih berpotensi terjadi.

4.  Kurang berkesinambungan, seperti jika ada kejadian ahli waris dari pihak yang meninggal tidak mau melanjutkan berpartner dengan mitra pewaris.

5.  Kurang efektifnya akumulasi modal.


Kesimpulan

Kerjasama terkadang perlu ada dalam membangun sebuah bisnis untuk meningkatkan keuntungan. Namun, Anda juga perlu memastikan secara detail setiap keputusan yang Anda pilih sebelum melakukan kemitraan.Oleh karena itu, kelola kerjasama perusahaan Anda dengan Aplikasi Manajemen Kontrak. Aplikasi tersebut dapat memudahkan Anda dalam melacak laba rugi yang dihasilan setiap proyek. 

Refferensi

  • https://www.qiscus.com/id/blog/pengertian-keuntungan-dan-tips-menjalin-partnership-dalam-berbisnis/
  • https://www.jurnal.id/id/blog/partnership-kelebihan-kekurangannya/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.