Mei 16, 2022

Kewirausahaan dan lingkungan yang berwawasan Global

 

Kewirausahaan dan lingkungan yang berwawasan Global

Oleh : Ahmad Marsudin (41620110051)

(@T17-Marsudin)

Teknik Industri, Universitas Mercu Buana Jakarta

Pendahuluan

Istilah kewirausahaan (enterpreneur ship) sering kali dicampuradukkan dengan pengertian berwirausaha (enterpreneurial) dan wirausahawan (enterpreneur) (Helmi, 2006). Hal ini terjadi bukan saya pada masyarakat biasa juga di kalangan akade misi termasuk mahasiswa. Dalam beberapa kesempatan saya menguji skripsi, gejala tersebut beberapa kali terjadi. Biasanya ketika membahas pengertian kewirausa haan, yang dibahas adalah wirausahawan nya. Bahkan yang terakhir saya alami, ketika saya diminta menjadi pembicara untuk mengkaji kurikulum kewiarusahaan di program studi manajemen, sebuah Perguruan Tinggi Swasta, upaya pengem bangan kewirausahaan terjebak pada kegiatan berdagang lebih tepat. Sebab jika menggunakan istilah berwiarusaha, syarat kewirausahaannya tidak mencukupi.

Menurut Munadjat Danusaputro, lingkungan atau lingkungan hidup adalah semua benda dan daya serta kondisi, termasuk di dalamnya manusia dan tingkah-perbuatannya, yang terdapat dalam ruang dimana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraan manusia dan jasad-jasad hidup lainnya.

Lingkungan memainkan peran penting dalam hidup sehat dan keberadaan kehidupan di planet bumi. Bumi adalah rumah bagi berbagai spesies makhluk hidup dan kita semua bergantung pada lingkungan untuk makanan, udara, air, dan kebutuhan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk menyelamatkan dan melindungi lingkungan kita.

Lingkungan sosial akan membentuk kekuatan bagi motivasi dalam berbagai bentuk, baik yang dilakukan secara instrin sik maupun ekstrinsik. Motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik memberikan andil dalam proses kreativitas secara berbeda, baik dalam metode atau caracara yang dipakai dalam memecahkan masalah. Seseorang dengan motivasi ekstrinsik yang lebih kuat, menyebabkan seseorang akan menyelesaikan masalah dengan cara mem bangkitkan pengetahuan yang sifatnya cepat dan praktis (algoritmik), mengan dalkan pengetahuan khusus dan praktis, sehingga tepat guna. Orang dengan moti vasi instrinsik, akan menggunakan penga laman dan pengetahuan lain yang tersim pan, cenderung berpikir lebih luas dan bebas dengan berbekal pengetahuan yang sifatnya heuristik sehingga akan menghasilkan sebuah langkah pemecahan masalah yang tepat. (Helmi 2009)

Hasil dan Pembahasan

.

kewirausahaan dan global

Perubahan lingkungan bisnis akan terjadi setiap saat, umumnya berupa gerak perubahan dari salah satu atau gabungan faktor-faktor lingkungan perusahaan, baik dalam skala nasional, regional maupun global. Sebagai dampaknya ada peluang bisnis baru, tetapi tidak menutup kemungkinan akan menjadi ancaman bagi beberapa bisnis yang sudah ada. Sebagai contoh, kasus teknologi SMS dapat mengancam/menghancurkan perusahaan PO

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh wirausahawan, baik yang bergerak dalam aktivitas lokal maupun global adalah terjadinya berbagai perubahan yang dipicu oleh perkembangan teknologi yang mencakup hal-hal sebagai berikut:

1.                   Produk-produk baru yang dilempar ke pasar oleh pesaing,

2.                   Perkembangan teknologi komputer dan informasi

3.                   Perkembangan teknologi barang substitusi

4.                   Berbagai penemuan baru

5.                   Adaptasi teknologi yang siap pakai

6.                   Strategi perkembangan teknologi nasional

7.                   Pengeluaran biaya R&D oleh perusahaan pesaing atau perusahaan-

Kesimpulan :

 

Jadi hubugan antara keduanya yaitu , dapat dipandang sebagai tantangan sekaligus dapat dijadikan kesempatan untuk membuktikan dirinya apakah mampu bersaing dengan kemampuan dan kapabilitas yang dimilikinya.

jadi dalam berwirausaha harus berwawasan linggkungan yang global.

Referensi

Helmi, A. F. (2009). Kewirausahaan di perguruan tinggi dalam perspektif psikologi. Buletin Psikologi17(2).

(Sumber lain) : 

https://www.merdeka.com/sumut/pengertian-lingkungan-hidup-menurut-para-ahli-dan-jenisnya-yang-perlu-diketahui-kln.html

http://enterpreunersejati.blogspot.com/2016/06/hubungan-kewirausahaan-dengan-lingkungan.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.