Mei 16, 2022

PENGARUH WIRAUSAHA TERHADAP KEMAJUAN EKONOMI NEGARA

PENGARUH WIRAUSAHA TERHADAP KEMAJUAN EKONOMI NEGARA 

Oleh : Elsania (@T04-Elsania)
 

ABSTRAK

Kewirausahaan berperan penting pada kemajuan perekonomian suatu negara, khususnya Indonesia. Kewirausahaan dapat mengurangi tingkat pengangguran dan kemandirian, tentunya ini sangat menolong pemerintah dalam mengatasi pengangguran, dengan berkurangnya tingkat pengangguran maka akan berpengaruh kepada pertumbuhan ekonomi dan pendapatan nasional.

 

PENDAHULUAN

Indonesia merupakan negara berkembang mengingat jumlah penduduknya yang relatif banyak. Hal ini tentu berdampak pada kondisi ekonomi dan sosial yang belum merata kesejahteraannya. Masalah yang umumnya dihadapi oleh negara berkembang seperti Indonesia adalah tingginya tingkat kemiskinan dan pengangguran, rendahnya tingkat kesejahteraan dan pendidikan, mahalnya harga pangan dan kesehatan, dan sebagainya. Cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut diperlukanperan kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia. Dengan menciptakan lapangan kerja baru,peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah mengurangi pengangguran dan kemiskinan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.

 

PEMBAHASAN

Dengan adanya wirausaha, dapat membantu perputaran perekonomian di Indonesia. Namun, untuk bisa menjadi wirausaha yang handal, seseorang harus berusaha menjadi produktif, memiliki kemandirian yang tinggi, dan mampu melihat peluang dan tantangan yang ada. Berikut peran wirausaha dalam perekonomian Indonesia dilansir dari situs Investopedia, di antaranya adalah:

1.     Memacu pertumbuhan ekonomi

Peran wirausaha dalam perekonomian Indonesia adalah produk dan layanan baru yang diciptakan oleh wirausaha dapat menghasilkan efek berjejang. Hal ini merupakan salah satu peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah bisa merangsang bisnis atau sektor terkait sehingga dapat mendukung usaha baru dan berdampak pada peningkatan ekonomi.

2.     Menambah pendapatan negara

Usaha baru yang dibangun oleh wirausaha membantu menghasilkan pendapatan bagi negara. Dari bisnis tersebut, pemerintah dapat menarik pajak yang akan berkontribusi pada pendapatan negara. Selain itu, usaha yang didirikan wirausaha dapat meningkatkan lapangan kerja sehingga akan meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga berkontribusi juga pada pendapatan negara. Pendapatan negara ini bisa dimanfaatkan pemerintah untuk memberikan pelatihan kepada tenaga kerja supaya bisa kembali melahirkan wirausahawan.

3.     Wirausaha menciptakan perubahan sosial

Wirausaha berlomba melahirkan inovasi dan ide baru di sektor usahanya. Hal ini membuat wirausaha dapat mengurangi ketergantungan pada sistem bisnis yang sudah usang. Ini dapat meningkatkan kualitas hidup, peningkatan moral dan kebebasan ekonomi yang lebih besar karena dunia usaha dan masyarakat menjadi semakin inovatif. Contohnya layanan transportasi online dan pesan antar makanan yang dapat mengubah cara hidup masyarakat dalam menggunakan transportasi umum dan kuliner. Jika semula masyarakat menggunakan transportasi umum seperti bis, angkot, becak, dan ojek berubah menjadi menggunakan layanan transportasi online. Kemudian layanan pesan antar makanan online juga bisa mengubah gaya hidup masyarakat dan membantu pertumbuhan UMKM di bidang kuliner. Dengan demikian, peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah akan berdampak pada bisnis dan produktivitas masyarakat.

 

KESIMPULAN

Manfaat kewirausahaan adalah dapat menciptakan lapangan kerja baru. Wirausaha tidak hanya memberdayakan golongan pekerja, tetapi menciptakan peluang bagi masyarakat lebih luas. Keberadaan wirausaha dapat memperbaiki taraf hidup masyarakat. Ini merupakan efek berantai dari terbukanya lapangan pekerjaan dan peluang baru akibat munculnya wirausaha baru. Meningkatnya taraf hidup masyarakat, dapat menaikkan standar hidup mereka pula. Masyarakat jadi menyadari pentingnya hidup sehat dan sejahtera, yang belum tentu dipikirkan ketika masih berada di bawah garis kemiskinan. Kepemilikan mobil, komputer, ponsel pintar, pesatnya pertumbuhan pusat perbelanjaan, dan lain-lain, merupakan sejumlah faktor yang menunjukkan meningkatnya standar hidup masyarakat. Ini semua berkat usaha para pengusaha.

 

DAFTAR PUSTAKA

https://money.kompas.com/read/2022/01/02/215320826/peran-kewirausahaan-dalam-perekonomian-indonesia?page=all

https://kumparan.com/berita-update/kewirausahaan-dan-perannya-terhadap-kemajuan-ekonomi-negara-1v6bsHH0sj6/full

https://store.sirclo.com/blog/manfaat-kewirausahaan/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.