Mei 30, 2022

Pentingnya Mitra Bisnis dalam menjalankan Usaha

Pentingnya Mitra Bisnis dalam menjalankan Usaha

Oleh : Sandy Faizal Harist (@T10-Sandy)

Kemitraan bisnis adalah hubungan hukum yang dibentuk oleh kesepakatan antara dua orang atau lebih untuk menjalankan bisnis sebagai pemilik bersama. Kemitraan adalah bisnis dengan banyak pemilik, yang masing-masing telah berinvestasi dalam bisnis ini. Beberapa kemitraan mencakup individu yang bekerja dalam bisnis, sementara yang lainnya mungkin termasuk mitra yang memiliki partisipasi terbatas dan juga kewajiban terbatas.

Kemitraan atau partnership, yang dibedakan dari korporasi, bukanlah entitas yang terpisah dari pemilik perorangan. Pajak penghasilan kemitraan dibayar oleh kemitraan, namun keuntungan dan kerugian dibagi di antara para mitra, dan dibayar oleh para mitra, berdasarkan kesepakatan mereka.

Entrepreneur mendefinisikan partnership sebagai sebuah bentuk operasi bisnis yang legal di antara dua individu atau lebih yang saling berbagi manajemen dan keuntungan bisnis. Sebagai ilustrasi, kamu mungkin masih ingat, bagaimana Apple dan IBM mulai menjalankan partnership dalam bisnis mereka. Dua raksasa teknologi yang pernah terlibat persaingan ini telah memulai kemitraan mereka sejak beberapa tahun silam.

Kamu bisa mendapatkan partner dari mana saja, selama kamu dan partner sepakat untuk berkolaborasi dengan baik. Namun, ada hal penting yang perlu kamu ingat: selain harus memiliki harapan yang jelas dan disepakati bersama, partnership juga harus menguntungkan kedua pihak.

Key partners adalah pihak-pihak yang bisa Anda ajak kerjasama dengan tujuan untuk menyokong dan mengoptimalkan alokasi sumber daya, mengurangi resiko dan ketidakpastian persaingan, serta meningkatkan kinerja. Key partnership yang baik akan membentuk siklus bisnis yang lebih stabil. Pengertian lain Key Partners yaitu rekan mitra utama dalam  usaha sebagai vendor atau mitra untuk  memasarkan produk berupa barang dan atau jasa, sehingga memenuhi kualitas produk yang diinginkan sesuai kebutuhan pelanggan.

Key Partners atau juga sering disebut Mitra Bisnis adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dan kesuksesan para pebisnis.

Tipe mitra bisnis  yang bisa membawa kemajuan bagi bisnis yaitu :

Kepercayaan

Penilaian pertama untuk memilih mitra bisnis tentu seberapa besar  perusahaan akan percaya  kepada mitra bisnisnya.bentuk keprcayaan bisa dalam bentuk kualitas bahan baku, misalnya sesuai contoh diatas, bahan baku  kopinya apakah alangsung dari petani kopi atau pedagang kopi tergantung jenis bisnisnya. Pabrik Kopi tentu akan lebih percaya dan lebih efisien kalau mitra bisnisnya komnitas petani kopi. Kedai Kopi cukup mitra utamanya pedagang kopi bisa dari perorangan atau perusahaan.

Persahabatan

Tingkatan level mitra bisnis, dari tingkat kepercayaan dan persahabatan, tentu seceara bisnis mitra bisnis berdasarkan persahabatan akan lebih menguntungkan tingkat kepercayaannya.

Cukup Berpengalaman di Bidangnya

Selain  kepercayaan, persahabatan, tidak kalh pentingnya apabila mitra bisnis kita juga sangat atau cukup berpengalaman sesuai bidangnya, sehingga bisa meningkatn penjualan produk kita karena kualitas produk kita terjamin pasokan bahan bakunya misalnya.

Melengkapi Kekuatan

Untuk mitra bisnis dalam hal melengkapi kekuatan, sebagai contoh sederhana, tempat usaha Kedai Kopi kita sewa dari sahabat kita yang sama-sama bergerak dibidang kopi, misalnya pemilik tempat tersebut juga mempunyai sahabat seorang anggota komunitas petani kopi, sehingga harga bahan baku kopinya bisa lebih murah dibanding membeli dari pedagang kopi.

Tanggung jawab yang seimbang

Mitra bisnis dalam bidang tanggung jawab yang seimbang, misalnya mitra bisnis dalam deliveri produk kita yaitu kopi yang di jual di Kedai Kopi, tentu driver Gojek mempunyai tanggung jawan yang seimbang untuk melayani kecepatan delivery, agar dapat melayani konsumennya dengan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.