Mei 30, 2022

Pentingnya Partnership Dalam Usaha

Oleh : Muhammad Azfar Annas | 41620110008

(@T06-Azfat) 




    Kemitraan dalam wirausaha sangat penting, jika seorang wirausaha memiliki sebuah ide bisnis yang brilian dan prospektif, tetapi tidak memiliki modal atau keterampilan yang dibutuhkan, bukan berarti harus berhenti mewujudkannya karna ada banyak cara untuk mengatasinya. Disinilah salah satu fungsi dan manfaat kemitraan dalam dunia wirausaha. Pada dasarnya hakikat kewirausahaan merujuk pada sifat, watak dan ciri-ciri yang melekat pada seseorang yang mempunyai kemauan keras untuk mewujudkan gagasan inovatif kedalam dunia usaha yang nyata dan dapat mengembangkannya dengan tangguh.

Jadi inti kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda, dalam konteks manajemen wirausaha adalah seseorang yangmemiliki kemampuan dalam menggunakan sumber daya (money, materials, man, teknologi, untuk menghasilkan suatu bisnis baru, produk baru, proses produksi ataupun pengembangan organisasi usaha. Sekaligus mempunyai kombinasi elemen-elemen internal yang mencakup kombinasi visi, motivasi, komunikasi, optimisme, dorongan semangat dan kemampuan untuk memanfaatkan peluang usaha. Menurut Edi Swasono (1978) berkenaan dengan aspek bisnis, wirausaha adalah pengusaha tetapi tidak semua pengusaha adalah wirausaha.

Kemitraan merupakan salah satu instrumen yang strategis bagi pengembangan usaha kecil, tetapi ini tidak berarti bahwa semua usaha kecil bisa segera secara efektif dikembangkan melalui kemitraan. Bagi pengusaha informal atau yang sangat kecil skala usaha nya dan belum memiliki dasar kewirausahaan yang memadai, kemitraan dengan usaha besar belum tentu tercipta kondisi saling membutuhkan. Dengan memahami berbagai aspek kewirausahaan dan bergabung dalam wadah koprasi, usaha-usaha yang sangat kecil atau informal tersebut secara bersama-sama akan memiliki kedudukan dan posisi transaksi yang cukup kuat untuk menjalin kemitraan yang sejajar, saling membutuhkan, saling memperkuat, dan saling menguntungkan dengan usaha besar mitra usahanya.


Referensi

https://opop.jabarprov.go.id/menjalin-kemitraan-usaha-ibarat-menjalani-sebuah-ikatan-pernikahan/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.