Mei 23, 2022

Strategi Perkembangan Produk Nasi Goreng

 Oleh : Muhammad Azfar Anas | 41620110008

(@T06-Azfat)


A.    Pembahasan

1.      Sejarah nasi goreng

Nasi goreng merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah sangat populer di mancanegara. Nasi goreng merupakan makanan yang sudah ada sekitar 4.000 tahun sebelum masehi, sebenarnya nasi goreng bukan merupakan makanan khas indonesia melainkan makanan khas masyarakat Tionghoa saat  bermigrasi ke Indonesia dulu. Resep nasi goreng pertama disebut-sebut berasal dari kota Yangzhou yang berada di provinsi Jiansu. Dari Kota inilah kemudian populer sebutan nasi goreng Yang Chou yang tidak lain adalah nasi goreng ala oriental.

Nasi goreng merupakan makanan tradisional masyarakat Tionghoa yang memanfaatkan nasi yang sudah dingin. Ide memasak nasi goreng dimulai dari kebiasaan masyarakat Tionghoa yang tidak suka mengkonsumsi makanan dingin. Oleh sebab itu, mereka mencoba memasak kembali nasi yang sudah dingin dengan memasukkan beberapa bumbu, agar terasa lebih nikmat. Makanan ini akhirnya dibawa masyarakat Tionghoa yang bermigrasi ke seluruh penjuru dunia. Sehingga tidak heran, banyak varian nasi goreng dari berbagai daerah dan negara, karena disesuaikan dengan bumbu dan bahan masyarakat lokal. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis nasi goreng, diantaranya nasi goreng cakalang, nasi goreng telor, nasi goreng kambing, nasi goreng teri, nasi goreng petai dan banyak lagi.

2.      Strategi

Menurut KBBI strategi merupakan  Ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa (-bangsa) untuk melaksanakan  kebijaksanaan tertentu dalam perang dan damai.

Menurut Johnson dan Scholes Strategi ialah arah dan ruang lingkup dari sebuah organisasi atau lembaga dalam jangka panjang., yang mencapai keuntungan melalui konfigurasi dari sumber daya dalam lingkungan yang menantang, demi memenuhi kebuthan pasar dan suatu kepentingan.

Ada beberapa strategi dalam mengembangkan produk nasi goreng agar tidak kalah saing dengan produk yang lain, yaitu :

    1.  Menambah variasi jualan, seperti air mineral, teh botol, atau minuman ringan lainnya.

    2.  Buat inovasi dengan menyediakan jasa antar untuk jarak tertentu.

    3.  Buat nasi goreng yang lebih variatif dengan menambahkan bahan-bahan makanan yang baru seperti daging ayam, daging sapi dan keju.

    4.  Gunakan nama menu yang menarik agar mudah diingat orang lain seperti nasi goreng gila atau nasi neraka.

Dan juga ada beberapa hambatan dalam mengembangkan produk nasi goreng, yaitu :

    1.  Persaingan dengan usaha sejenis yang lebih dahulu mulai.

    2.  Beberapa konsumen yang seleranya tidak sesuai dengan hasil masakan kita.

    3.  Kenaikan harga bahan baku yang memaksa kita menaikkan harga jual.

B.     Kesimpulan

Dalam mengembangkan produk kita dipaksa untuk mempunyai ide atau gagasan untuk menarik pelanggan agar usaha kita akan berkembang, berjalan lancar dan tidak kalah saing dengan bisnis yang lain. apabila kita mengerjakan sesuatu dengan kesungguhan dan keseriusan, maka kita akan mendapatkan keberhasilan sesuai dengan apa yang kita harapakan dan harus kita ketahui keberhasilan tidak akan datang begitu saja karena keberhasilan memerlukan proses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.