Mei 16, 2022

Yuk Pahami Etika dalam Berbisnis agar SUKSES

ETIKA BERBISNIS



oleh @T14-Septian


Dalam dunia bisnis yang sangat kompetitif, berteknologi tinggi, dan saling bergantung saat ini, ada aturan tertentu yang harus ditaati, baik aturan tertulis maupun aturan tidak tertulis. etika yang harus diikuti agar bisnis bisa berjalan dengan baik, hal ini biasa disebut dengan etika bisnis.

1. Pengertian Etika Bisnis Menurut beberapa ahli

Menurut Bertens (2000), Menurut Bertens, etika bisnis itu lebih luas dari pada ketentuan yang diatur oleh undang-undang. Bahkan etika bisnis merupakan standar yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan standar minimum ketentuan hukum. Karena dalam kegiatan atau kegiatan bisnis kita sering kali menemukan grey area yang tidak diatur oleh ketentuan hukum.

Menurut Hill dan Jones, Menurut Hill dan Jones, Pengertian Etika Bisnis merupakan ajaran dalam membedakan antara benar dan salah dalam memberikan bekal kepada setiap pimpinan perusahaan ketika mempertimbangkan pengambilan keputusan strategis terkait dengan masalah moral yang kompleks.

Menurut Sumarni (1998: 21), Pengertian etika bisnis terkait dengan masalah menilai aktivitas dan perilaku bisnis yang mengacu pada kebenaran atau kejujuran dalam berbisnis.

Menurut Sim, Hal ini terkait dengan kepemimpinan yang efektif dalam suatu organisasi.

Menurut Velasques, Menurut Velasques, Pengertian Etika Bisnis merupakan kajian yang bertumpu pada akhlak yang benar dan salah.

Menurut Business & Society-Ethics dan Stakeholder Management, Etika Bisnis adalah disiplin yang berkaitan dengan baik buruknya suatu tugas dan kewajiban moral dalam konteks bisnis.

Menurut Steade et al: Menurut Steade dkk, Etika Bisnis adalah standar etika yang terkait dengan tujuan dan cara pengambilan keputusan bisnis.

2. Tujuan Etika Bisnis

Memahami etika dalam berwirausaha juga bertujuan untuk mengarahkan pemilik usaha untuk menciptakan manajemen yang baik sehingga usaha yang dijalankan bisa berjalan lancar. Selain itu prinsip ini juga dapat digunakan untuk membuat citra diri pemilik bisnis menjadi baik.

Etika bisnis bertujuan untuk memberikan dorongan bagi kesadaran moral dan memberikan batasan bagi pengusaha untuk dapat menjalankan bisnis secara jujur ​​dan adil serta menghindari bisnis penipuan yang merugikan banyak orang atau pihak yang memiliki keterikatan dalam kegiatan berbisnis

3. Sifat Etika Bisnis yang Harus Dimiliki

a. Integritas. 

Prinsip etika bisnis akan menjadi pedoman. Pemimpin dan karyawan hanya perlu menunjukkan keberanian dan integritas pribadi untuk melakukan apa yang benar. Etika bisnis haruslah tegak dan hormat. Ini akan diperjuangkan dalam memutuskan apa yang dianggap benar atau tidak. Sehingga hal inilah yang akan melahirkan integritas dalam bekerja dan berprofesi.

b.Loyalitas. 

Untuk mendapatkan kepercayaan, dibutuhkan loyalitas. Loyalitas akan diperoleh dengan dukungan dan dedikasi tugas yang ada.

c, Kejujuran. 

Pemimpin atau manajer yang baik adalah inti dari bsinis yang berkembang dan layak dipercaya, dan kejujuran adalah landasan kepercayaan. Setiap orang yang ada di perusahaan, harus menjaga sikap jujurnya, ketika menghadapi rutinitas pekerjaannya. Mereka juga harus jujur ​​dan tidak menipu atau menyesatkan informasi kepada orang lain.

d. Menghormati dan peduli. 

Perlakukan semua orang dengan hormat. Wirausahawan harus menunjukkan rasa hormat terhadap martabat manusia, otonomi, privasi, hak, dan kepentingan semua orang yang memiliki kepentingan dalam keputusan mereka.

e. Keadilan

Wiraushawan yang baik pada dasarnya berkomitmen pada keadilan. Mereka tidak menjalankan kekuasaan secara sewenang-wenang, juga tidak menggunakan cara yang berlebihan atau tidak senonoh untuk mendapatkan atau mempertahankan keuntungan atau mengambil keuntungan yang tidak semestinya dari kesalahan atau kesulitan orang lain.

f. Bijaksana

Tunjukkan kasih sayang dan kepedulian yang tulus untuk kesejahteraan orang lain. Salah satu prinsip etika bisnis yang penting adalah orang yang peduli, penyayang, baik hati, dan peka terhadap keadaan sekitar. Pemilik bisnis yang beretika berusaha untuk mencapai tujuan bisnis mereka dengan cara yang paling sedikit menyebabkan kerugian dan memilih cara yang memiliki kebaikan positif terbesar.

g. Mematuhi Hukum

Wirausahawan harus selalu mematuhi hukum, aturan, dan regulasi yang berkaitan dengan aktivitas bisnis mereka.

h. Komitmen Terhadap Keunggulan

Kejar kesempurnaan setiap saat dalam segala hal. Wirausahawan yang baik selalu mengejar kesempurnaan dalam menjalankan tugas mereka, memiliki informasi yang baik dan siap, dan terus berupaya untuk meningkatkan kemahiran mereka di semua bidang tanggung jawab.

i. Kepepimpinan

Kepemimpinan merupakan salah satu prinsip etika bisnis yang berpengaruh untuk keteladanan dan kehormatan baik bagi individu dan bisnis yang ia bangun. Wirausahawan harus sadar akan tanggung jawab dan peluang dari posisi kepemimpinan mereka dan berusaha menjadi teladan untuk etika yang positif dengan perilaku mereka sendiri dan dengan membantu menciptakan lingkungan di mana penalaran berprinsip dan pengambilan keputusan etis sangat dihargai.


Menerapkan etika dalam berbisnis juga dapat membangun kepercayaan antara bisnis dan konsumen. Jika konsumen merasa bahwa suatu bisnis dapat dipercaya, mereka akan lebih cenderung memilih bisnis tersebut daripada para pesaingnya. Selain itu, menjalankan bisnis sesuai etika bisa menarik investor dan pemegang saham. Menerapkan etika bisnis juga dapat bermanfaat bagi karyawan dan operasi bisnis. Etika dalam berbisnis tidak hanya dibutuhkan sebagai suatu sikap ketika bertemu dengan rekan bisnis tetapi juga sikap yang harus ditunjukkan kepada klien atau konsumen. Dengan memiliki etika bisnis yang baik, Anda bisa membangun citra yang baik pula.


Referensi:

Artikel website 

https://accurate.id/bisnis-ukm/12-prinsip-etika-bisnis-yang-harus-dimiliki-oleh-wirausahawan/

https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/etika-bisnis/

https://store.sirclo.com/blog/pengertian-etika-bisnis-dan-bisnisnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.