Juni 06, 2022

Ekspor untuk mendukung pertumbuhan ekonomi

 Oleh : Pasca Fitri Pratama (@T19-Pasca)

-       Latar Belakang

Dengan semakin banyaknya kebutuhan dan keinginan untuk menciptakan sesuatu yang baru serta terus berputarnya ekonomi, menjadikan organisasi atau pelaku usaha melihat peluang yang dapat diambil untuk memperluas atau meningkatkan ekonominya. Memperluas dan meningkatkan ekonomi juga dibarengi dengan memperluas usaha dan juga pasar dari produk yang dijual atau diperdagangkan.

Dalam hal ini, suatu perusahaan yang berada dalam suatu negara, dapat melakukan penjualan atau transaksi perdagangan ke perusahaan lain yang berada di negara lain pula, jika memang produk yang diperdagangkan memiliki izin dan juga mempunyai pasar di negara lain tersebut. Penjualan atau perdagangan produk dari sebuah perusahaan ke perusahaan lain antar negara biasa kita kenal dengan ekspor.

Ekspor memiliki peran dalam perkembangan usaha dan juga ekonomi suatu perusahaan bahkan hingga suatu negara. Karena dapat menambah keuntungan kotor negara. Kegiatan ekspor merupakan sebuah langkah yang dapat diambil ketika terdapat sebuah peluang dan juga kesempatan yang positif untuk meningkatkan ekonomi.

 

-       Pengertian Ekspor

Ekspor adalah sebuah kegiatan transaksi atau perdagangan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan di suatu negara dengan perusahaan yang ada dinegara lain dengan mengirimkan produk tersebut ke negara lain (keluar dari negara produsen). Atau secara singkat ekspor merupakan pengiriman sebuah produk atau barang ke luar negeri untuk diperdagangkan sesuai dengan peraturan dan juga ketentuan.

Ekspor merupakan kegiatan perdagangan internasional yang memiliki peranan penting dalam kegiatan ekonomi suatu negara. Ekspor merupakan sektor yang dapat memacu pertumbuhan ekonomi karena seiring dengan semakin banyaknya strategi industrial dalam mengembangkan produk serta untuk memenuhi kebutuhan pasar. Peranan ekspor dalam memenuhi kebutuhan tersebut karena tidak semua sumber daya ataupun hasil dari produksi yang diciptakan oleh perusahaan dalam negeri sepenuhnya hanya untuk atau dapat ditrerima oleh pasar yang ada didalam negeri, serta kekayaan sumber daya dan komoditas dari masing-masing negara juga dapat sangat berbeda, sehingga dalam hal ini negara lain butuh akan komoditas tersebut sedangkan negara lainnya memberikan komoditas tersebut dalam perdanganan internasional atau ekspor tersebut.

Namun dalam praktiknya , kegiatan ekpor atau perdagangan luar negeri harus sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah, sehingga dengan hal itu kegiatan eksporpun dapat berjalan sebagaimana mestinya dan akan dapat memberikan dampak yang positif , peraturan peraturan tersebut seperti pengurusan dokumen usaha, pengurusan izin bea keluar, menyiapkan dokumen produk, kontrak dagang dan sebagainya.

Selain mematuhi peraturan dan ketentuan, adapun ekspor yang dilakukan juga tidak semata-mata mencari keuntungan karena terdapat peluang atau pasar di luar negeri, namun sebelum melakukan kegiatan ekspor, kita harus memastikan bahwa komoditas yang akan di ekspor telah mencukupi untuk kebutuhan dalam negeri, sehingga komoditas yang di ekspor tidak memiliki kaitan dengan kebutuhan dalam negeri, selain itu juga

-       Manfaat dari ekspor

1.    Meningkatkan daya saing .

Ketika suatu negara melakukan perdagangan internasional seperti ekspor, keuntungan yang didapatkan adalah daya saing. Karena jika suatu negara memiliki sumber daya yang melimpah dapat menghasilkan komoditi dengan cara yang sehat maka komoditi tersebut dapat memberikan manfaat bagi dalam negeri serta dapat juga melakukan ekspansi ke pasar luar negeri.

2.    Meningkatkan keuntungan bisnis

Hal kedua manfaat dari ekspor adalah untuk meningkatkan keuntungan bisnis, karena keuntungan adalah tujuan utama dalam sebuah usaha atau bisnis. Sebuah produk yang dijual di dalam negeri dengan harga normal karena tercukupi kebutuhan, maka dapat dijual di luar negeri dengan harga yang lebih tinggi karena perbedaan kebutuhan.

3.    Membuka pasar yang lebih luas

Manfaat ekspor selanjutnya adalah sebaagi peluang untuk membuka pasar yang lebih luas lagi. Karena dengan memanfaatkan analisa dari kebutuhan pasaar maka produsen dapat mengambil keuntungan dengan menjadi pemimpin dalam pasar produk yang diperdagangkan tersebut.

4.    Meningkatkan kapasitas produksi.

Jika pasar ekpsor sudah sesuai dengan target dan kebutuhan suatu negara yang di ekspor tersebut meningkat, maka dapat membuat produsen untuk meningkatkan kapasitas produksinya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, hal ini tentu berimbas pada keuntungan yang didapatkan juga dapat semakin meningkat serta pembukaan lapangan pekerjaan juga semakin banyak.

5.    Memperkenalkan produk dalam negeri

Tentu manfaat yang juga merupakan salah satu poin plus ketika suatu negara melakukan ekspor adalah untuk memperkenalkan produk dalam negerinya.

6.    Menjalin dan mempererat kerjasama internasional

Secara tidak langsung, jika suatu negara membutuhkan suatu komoditas dan ada suatu negara yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut, terlebih jika komoditas itu sangat penting bagi negara tersebut, maka dapat menjalin hubungan internasional yang baik karena negara pembeli dapat memenuhi kebutuhannya dan negara penjual mendapatkan keuntungan.

 

                                                                                       

Referensi :

https://www.cnbcindonesia.com/mymoney/20220511125907-72-338113/mengenal-apa-itu-ekspor-impor-pengertian-tujuan-contohnya

https://www.jurnal.id/id/blog/definisi-ekspor-dan-ragam-peluang-bisnisnya/

https://marksharetraining.co.id/tujuan-dan-manfaat-kegiatan-ekspor-impor-bagi-perusahaan/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.