Juni 06, 2022

Peluang Bisnis Ekspor Bagi Pemula

Mohamad Rizki Trisnaryanto
Nim : 41620110046

Pendahuluan 

Mengekspor produk keluar negeri tak lagi sulit. Itu sebabnya, para pebisnis lokal mulai melirik peluang untuk melebarkan sayap dengan menjual produknya ke negara lain. Apalagi banyak kemudahan dan dukungan yang diberikan oleh pemerintah agar para pelaku UMKM dapat Go Digital dan Go Global. Ada cukup banyak kebijakan pemerintah dalam menunjang kemudahan melakukan bisnis ekspor kepada pelaku usaha kecil, menengah, maupun perusahaan besar. Hal ini dikarenakan bisnis ekspor mendorong perekonomian negara.

Menurut Presiden, partisipasi UMKM dalam ekonomi digital sangat penting karena menjadi pintu UMKM untuk masuk dalam rantai perdagangan global. Pemerintah pun tengah giat mengangkat UMKM naik kelas lewat program-program kewirausahaan yang dilakukan bekerjasama dengan berbagai pihak. Tentunya ini angin segar bagi pelaku UMKM sekaligus kesempatan untuk meluaskan bisnis hingga pasar global.

Pilih Produk Ekspor yang Menjanjikan

Pelajari dan lakukan analisa produk secara detail dari mulai bahan baku, tempat penyimpanan, maupun cara penggunaannya. Sebaiknya memilih produk yang tidak memiliki masa kadaluarsa atau yang waktu kadaluarsanya panjang, serta bisa digunakan atau dikonsumsi oleh orang dalam jumlah banyak, memilih produk yang proses penjualannya menggunakan sistem pre-order sebagai solusi minim modal.

Pilih negara berdasarkan karakter dan budaya masyarakatnya, atau yang Anda tahu pasti merupakan segmen pasar yang cocok dan akan menyukai produk yang di ekspor. Lakukan analisa pasar dan jika perlu informasi penjualan mengenai produk pesaing (jika ada), dan juga tata cara pelaksanaan ekspor di negara tersebut. Misalnya, peluang ekspor produk halal, tidak hanya ke negara-negara dengan mayoritas masyarakat beragama Islam tapi juga dapat mlirik negara-negara di luar itu, karena peminatnya produk halal cukup banyak. 

Dokumen Ekspor

Persiapkan dokumen ekspor yang lengkap, seperti invoice, packing list, dan bill of landing ini juga akan memudahkan proses administrasi ketika produk memasuki negara tujuan. Selain itu penting juga untuk UMKM siap ekspor memiliki sertifikasi sesuai dengan produk yang  dimiliki, serta cari tahu juga sertifikasi apa saja yang diminta oleh negara tujuan ekspor. 

Marketing

Persiapkan dokumen ekspor yang lengkap, seperti invoice, packing list, dan bill of landing ini juga akan memudahkan proses administrasi ketika produk memasuki negara tujuan. Selain itu penting juga untuk UMKM siap ekspor memiliki sertifikasi sesuai dengan produk yang kamu miliki, serta cari tahu juga sertifikasi apa saja yang diminta oleh negara tujuan ekspor. 

Mengikuti pameran produk ekspor dan menggunakan fitur business meeting yang disediakan oleh penyelenggara pameran produk ekspor sangat bermanfaat untuk memperkenalkan produk kepada para pengunjung pameran yang sebagian besar adalah calon pembeli dari negara lain. Tak hanya brand awareness produk yang akan semakin meningkat, kamu juga dapat memperluas jaringan bisnis dan mendapatkan informasi yang valid seputar tata cara ekspor.

Refferensi 

https://www.harapanrakyat.com/2020/11/cara-menjadi-eksportir-pemula/

https://keeppack.id/cara-ekspor-barang-yang-wajib-diketahui-pebisnis-pemula/

https://www.finansialku.com/cara-memulai-bisnis-ekspor-modal-kecil/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.