Agustus 31, 2022

KEWIRAUSAHAAN BERBASIS TEKNOLOGI DI ERA INDUSTRI 4.0



Oleh : Yulfara Kartini (@V05-YULFARA)

Abstrak

Latar Belakang artikel ini yaitu adanya perkembangan teknologi di Era Industri 4.0. Hal ini menyebabkan sebagian pelaku usaha atau entrepreneur semakin menghadapi banyak persaingan akibat banyaknya pesaing yang juga mulai memanfaatkan teknologi dengan baik. Artikel ini bertujuan agar para pelaku usaha mengetahui bagaimana cara menjadi entrepreneur yang sukses dengan mengembangkan usaha yang berbasis teknologi (Technopreneurship). Bermacam-macam usaha yang sering dijumpai mulai dari usaha UMKM hingga startup sudah mulai memanfaatkan teknologi secara maksimal. Penggunaan teknologi terbukti dapat membuat usaha semakin berhasil dan tetap relevan dengan pembaharuan yang dilakukan.

Keywords: Entrepreneur, Teknologi, Industri 4.0


Pendahuluan 

Di era digital seperti saat ini banyak wirausaha yang telah memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana utama dalam menjalankan usahanya. Karena semakin meningkatnya persaingan di dunia usaha, menjadikan penggunaan teknologi informasi ini menjadi kebutuhan yang penting untuk menunjang pengembangan dan keberlangsungan usaha. Dizaman modern ini sebenarnya tidak ada kendala berarti untuk memulai bisnis, tentunya dengan bermodalkan kreativitas dan keberanian maka dapat terciptanya sebuah usaha baru. Perkembangan teknologi informasi tidak bisa dihindari, bukan hanya membantu untuk hidup lebih modern namun dunia usaha juga ikut terbantu dengan teknologi informasi yang berkembang. 

Salah satu jenis aplikasi teknologi informasi yang banyak digunakan di dunia bisnis yaitu electronic commerce (e-commerce). E-commerce ini merupakan transaksi jual-beli barang atau jasa dengan menggunakan internet. Pada konsumen, internet ini digunakan sebagai sumber informasi untuk melakukan pembandingan harga atau bahkan hanya melihat produk-produk terbaru yang ditawarkan sebelum melakukan pembelian. Sedangkan pada sisi produsen sendiri, penggunaan internet ini adalah untuk berhubungan dengan pelanggan bahkan supplier. 

Permasalahan 

Saat ini, sebagian wirausaha masih menolak fakta bahwa industri 4.0 dapat mempengaruhi usaha atau bisnis mereka dan sebagian lainnya mencoba untuk beradaptasi bahkan sebagian yang lain sudah mengaplikasikannya. Industri 4.0 memang masih terus berkembang dan di era ini pelaku usaha sedang bersaing mengenai bagaimana meningkatkan kemampuan untuk dapat bertahan. Tidak semua pelaku usaha mempersiapkan diri untuk menuju penerapan teknologi untuk beradaptasi dengan model bisnis, karena model bisnis yang sama dan digunakan secara berulang-ulang memiliki peluang yang tidak lagi relevan di era industri 4.0. Dengan semakin canggih teknologi, tanpa disadari bisa mengubah cara dan perilaku konsumen. Selain itu, pelaku usaha juga memiliki ancaman usaha berbasis teknologi ini karena banyaknya pelaku usaha yang lahir dan menciptakan banyak penawaran yang tinggi dalam masyarakat tanpa di iringi dengan adanya permintaan yang cukup.

Pembahasan 

Dari permasalah yang ada bahwa persaingan untuk menjadi sukses sebagai entrepreneur ini menjadi lebih ketat. Tetapi, di era industri 4.0 juga memiliki hal positif yang membuat entrepreneur menjadi lebih mudah dengan dukungan teknologi. Adapun cara untuk sukses menjadi entrepreneur di era industri 4.0 ini yaitu: 
  • Menjadi entrepreneur yang mau belajar 
Dimana untuk menjadi sukses, entrepreneur harus mempunyai keinginan dan kemampuan beradaptasi serta mau menerima perubahan yang terjadi. Ide yang sudah tercetus selama 3 bulan lalu mungkin saja saat ini sudah tidak relevan lagi.
  • Memanfaatkan teknologi yang paling efektif 
Apapun bidang usahanya, tentunya selalu ada teknologi yang paling tepat untuk digunakan dan di implementasikan. Penentuan teknologi yang tepat ini dilakukan setelah menentukan tujuan bahkan pangsa pasar. Karena ini dapat membuat bisnis yang dijalankan terlihat professional dan meningkatkan kepercayaan konsumen.
  • Dapat menerima kegagalan 
Kegagalan pada dasarnya memang tidak dapat dihindari, hal yang lebih penting adalah bagaimana seorang entrepreneur bereaksi dan belajar dari kegagalan. Karena hal awal untuk menjadi seorang entrepreneur adalah mengurangi bicara dan perbanyak aksi. 
  • Lebih teliti dalam melihat peluang bisnis 
Entrepreneur hebat selalu meluangkan waktu untuk melihat bagaimana perkembangan bisnis atau usahanya. Serta perlu juga untuk meneliti bagaimana proses yang dilakukan oleh pesaing dan menemukan apa yang dapat dilakukan untuk lebih baik dari pesaing usahanya.

Terdapat beberapa tokoh di Indonesia yang berhasil menyambut era Industri 4.0 dan menjadikan peluang bisnis atau usahanya. Acmad Zack dan Bukalapak, dimana ini adalah sebuah e-commerce yang menampung para pelaku UMKM. Bukalapak juga sudah menarik banyak investor, baik dalam negeri maupun luar negeri. Lalu ada Ferry Unardi dan Traveloka, dimana traveloka ini menjadi salah satu e-commerce terkemuka di Indonesia. Awalnya Traveloka ini hanya berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat, namun seiring dengan perkembangan teknologi Traveloka berubah menjadi situs reservasi tiket dimana konsumen dapat melakukan pemesana pada situs resmi maskapai. Dan yang terakhir ada Nadiem Makarim dan Gojek. Ide dari merintis startup bernama Gojek adalah karena prihatin dengan kesulitan yang dihadapi oleh tukang ojek di sekitarnya kurang produktif. Dan seiring perkembangan zaman ini, aplikasi Gojek tidak hanya digunakan untuk memesan ojek saja tetapi juga untuk memesan makanan baik dari restoran ataupun usaha UMKM dan banyak fungsi lainnya yang dapat memudahkan para konsumen. 

Kesimpulan 

Dengan adanya era Industri 4.0 memang tidak dapat dihindari, sehingga sebagai seorang entrepreneur harus mempersiapkan diri dengan perubahan-perubahan yang ada. Karena entrepreneur akan merasakan langsung dampak dari kemajuan teknologi saat ini. Inilah yang disebut kewirausahaan berbasis teknologi (Technopreneurship). Dari beberapa tokoh entrepreneur sukses di era digitalisasi ini dapat diambil salah satu pelajaran bahwa sebuah ide usaha bisa datang dari mana saja, termasuk masalah sosial atas kondisi masyarakat ataupun kesulitan masyarakat untuk memperoleh informasi. 

Daftar Pustaka 

Muhammad, Dapi Sulaiman (2019). Kewirausahaan Di Era Digital (Era Industri 4.0). Bandung. 

Nasution, Azri (2021). Kewirausahaan Di Era Digital. Univa. Medan. 

Marr, Bernard (2018). What is Industry 4.0? Here’s A Super Easy Explanation For Anyone. Online. 

Kivo, Dillion (2018). How To Find Succes As An Entrepreneur In The Digital Age. Online.

Modul Mata Kuliah Kewirausahaan 3. Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Video Pembelajaran. Kang Atep Afia Channel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.