September 24, 2022

Bewirausaha Pada Pasar Global

 


Oleh : @V35-Kamaludin



Abstrak

        Kewirausahaan bertujuan meningkatkan daya saing, menyediakan lapangan pekerjaan, mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan. Pasar Global merupakan pasar yang dikenal dengan luas. Wirausaha masa kini tidak bisa lagi menghindar dari situasi dan kondisi perdagangan bebas dunia, apalagi kalau ingin berperan lebih besar di perekonomian dunia. Untuk menghadapi tantangan tersebut, dibutuhkan wirausaha-wirausaha yang tahan banting, punya daya saing global dan memegang nilai-nilai luhur, mencintai produknya dan cinta pada negerinya.

Kata Kunci : Wirausaha, Pasar, Global, Pasar Global.

Pendahuluan

        Kewirausahaan merupakan suatu sikap dan perilaku berwirausaha, menurutnya, seorang wirausahawan ialah orang yang inovatif, antisipatif, inisiatif, penuh resiko dan berorientasi pada laba. (Sudjana: 2011). Pasar global adalah sebuah pasar yang transaksi antara penjual dan pembeli melingkupi cakupan dunia, dari satu negara ke negara lain. Beda halnya dengan pasar lokal yang jalur distribusinya hanya mencakup satu negara saja. Hal ini dalam berwirausaha, memasarkan atau memperkenalkan sebuah produk pada dunia akan mendapatkan keuntungan. Munculnya pasar global karena suatu negara yang ingin memenuhi kebutuhan para warganya. Setiap negara memang mempunyai sumber daya alam serta variasi yang cukup terbatas. Untuk itu, agar tetap bisa memuaskan kebutuhan para warganya maka akan terjadi transaksi impor dan ekspor.


Pembahasan

            Salah satu kunci kesuksesan bisnis adalah ketika bisnis tersebut telah dikenal secara luas, tidak hanya di lingkungan lokal saja tetapi juga telah mampu mengembangkan bisnisnya secara internasional. Perusahaan-perusahaan ternama kelas dunia yang kita ketahui seperti Indomie, McDonald, Microsoft, Apple, Samsung, Yamaha dan banyak perusahaan lain berhasil meraih kesuksesan di pasar global melalu berbagai upaya strategis serta dalam waktu yang tidak sebentar. Perkembangan teknologi semakin canggih dari zaman ke zaman, hal ini membuka peluang bagi para wirausaha untuk memperkenalkan produknya dan menyusul perusahaan-perusahaan ternama yang lebih dulu masuk pada pasar global. Karakteristik pasar yang tidak mengenal batasan wilayah geografis dengan adanya internet ini, internet dimanfaatkan serta digunakan untuk memasarkan produk ke pasar global dengan mudah.

Strategi Memasuki Pasar Global

           Ekspor adalah salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan penjualan atau mengeluarkan barang dari dalam negeri dan dikirimkan ke negara lain. Apabila melakukan Ekspor dalam skala besar, pengirimannya harus dibantu oleh bea cukai di negara penerima dan pengirimnya. 
bea cukai adalah biaya tambahan untuk barang-barang yang memiliki potensi sifat-sifat merugikan atau efek samping bagi penggunanya. Impor adalah kegiatan pembelian jasa atau barang dari suatu negara yang di kirim ke negara lain, dalam skala yang besar Impor juga memerlukan bea cukai sebagai bantuan pengirimannya. Tujuan diadakannya Ekspor dan Impor adalah upaya memenuhi serta mensejahterakan kebutuhan masyarakat, dan menambah pendapatan devisi bagi negara. 
Tujuan Ekspor antara lain :
  1. Membuka perdagangan luar negeri
  2. Menambah pendapatan devisa negara
  3. Menambah harga jual tinggi
Tujuan Impor :
  1. Memenuhi kebutuhan masyarakat.
  2. Kebutuhan barang produksi dapat diperoleh dari luar negeri.
  3. Kebutuhan barang yang diperoleh terjangkau oleh masyarakat.
Adapun Manfaat dari Ekspor dan Impor antara lain,
Pada Ekspor 

  1. Menambah pendapat devisa Devisa ialah pendapat yang sangat penting untuk meningkatan perekonomian suatu negara berkembang maupun maju.
  2. Menambah lapangan kerja tersedianya lapangan kerja yang besar dalam upaya untuk mengurangi angka pengangguran di dalam negeri.
  3. Memperluas perdagangan bagi produk dalam negeri Kegiatan ekspor berperan sentral dalam pemasaran produk-produk dalam negeri ke luar negeri.
Pada Impor 
  1. Memperoleh bahan baku.
  2. Memperoleh teknologi modern. 
  3. Menambah pendapatan devisa.

Keuntungan dan Kerugian Berwirausaha pada Pasar Global

Keuntungan :
  • Meningkatkan penjualan dan keuntungan dengan memanfaatkan peluang pasar baru dan sedang tumbuh.
  • Meningkatkan ketersediaan bahan baku murah.
  • Untuk meningkatkan daya saing (kualitas tinggi dari produk dan biaya rendah).
Kerugian :
  • Interaksi dengan berbagai kompleks bangsa dengan beragam ekonomi, sosial, budaya dan sebagainya.
  • Komunikasi menjadi sulit karena perbedaan bahasa, geografi, perbedaan budaya dan sebagainya.
  • Sulit untuk menganalisis persaingan masa kini dan masa depan di banyak negara, karena perbedaan dalam struktur industri dan praktek bisnis.
Kesimpulan 
            Berwirausaha dipasar global tentunya sangat mendapatkan keuntungan bagi para wirausahawan yang ingin memperkenalkan produknya secara luas, hal itu sangat mempopulerkan apa yang dipasarkan pada dunia perdagangan, berwirausaha tidak mudah, banyak langkah serta syarat-syarat yang harus dipenuhi. Pada zaman yang canggih ini wirausaha perlu memanfaatkan beberapa teknologi yang mulai berkembang, seperti internet agar memudahakan bisnis yang kita pasarkan berjalan sesuai dengan rencana.

Referensi
Afia Hidayat, Atep. (2022). Modul Kewirausahaan III : Strategies For Going Global and Barrier to International Trade. Universitas Mercu Buana Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.