September 11, 2022

JIWA KEPEMIMPINAN DALAM KEWIRAUSAHAAN

 

Oleh: Rahmat Bagus Dewanto (@V40-RAHMAT)



ASBTRAK

Menjadi seorang wirausahawan sebenarnya adalah orang yang mampu memimpin diri sendiri dan juga perusahaan tempat ia memimpin para bawahannya. Kepemimpinan merupakan suatu pengaruh yang diberikan kepada orang lain untuk mempengaruhi tindakan mereka melalui komunikasi. Demi mencapai suatu tujuan dalam proses kepemimpinan, diperlukan usaha untuk membujuk orang lain untuk bekerja sama.

Seorang pemimpin pada dasarnya harus memiliki fungsi, diantaranya adalah mengarahkan, membina, mendelegasi, mengatur, mengevaluasi orang-orang yang dipimpin untuk mencapai suatu tujuan sesuai dengan visi, misi dan arahan dari pemimpin. Kegagalan dalam mencapai hasil, sasaran dan tujuan dari organisasi atau kelompok tersebut merupakan kegagalan dari proses kepemimpinan itu sendiri mengingat setiap arahan terpusat pada pimpinan.

PEMBAHASAN

Seorang pemimpin memiliki beberapa fungsi yaitu mengarahkan, mendelegasi, mengatur, membina dan sebagainya. Jika muncul suatu kegagalan berarti kepemimpinan itu bisa dianggap gagal juga. Hal ini dikarenakan semua yang dilakukan adalah berdasarkan dari arahan sang pemimpin.

Pemimpin juga harus memiliki karakter dalam memimpin setiap karyawannya. Karakter-karakter tersebut diantaranya:

·       -  Keberanian untuk bertindak.

·        - Membangun tim yang solid.

·         -Menjadi pendengar yang baik.

·         -Berani mengambil risiko. Keputusan apapun yang sudah diputuskan akan mempunyai resiko. Pemimpin dituntut untuk berani mengambil resiko dan menghadapinya demi menuju tujuan yang ingin dicapai.

·         -Memiliki seorang mentor atau pembimbing.

·         -Pikiran yang terbuka.

·         -Memiliki kepercayaan diri (self confident).

 

DAFTAR PUSTAKA

https://www.finansialku.com/para-entrepreneur-bagaimana-kepemimpinan-seorang-wirausaha/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.