September 04, 2022

KREATIVITAS DI TENGAH LEBARNYA PELUANG PASAR

(@V33-Meli)

ABSTRAK

Setiap komponen dalam dunia ekonomi memiliki peluang, namun tidak semua orang bisa menemukan peluang tersebut. Dalam menemukan peluang tersebut harus melihat keadaan pasar dalam semua sisi. Setelah melihat berbagai sisi dalam pasar, untuk mendapatkan peluang pasar yang besar ini memerlukan suatu kreativitas dan tahapan yang harus dilakukan.

Kata Kunci : Kreativitas, Peluang

PENDAHULUAN

Dalam era globalisasi yang semakin besar tentu membuat semua sektor dalam kehidupan pun ikut berkembang, salah satunya dalam sektor ekonomi. Seiring dengan perkembangan ekonomi yang semakin luas ini, maka sejalan pula dengan besarnya peluang usaha yang ada di dalamnya. Selain itu dengan tidak terbatasnya jarak dan waktu tentu makin membuat kesempatan dalam berwirausaha terbuka lebar. Dalam mencari peluang yang ada di pasar besar tersebut tentu diperlukan suatu kemampuan membaca pasar, kompetenitas, keuletan, serta yang paling penting ialah suatu kreativitas.

PERMASALAHAN

Dalam perkembangan pasar yang sangat besar ini, mencari peluang usaha dapat dikatakan gampang-gampang sulit karena dalam pasar yang besar tentu peluang yang ada sangat banyak, namun dalam menemukan peluang tersebut perlu adanya kreativitas dan tahapan yang harus dilakukan. Bagaimana menumbuhkan cara kreativitas? serta, Bagaimana tahapan dalam menemukan peluang?

PEMBAHASAN

Dalam upaya menemukan suatu peluang yang ada di pasar besar tentu diperlukannya suatu kreativitas dalam menemukan peluang yang ada. Kreativitas tidak semata-mata hadir begitu saja tanpa adanya usaha dan cara.

Cara Meningkatkan Kretivitas dalam Berwirausaha

o   Lebih sering mengamati

Kreativitas dan inovasi timbul dari pengamatan yang kita lakukan. Amati lebih banyak dan biarlah pikiran kita mengalir secara natural saat kita mengamati sesuatu.

Mengamati benda-benda yang ada di kantor, rekan kerja dan hal yang mereka lakukan atau hal lain yang berkaitan dengan pekerjaan kita membuat kita memiliki pandangan lain terhadap suatu hal

o   Menghubungkan diri dengan pemikiran yang baru

Semakin kita memiliki keingintahuan yang tinggi, semakin besar peluang kita untuk memiliki kreativitas dan inovasi. Memukan pengetahuan baru atau keterampilan baru yang dapat dipelajari membuat pengetahuan kita semakin besar.

o   Selalu Berpikir Kritis

Berpikir kritis dapat membuat kita mencari pengatahuan secara detail. Seorang yang memiliki pikiran kritis akan berusaha mencari tau sesutu secara detail dan terperinci. Dengan berpikir seperti ini dapat membuat pikiran kita terlatih.

o   Membangun Relasi dan Mencari Sudut Pandang Orang Lain

Dengan bertemu banyak orang dan mendengar cerita mereka, kita akan menemukan hal baru yang mungkin kita belum tau dan dapat membantu kita menemukan suatu hal baru.

 

Tahap Menemukan Ide dan Peluang Usaha

Menentukan ide dan peluang usaha memerlukan pemikiran yang jernih. Selain itu diperlukan pula analisis situasi lapangan terkait bisnis yang hendak dijalankan. Tahap-tahapnya yaitu

o   Mengetahui kemampuan pribadi

Dengan kita tahu kemampuan yang kita miliki, maka kita akan tahu usaha seperti apa yang sekiranya dapat kita lakukan.

o   Pilih Sesuatu yang Sedang Tren

Perhatikan bisnis atau persoalan apa yang sedang tren saat ini. Dari sini Anda bisa menemukan celah peluang bisnis. Dengan begitu, ide yang kita miliki bisa diterima lebih baik oleh masyarakat. Bukan berarti kita menjual produk yang sifatnya musiman, tetapi kita coba untuk mengikuti perkembangan untuk mempermudah pengenalan bisnis.

o   Melihat Keunikan pada Produk

Membuat produk dengan melihat keunikan yang mmenjadikan produk kita berbeda dibandingan produk-produk serupa di luar sana. Dalam hal ini, kreativitas adalah sesuatu yang penting. Kita dapat menggunakan prinsip ATM (amati, tiru, modifikasi).Pikirkan sesuatu yang out of the box. Imajinasi seorang pengusaha sangat penting, karena membuat produk bisa bersaing di pasaran.

o   Meakukan Riset Pasar

Walaupun berbasis kreativitas, setiap keputusan bisnis wajib berbasis data. Hal ini penting untuk mengetahui permintaan masyarakat.

KESIMPULAN

Untuk menemukan peluang dalam berwirausaha, selain harus melihat semua sisi keadaan pasar, kita juga harus menggali kreativitas ide kita. Kita harus bisa menemukan suatu produk yang unik dan beda dengan yang lain.

DAFTAR PUSTAKA

https://www.solopos.com/bagaimana-menemukan-peluang-bisnis-dengan-hasil-yang-menjanjikan-1143945

https://www.studilmu.com/blogs/details/6-cara-menumbuhkan-kreativitas-dan-inovasi

Afian Hidayat, Atep. 2022. Modul Perkuliahan Kewrausahaan III. Jakarta : Universitas Mercu Buana



 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.