September 04, 2022

Langkah Awal Membangun Kewirausahaan

Langkah Awal Membangun Kewirausahaan


Oleh : Muhammad Kamaludin Fasya (@V35-KAMALUDIN)

Abstrak 

        Untuk memenuhi syarat kebutuhan berwirausaha, kita menyadari bahwa kebutuhan di dunia sangat banyak. Semua orang yang berwirausaha pasti menginginkan apa yang ingin mereka capai, dengan berwirausaha semua orang dapat memiliki banyak kesempatan untuk terus maju dan berkembang. Semua orang bisa menjadi wirausahawan ketika mereka menumbuhkan jiwa wirausaha pada dirinya. Oleh karena itu, setiap orang diberikan ide yang kreatif dan inovatif untuk memulai suatu tantangan yang baru agar tercapainya suatu tujuan.

Kata kunci : wirausaha

Pendahuluan 

        Wirausaha secara historis sudah dikenal sejak diperkenalkan oleh Richard Castillon pada tahun 1755. Pendidikan kewiraushaan mulai dirintis sejak 1950-an dibeberapa negara Eropa, Amerika dan Kanada. Bahkan sejak 1970-an banyak universitas yang mengajarkan kewirausahaan atau menejemen usaha kecil. Di Indonesia, kewirausahaan dipelajari baru terbatas pada beberapa sekolah atau perguruan tinggi tertentu saja. Menurut Ma'sud Machfoedz & Mahmud Machfoedz inovasi kewirausahaan adalah salah satu yang memiliki kesempatan untuk berubah menjadi sebuah ide yang bisa dijual, dapat memberikan nilai tambah melalui usaha, biaya, waktu dan keterampilan yang bertujuan untuk membuat keuntungan. Berwirausaha merupakan trobosan guna menanggulangi angka pengangguran. Sebagai wirausahawan, karir dalam menjalani suatu bisnis dapat menawarkan kesempatan individu untuk mendapatkan finansial dan menciptakan pertumbuhan ekonomi karena dapat menciptakan lapangan kerja yang baru (Basu & Vrick, 2007). 

Pembahasan

A. Pengertian kewirausahaan

        Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata wirausaha merupakan gabungan dari dua kata yaitu wira dan usaha, wira sendiri dapat diartikan sebagai pahlawan atau laki-laki, sedangkan usaha meruapakan sebuah kegiatan dengan mengerahkan tenaga dan pikiran untuk mencapai suatu maksud. namun menurut Fahmi (2013:1) Kewirausahaan adalah suatu ilmu yang mengkaji tentang pengembangan dan pembangunan semangat kreativitas serta berani menanggung risiko terhadap pekerjaan yang dilakukan demi mewujudkan hasil kartya tersebut.

B. Faktor-faktor dalam membangun kewirausahaan

  1. Kreativitas
  2. Ide
  3. Peluang
  4. Kecocokan
  5. Teknologi
C.  Langkah-Langkah membangun kewirausahaan
  1. Lakukan Riset
    Untuk menjadi wirausahawan yang sukses, tentu harus memulai dengan menemukan ide bisnis yang tepat, hal ini maka diperlukan riset terlebih dahulu.
  2. Buat perencanaan bisnis
     
    Setelah menemukan ide bisnis langkah selanjutnya merealisasikannya dengan membuat perencanaan bisnis. Perencanaan ini berfungsi sebagai guide usaha tersebut agar berjalan sesuai. 
  3.  Rencanakan keuangan
     Bisnis tanpa modal sulit terealisasi. Meski begitu modal atau unag bukanlah parameter utama, namun sia-sia jika suatu bisnis tidak diimbangi dengan perencanaan keuangan yang matang.
  4. Tentukan badan usaha bisnis dan nama brand
    Bisnis besar maupun kecil harus menentukan bagaimana kepemilikannya, apakah perseorangan, kemitraan, perseroan terbatas atau korporasi. Setelah itu, tentukan nama brand yang ingin digunakan. Gunakan nama yang sesuai dan bisa menggambarkan bidang usaha tersebut.
  5. Lakukan pengurusan dan surat izin terkait
    Legalitas dokumen dan izin usaha merupakan salah satu hal yang tergolong cukup penting. Tentunya sesuai bidang usaha yang dijalani, jika usaha yang dijalani adalah makanan biasanya harus memiliki sertifikat halal dari MUI dan terdaftar di badan POM.
  6. Menyiapkan lokasi yang tepat
    Tempat yang strategis akan berpengaruh pada kelangsungan bisnis tersebut. Pastikan lokasi tersebut cukup strategi dan mudah dijangkau konsumen.
  7. Siapkan tim sesuai kebutuhan
    Jika bisnis yang dibangun membutuhkan banyak resource, tentu harus bisa menemukan karyawan yang memiliki keahlian dibidang tersebut.
  8. Lakukan promosi dan pemasaran
    Promosi dan pemasaran berfungsi untuk menarik pelanggan agar mau membeli produk yang kamu tawarkan, untuk bisnis yang tergolong baru kamu bisa menawarkan kepada teman dekat mu, jika sudah siap dipasarkan lebih luas kamu bisa memasarkan lewat media sosial atau E-commerce.
D. Ciri-ciri membangun kewirausahaan
  1. Memiliki Visi dan tujuan yang jelas
  2. Inisiatif dan pro-aktif
  3. Berorientasi pada prestasi
  4. Berani ambil risiko
  5. Kerja keras dan cerdas
  6. Bertanggung jawab serta berkomitmen
Kesimpulan

        Kewirausahaan dipandang sebagai fungsi yang mencakup peluang-peluang yang muncul dipasaran. Seorang wirausahawan harus siap menghadapi risiko atau peluang yang muncul, serta tindakan yang kreatif dan inovatif. Dimana dalam menciptkan sesuatu yang baru harus dipersiapkan segala sesuatu yang cukup matang, tanpa persiapan maka suatu yang dijalankan akan tidak beraturan dan yang terpenting dalam menjalankan suatu bisnis kita harus mempunyai tekad yang besar dan konsisten.      

Daftar Pustaka

Modul Mata Kuliah Kewirausahaan 3. Universitas Mercu Buana. Jakarta

Wahyu Octian, Ardito. (2022, Maret 14). Langkah-langkah untuk menjadi wirausahawan yang sukses.

Kurniawan, Aris. (2022, Agustus 9). Pengertian kewirausahaan. 

https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-kewirausahaan/ 
      


        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.