September 04, 2022

 

Langkah Sukses Start Up menjadi Wirausaha

Putri Virginia Valensi ( @V26-VIRGINIA)



Abstrak

Di zaman modern ini, tentu kita tidak asing dengan istilah pada hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, website, internet, dan lainnya. Semakin banyak orang yang mengenal internet sebagai ladang baru untuk memulai bisnisnya. Dan waktu itu pula lah, Startup lahir dan berkembang. Dengan kata lain Startup adalah bisnis rintisan. Istilah ini sudah dikenal luas sejak era internet. Faktornya adalah banyak perusahaan memulai dari nol dengan satu atau beberapa orang dan tumbuh dengan ide ide motivasi yang mengedepankan idealisme dan memaksimalkan keterampilan mereka. Pada dasarnya seseorang untuk menjadi wirausaha yang handal tidaklah mudah. Tetapi tidaklah sesulit yang dibayangkan banyak orang, karena sebenarnya berwirausaha dapat dipelajari oleh setiap orang. Kemauan dan kemampuan untuk mengambil risiko merupakan salah satu nilai utama dalam kewirausahaan. Memulai start up  merupakan suatu hal yang penting dalam melakukan usaha, oleh sebab itu memerlukan kiat yang tepat untuk memperoleh kesuksesan

Kata kunci : Star Up, Wirausaha

Pendahuluan

Pada zaman sekarang perkembangan teknologi semakin pesat terkait dari itu mempengaruhi nilai perekonomian semakin tinggi. Maka dari itu untuk memulai usaha atau ingin menjadi wirausaha yang sukses kita harus start up lebih agresif dalam membuat bisnis mereka nyata. Wirausaha merupakan orang yang mengorganisir dan mengarahkan usaha baru. Wirausaha berani mengambil risiko yang terkait dengan proses memulai usahanya. Beberapa Wirausaha dapat terlahir dalam suatu seni dengan mulai membuka usaha kecil-kecilan seperti kedai nasi, kios rokok, bengkel sepeda, dan akhirnya terus berkembang menjadi besar dan sukses. Kebanyakan dari mereka yang belajar menjadi Wirausaha, selalu mengikuti dan mempelajari keberhasilan para Wirausaha yang berpengalaman. Mungkin mereka telah mengagumi keberhasilan seseorang, kerabat, kawan, atau dari orang tua.

Permasalahan

Sering kali wirausaha gagal dalam memulai suatu start up, ada juga usaha yang tidak berhasil sesuai dengan suatu rencana usaha dan Perkembangan kegiatan ekonomi terus tumbuh dan mengalami pasang surut. Kondisi ini menyebabkan setiap orang berusaha mengembangkan diri dengan kompetensi yang dimiliki untuk mengembangkan ide dan meraih peluang yang terukur dan tingkat prestasi tertentu pula. Oleh karena itu kegagalan dalam suatu usaha Karena tidak memahami mengenai tentang start up.

Pembahasan

Dari permasalahan di atas kita harus memahami mengenai tentang start Up itu sendiri, berikut ini pembahasannya :

Pengertian Star up

Kata Startup sendiri merupakan serapan dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis. Namun, menurut Ronald Widha dari TemanMacet.com, Startup tidak hanya perusahaan baru yang bersentuhan dengan teknologi, dunia maya, aplikasi atau produk tetapi bisa juga mengenai jasa dan gerakan ekonomi rakyat akar rumput yang bisa mandiri tanpa bantuan korporasi-korporasi yang lebih besar dan mapan.

Menurut Eric Ries, Penuli buku The Lean Start-up, start-up is a human instituation designed to deliver a new product or service under conditions of extreme uncertainty. Start-ups are designed for the situations that cannot be modeled, are not clear-cut, and where the risk is not necessarily large-it’s just not yet know”

Start-up merupakan institusi yang dirancang untuk menghasilkan produk atau layanan baru untuk menyelesaikan masalah masyarakat dalam kondisi ketidakpastian yang ekstrem. Terkadang start-up dirancang untuk situasi yang tidak dapat dimodelkan, tidak jelas dan segala risikonya belum tentu sebesar yang dibayangkan dan misterius.

Beberapa karakteristik perusahaan Startup di antaranya:

  • Usia perusahaan kurang dari 3 tahun.
  • Jumlah pegawai kurang dari 20 orang.
  • Pendapatan kurang dari $ 100.000/tahun.
  • Masih dalam tahap berkembang.
  • Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi.
  • Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital.
  • Biasanya beroperasi melalui website.

Dari karakteristik tersebut mungkin nampak bahwa stratup lebih condong ke perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan web.

Tahapan Tahapan Star up

·      Ideation

Yaitu Biasanya Ide muncul karena terjadi suatu masalah kecil. Ide juga bisa disebut sebagai solusi dalam pemecahan suatu masalah.

·      Product Development

Yaitu suatu ide yang direalisasikan, dibuat, diciptakan, untuk menjadi suatu produk atau layanan lalu di kembangkan dengan keterampilan atau keahlian seseorang wirausaha

·      Getting User and Marketing

Yaitu memasuki pasar dalam hal ini wirausaha memerlukan  strategi marketing yang tepat karena  sangat penting untuk membantu startup dalam membangun strategi di awal, serta mengevaluasi strategi tersebut di akhir.

·      Rapid Growth

Yaitu produk yang berkemkembang pesat hampir mencapai target. biasanya tingkat penjualan melonjak karena mayoritas pasar telah menerima dan mengetahui kehadiran produk tersebut.

·      Maturity

Yaitu Tercapainya titik tertinggi dalam penjualan adalah salah satu tanda produk memasuki tahap kematangan.

·      Steady Growth or Decay

Yaitu Berkembang atau menurunnya produk pada pasaran. Maka dari itu perusahaan perlu meningkatkan kualitas produk dan memperluas lini produk untuk menarik segmen pasar yang lebih luas. 

 

Langkah-langkah memulai wirausaha

·      Pilih bidang usaha yang Anda minati dan memiliki hasrat dan pengetahuan di dalamnya.

·      Perluas dan perbanyak jaringan bisnis dan pertemanan.

·      Pilihlah keunikan dan nilai unggul dalam produk/jasa anda.

·      Jaga kredibilitas dan brand image.

·      Berhemat dalam operasional secara terencana serta sisihkan uang untuk modal kerja dan penambahan investasi alat-alat produksi/jasa.

Kesimpulan

Wirausaha adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis; mengumpulkan sumber daya-sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat dan mengambil keuntungan dalam rangka meraih sukses. Start Up merupakan suatu hal yang penting dalam melakukan usaha, oleh sebab itu memerlukan kiat yang tepat untuk memperoleh kesuksesan. dapat disimpulkan bahwa startup didefinisikan sebagai model bisnis baru untuk mendirikan bisnis dengan kemampuan memanfaatkan fasilitas teknologi secara maksimal yang didukung oleh perencanaan yang matang, idealisme individu, dan tema bisnis yang baik.

Daftar Pustaka

Ikaputera Waspada, 2004. Kiat mengembangkan ide dan meraih peluang. Jakarta

Journal of Business Venturing Volume 11, Issue 3 , May 1996, Pages 151-166

Vidio Pembelajaran Merintis Start Up Diawali dari Sebuah Ide ( https://youtu.be/CteX8i0hJeQ )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.