September 11, 2022

LEADERSHIP KUNCI WIRAUSAHAWAN HEBAT


Oleh : Marlina Christiaji (@V24-Marlina)
 
Abstrak 
    Kewirausahaan adalah hal yang penting untuk masa sekarang. Banyak masyarakat yang selalu mencari pekerjaan ditengah terbatasnya lapangan pekerjaan. Usaha yang sukses tidak tergantung dengan sebagai mana besarnya usaha tersebut melainkan bagaimana caranya bertahan ditengah rintangan yang dihadapinya. Usaha tidak akan sukses apabila tidak dikelola dengan baik, pemimpin memjadi pengaruh yang sangat penting bagi kelangsungan usaha. Sukses atau tidaknya usaha sangat terpengaruh oleh baik atau buruknya jiwa kepemimpinan pemimpin tersebut. 
 
Kata kunci : kewirausahaan, kepemimpinan, usaha 

Pendahuluan 
    Di zaman yang serba canggih dan mudah ini terkadang semua tidak selalu berjalan dengan mulus. Dengan banyaknya masyarakat yang mencari kerja namubn lapangan pekerjaan yang sangat terbatas membuat banyaknya masyarakat yang harus menganggur dan berakibat dengan ekonomi yang rendah. Membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain dan untuk memperbaiki taraf kehidupan menjadi hal yang terpenting untuk saat ini. Namun, usaha tidak akan sukses dengan instant banyak proses yang terdiri atas hambatan-hambatan yang harus dihadapi dan harus pintar dalam mengambil sebuah Tindakan atas peluang yang ada. Untuk menjadi usaha yang hebat dibutuhkan jiwa kepemimpinan yang hebat karena tidak dapat dipungkiri bahwa seorang pemimpin sangat mempengaruhi berjalannya suatu usaha dan anggota-anggota dalam usaha tersebut. 

Permasalahan 
1. Apa yang dimaksud dengan kewirausahaan? 
2. Apa yang dimaksud dengan leadership? 
3. Bagaimana pengaruh leadership terhadap sebuah kesuksesan sebuah usaha? 

Pembahasan 
1. Kewirausahaan 
    Kewirausahaan (Entrepreneurship) adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.Wirausaha merupakan suatu proses atau cara untuk melakukan suatu usaha yang bertujuan untuk mendapatkan hasil atau keuntungan yang diharapkan dengan cara memproduksi, menjual atau menyewakan suatu produkk barang atau jasa. 
    Dalam buku Entrepreneurial Finance oleh J.Leach Ronald Melicher bahwa kewirausahaan adalah sebuah proses dalam merubah ide menjadi kesempatan komersil dan menciptakan nilai (harga) “Process of changing ideas into commercial opportunities and creating value” Dalam buku Entrepreneurial Finance oleh J.Leach Ronald Melicher bahwa kewirausahaan adalah sebuah proses dalam merubah ide menjadi kesempatan komersil dan menciptakan nilai (harga) “Process of changing ideas into commercial opportunities and creating value” 
    Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Wira berarti :pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah beranidan berwatak agung. Usaha, berarti perbuatan amal, bekerja, berbuatsesuatu. Jadi wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuatsesuatu. Ini baru dari segi etimologi (asal usul kata). Menurut KamusBesar Bahasa Indonesia, wirausaha adalah orang yang pandai atauberbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru,menyusun operasi untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan operasinya serta memasarkannya. 
2. Leadership 
    Leadership adalah kegiatan untuk mempengaruhi orang-orang agar orang-orang itu bekerjasama mencapai tujuan yang mereka inginkan. George R. Terry mendefinisikan kepemimpinan sebagai kegiatan untuk mempengaruhi orang-orang agar orang-orang itu mencapai tujuan kelompok. Jadi kepemimpinan adalah proses mengarahkan perilaku orang lain ke arah pencapaian suatu tujuan tertentu. Pengarahan dalam hal ini berarti menyebabkan orang lain bertindak dengan cara tertentu atau mengikuti arah tertentu. Seorang pemimpin dikatakan berhasil jika percaya pada pertumbuhan yang berkesinambungan, efisiensi yang meningkat dan keberhasilan yang berkesinambungan dari perusahaan. 
    Kepemimpinan terdiri atas beberapa jenis seperti Kepemimpinan Transformasional, Kepemimpinan Karismatik- visioner, dan Kepemimpinan Tim. 
  • Kepemimpinan yang transformasional merupakan pemimpin yang membimbing atau memotivasi pengikutnya menuju sasaran yang ditetapkan dengan memperjelas peran atau persyaratan tugas dan mampu menumbuhkan dampak yang dalam pada para pengikutnya. 
  • Karakteristik pemimpin karismatik yaitu : 
  1. Mempunyai visi
  2. Mampu menyampaikan visi tersebut dengan jelas dan mudah dipahami
  3. Berani menambil resiko untuk mencapai visi itu
  4. Sensitif terhadap kendala lingkungan dan kebutuhan pengikutnya
  5. Menunjukkan perilaku diluar kebiasaan. 
Sedangkan karakteristik pemimpin visioner yaitu : Memiliki kemampuan dalam menjelaskan visinya kepada orang lain melalui pidato- pidato yang memukau dan memancing orang untuk bergabung.; Memiliki kemampuan mengungkapkan visi; Memiliki kemampuan untuk memperluas dan menerapkan visi dalam berbagai konteks yang berbeda-beda. 
  • Kepemimpinan Tim dapat dibagi ke dalam tiga peran, yaitu : 
  1. Pemimpin Tim adalah penghubung dengan pihak luar
  2. Pemimpin Tim adalah penyelesai masalah
  3. Pemimpin ini adalah manajer konflik. 
3. Hubungan Leadership dengan kesuksesan sebuah usaha 
    Wirausahawan yang berhasil merupakan pemimpin memimpin para karyawannya dengan baik. Seorang pemimpin dikatakan berhasil jika percaya pada pertumbuhan yang berkesinambungan, efisiensi yang meningkat dan keberhasilan yang berkesinambungan dari perusahaan. Para wirausaha memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda, mereka mengembangkan gaya kepemimpinan mereka sendiri sesuai dengan karakter pribadi mereka dalam memajukan perusahaannya. 
    Kepemimpinan adalah proses mengarahkan perilaku orang lain kearah pencapaian suatu tujuan tertentu. Pengarahan dalam hal ini berarti menyebabkan orang lain bertindak dengan cara tertentu atau mengikuti arah tertentu. Kepemimpinan dibutuhkan dalam Kewirausahaan agar pelaksanaan dalam berwirausaha dapat terorganisir dengan baik. Karena hakikatnya kepemimpinan merupakan proses mengarahkan perilaku orang lain ke arah pencapaian suatu tujuan tertentu, sehingga dengan adanya kepemimpinan suatu usaha akan terorganisir dan mencapai tujuan. Leadership di dalam sebuah perusahaan juga sangat penting sebagai ujung tombak yang melakukan koordinasi pada karyawan yang terlibat agar target yang sudah ditentukan sejak awal cepat tercapai. 

Kesimpulan 
    Kewirausahaan merupakan sebuah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Untuk berwirausaha kita perlu cermat dan cepat dalam melihat sebuah peluang yang mungkin saja m,enjadi sebuah awal baik bagi kehidupan kita kedepannya. Dalam berwirausaha dibutuhkan jiwa kepemimpinan yang baik karena kepemimpinan sangat berpengaruh terhadap kinerja dan kesuksesan sebuah usaha.

Referensi
Modul Perkuliahan Kewirausahaan III, Advance Business Strategy (Leadership and Management) – Atep Afia Hidayat,Ir.MP,  2022
Alma, Buchari. 2007. Kewirausahaan. Bandung: Alpabeta.
Kasmir. 2007. Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.