September 11, 2022

MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN DALAM BERWIRAUSAHA

 

Oleh : Tasya Reviana Azhari (@V28-TASYA)

ABSTRAK

Artikel ini membahas tentang manajemen strategi pemasaran yang dapat dilakukan seseorang dalam berwirausaha. Latar belakang dari artikel ini yaitu karena banyaknya para pembisnis yang tidak mempunyai strategi dalam berbisnis terlebih dalam melakukan pemasaran sehingga tidak mendapatkan peluang yang seharusnya didapatkannya dengan cara membuat strategi pemasaran. Artikel ini disusun bertujuan agar para pembisnis dapat membuat strategi pemasaran yang baik sehingga bisnis yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar dan mencapai target yang telah ditetapkan.

Kata kunci : strategi, bisnis, unsur, kewirausahaan


PENDAHULUAN

Strategi merupakan sebuah rencana yang komprehensif yang mengintegrasikan segala sumber daya dan kemampuan yang mempunyai tujuan untuk memenangkan kompetisi. Strategi pemasaran sangat penting diterapkan pada semua bidang yang berkaitan dengan bisnis. Hal ini dikarenakan ketatnya persaingan di bidang bisnis menuntut semua pelaku bisnis berpikir secara kreatif dan inovatif untuk menarik perhatian banyak konsumen. Pelaku bisnis pada saat ini telah banyak menciptakan upaya-upaya pengembangan strategi pemasaran dengan memanfaatkan peluang - peluang dengan cara mengikuti permintaan pasar dan perkembangan jaman, hal ini bertujuan untuk menarik perhatian konsumen agar dapat mencapai target penjualan yang diharapkan.

Perkembangan dunia usaha pada saat ini menunjukkan adanya gejala persaingan yang semakin meningkat ke arah penguasaan pasar secara luas. Perusahaan besar maupun kecil, saling bersaing dan berpacu untuk merebut tempat pemasaran dengan berbagai macam cara dan usaha supaya perusahaan dapat menjual produk sebanyak-banyaknya pada konsumen yang membutuhkan. Untuk itu perusahaan harus mendapat pasar yang luas dengan metode strategi pemasaran yang telah di kuasai dengan baik.

PERMASALAHAN

Pada saat ini, banyak sekali pengaruh yang cukup besar bagi pemasaran dan menumbuhkan tantangan - tantanga baru dalam melakukan pemasaran bisnis. Pembisnis dituntut untuk dapat mengetahui berbagai kejadian yang ada di berbagai wilayah yang mempengaruhi penjualan, sehingga membuat para pembisnis berlomba-lomba untuk mendapatkan simpati dari calon pelanggannya. Berdasarkan hal tersebut, penulis ingin memberikan cara dalam meningkatkan strategi pemasaran dalam berwirausaha agar dapat bersaing dengan pembisnis lain.


PEMBAHASAN

Strategi bisnis adalah kemampuan pengusaha/perusahaan dalam analisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan, perumusan (formulasi) strategi, pelaksanaan (implementasi) rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran-sasaran perusahaan, serta melakukan evaluasi untuk mendapatkan umpan balik dalam merumuskan strategi yang akan datang. Strategi yang baik adalah strategi yang mampu untuk menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan lingkungan bisnis yang terjadi untuk meraih keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing hanya dapat diraih melalui upaya curah-gagas tentang desain dan strategi yang terus menerus untuk dapat mewujudkan keunggulan bersaing yang terusmenerus (sustainable competitive advantages). Dengan begitu, perusahaan dapat mendominasi pasar lama dan baru.

Para ahli perencana strategi percaya bahwa filosofi umum yang menggambarkan bisnis atau usaha perusahaan tercermin pada misi yang harus dapat diterjemahkan pada pernyataan dalam strategi bisnis yang ditetapkan. Perencanaan strategi menyatakan bahwa strategi jangka panjang diturunkan dari usaha perusahaan untuk mencari dasar keunggulan bersaing dari strategi generik yaitu mengejar untuk mencapai biaya rendah (overall cost leadership) dalam industri, mengejar untuk menciptakan produk yang unik untuk pelanggan yang bervariasi atau differensiasi (differentiation) dan mengejar untuk melayani permintaan khusus pada satu atau beberapa kelompok konsumen atau industri.

Manajemen strategi bertujuan untuk mengidentifikasi mengapa dalam persaingan beberapa perusahaan bisa sukses sementara sebagian lainnya mengalami kegagalan. Peran manajemen strategi adalah trend watching dan invisioning, penerjemahan visi dan strategi ke dalam rencana tindakan, dan pengelolaan sumber daya untuk mewujudkan visi organisasi, melalui pendekatan yang bersifat holistik dan sistemik. Adapun proses manajemen strategi diawali oleh pengamatan terhadap lingkungan eksternal dan internal perusahaan, dilanjutkan dengan formulasi strategi, implementasi strategi, serta diakhiri oleh evaluasi dan pengendalian.

Strategi pasar perlu dipersiapkan sejak dini agar tujuan pemasaran tepat sasaran. Unsur- unsur strategi pemasaran menurut Fredy Rangkuti adalah sebagai berikut : 

A. Unsur Strategi Pemasaran 

1. Segmentasi pasar, yaitu tindakan mengidentifikasi dan membentuk kelompok pembeli atau konsumen secara terpisah. Masing-masing konsumen dibedakan menurut karakteristik kebutuhan produk dan bauran pemasaran tersendiri. 

2. Targeting, yaitu tindakan memilih satu atau lebih segmen yang akan dimasuki 

3. Positioning, yaitu menetapkan posisi pasar, tujuannya adalah untuk membangun dan mengkomunikasikan keunggulan produk yang ada di pasar kepada konsumen. 

B. Unsur taktik persaingan 

1. Differensiasi, yaitu pembeda antara produk sendiri dengan produk lain. 

2. Bauran pemasaran (marketing mix), yaitu meliputi produk (produk), harga (price), promosi (promotion) dan tempat (place).

a) Produk, segala sesuatu yang memiliki nilai di pasar sasaran dan manfaat serta kepuasan dalam bentuk barang dan jasa. Strategi penentuan produk ini meiputi : 

1) Penentuan logo/ moto

2) Menciptakan merek 

3) Menciptakan kemasan 

4) Keputusan label 

b) Price, harga menjadi satuan ukur mengenai mutu suatu produk dan harga merupakan unsur bauran pemasaran yang flelksibel (dapat berubah secara cepat). Adapun tujuan penetapan harga adalah : 

1) Untuk bertahan hidup 

2) Memaksimalkan laba

3) Memperbesar market-share 

4) Mutu produk 

5) Persaingan 

c) Promotion, pemberian informasi tentang suatu produk kepada konsumen menjadi faktor yang dominan dalam pemasaran. 

d) Place, tempat yang strategis sangat penting dalam pemasaran dalam mendistribusikan produk kepada konsumen. Factor yang mempengaruhi dalam penetuan distribusi adalah:

- Pertimbangan pembeli atau factor pasar 

- Factor produksi atau pengawasan dan keuangan 

C. Unsur nilai pemasaran 

Merek (brand) adalah nama, cermin, tanda, symbol, design atau kombinasi dari semuanya yang ditujukan untuk mengidentifikasikan produk sendiri dengan produk lainnya. Merek bagi konsumen mempunyai arti sebagai : 

1) Identifikasi untuk membedakan satu produk dengan produk yang lain 

2) Garansi atas kualitas dan kinerja dari produk yang akan dibeli.


KESIMPULAN

Pemasaran merupakan sekumpulan rancangan kegiatan yang berkaitan untuk mengetahui kebutuhan konsumen dan pengembangan, mendistribusikan, mempromosikan, serta menetapkan harga yang sesuai dari produk atau jasa untuk mencapai kepuasan pelanggan dan memperoleh keuntungan. Strategi pemasaran mencakup pengidentifikasian konsumen sasaran, menentukan peranan periklanan dan bauran promosi, menunjukkan tujuan dan besarnya anggaran promosi, memilih strategi kreatif, menentukan media, serta melaksanakan program tersebut dan mengukur efektifitasnya. Dengan adanya strategi pemasaran, pembisnis dapat menjalankan usahanya dengan lancar dan dapat tercapainya target penjualan sesuai dengan yang diinginkan.


DAFTAR PUSTAKA

Rangkuti. F. 1997.  Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Respository IAIN Kudus

Respository IAIN Tulungagung

Respository USU

Respository Walisongo

Wachjoe, PhD., C. K. (n.d.). Manajemen STRATEGI & KEWIRAUSAHAAN - PPT download.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.