September 18, 2022

MANUSIA, MOTOR UTAMA ORGANISASI

 

Oleh    : Ellyza Tri Septianingrum (@V23-Ellyza)

ABSTRAK

            Organisasi merupakan perkumpulan sejumlah orang atau SDM. Mengacu pada hal tersebut dapat disimpulkan bahwa SDM merupakan salah satu faktor paling penting dalam sebuah organisasi. SDM berperan sebagai motor penggerak organisasi guna mencapai tujuannya. Berpegang pada fakta tersebut, mendorong lahirnya sebuah wadah pengelolaan sumber daya manusia atau yang biasa dikenal sebagai PSDM. PSDM dalam penerapannya memiliki beberapa tugas dan fungsi yang perlu dilakukan guna mendukung kemajuan sebuah organisasi melalui aspek pengembangan manusia yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, saat ini PSDM menjadi salah satu divisi sendiri dalam sebuah organiasi, yang mana divisi ini berfokus kepada pengembangan sumber daya manusia.

Keyword         : Organisasi, SDM, PSDM

 

            An organization is an association of several people or human resources. Referring to this, it can be said that Human Resources (HR) is one of the crucial factors in an organization. HR plays a role as a driving force for the organization to achieve goals. It is adhering to these facts that prompted the birth of a forum for human resource management, commonly known as PSDM. PSDM, in its implementation, has several tasks and functions that need to be carried out to support the progress of the organization through the human development aspects in it. Therefore, currently, PSDM is one of its divisions within an organization, where this division focuses on human resource development.

Keyword         : Organization, Human Resources, HRD

 

PENDAHULUAN

Seringkali kita melihat sekumpulan orang sedang berdiskusi akan sebuah topic membentuk suatu kelompok.  Sejatinya, yang mereka lakukan ialah salah satu kegiatan dari organisasi. Dalam kehidupan bermasyarakat, kita seringkali menjumpai berbagai macam bentuk organisasi dengan system kerja dan tujuan yang berbeda – beda. Seperti contoh organisasi politik atau lebih dikenal dengan partai politik, organisasi siswa (OSIS), organisasi mahasiswa, dan masih banyak lagi. Tak terkecuali dalam dunia usaha. Segala aktifitas dalam kaitannya dengan berwirausaha yang meliputi menciptakan gagasan, mengenal pasar, mempersiapkan masukan, memproduksi, mempekerjakan orang, memasarkan, melayani konsumen, menyelenggarakan sistem informasi keuangan dan berbagai aktifitas lainnya dilaksanakan dalam sebuah wadah organisasi, yang disebut perusahaan.

            Secara umum, organisasi didefinisikan sebagai suatu system peran, aliran aktivitas dan proses (menunjukkan proses organisasi atau disebut system / pola hubungan kerja ) dan melibatkan beberapa orang sebagai pelaksana tugas / aktivitas yang dirancang untuk melaksanakan tujuan bersama. Pelaksanaan tujuan bersama ini merupakan alasan mengapa sebuah organisasi tersebut ada. Tidak cukup sampai disitu, sebuah organisasi juga perlu dikembangkan. Pengembangan organisasi adalah proses perubahan sistematis terencana agar lebih mampu mengelola perubahan organisasional kedepannya dan meningkatkan keefektifan implementasinya.

            Dalam sebuah organisasi, tentunya dibutuhkan sebuah motor penggerak kegiatan – kegiatan organisasi tersebut. Disinilah dapat dilihat peran sumber daya manusia (SDM) dalam berjalannya suatu organisasi. Menurut William B. Werther, JR & Keith Davis di dalam buku Human Resources and Personnel Management, istilah human resources ( HR ) atau sumber daya manusia menunjukkan berbagai orang yang ada dalam sebuah organisasi. Sebuah organisasi tentunya memiliki rancangan kegiatan guna mencapai suatu tujuan. Dalam hal ini, Sumber daya manusia (SDM) merupakan individu yang produktif dan bekerja sebagai penggerak organisasi , serta pelaksana kegiatan dan merupakan sumber daya yang tidak dapat di gantikan serta menjadi asset yang penting bagi sebuah organisasi

PERMASALAHAN

            Dari hasil uraian diatas, maka terdapat beberapa permasalahan yang akan dibahas dalam artikel ini, yaitu :

1.      Bagaimana peran Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sebuah organisasi

2.      Apa yang dimaksud dengan PSDM dan bagaimana tata kelola sumber daya manusia dalam sebuah organisasi

3.      Apa saja fungsi dalam Pengelolaan SDM ( PSDM)

 

PEMBAHASAN

1.      Peran SDM dalam Organisasi

Peran SDM dapat dikatakan cukup banyak, seperti turut menyumbang kontribusi dalam aktivitas perencanaan, pengarahan, dan pengorganisasian jalannya sebuah perusahaan. Peran fungsi SDM dan manajemen sumber daya manusia terbilang penting, yakni menentukan faktor produksi, membangun, serta mengembangkan perusahaan. Jika tidak ada SDM yang mumpuni dan memadai, pastinya secara otomatis perusahaan akan gagal meraih tujuan yang ingin dicapai. Selain itu, keberadaaan dari SDM ini juga merupakan faktor kunci dalam menentukan keberhasilan dan kesuksesan pada sebuah perusahaan atau organisasi. Lebih lanjut, SDM juga menjalankan peran – peran lain secara khusus seperti SDM sebagai tenaga kerja, sebagai tenaga ahli, produsen, motivator, pemimpin, dan sebagainya.

 

2.      Pengertian PSDM dan Tata Kelola SDM

Secara sederhana, Pengembangan SDM (PSDM) adalah aktivitas yang dirancang untuk memberikan dan mengkoordinasikan SDM organisasi. Lebih lanjut Edwin B. Flippo (1984) menyatakan bahwa pengelolaan sumber daya manusia merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dari pengadaan tenaga kerja, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan dan pemutusan hubungan kerja dengan maksud untuk mencapai tujuan atau sasaran perorangan, organisasi, dan masyarakat. Pada sebuah organisasi diperlukan adanya sebuah PSDM. Hal tersebut menjadikan lahirnya sebuah divisi PSDM ( Pengembangan Sumber Daya Manusia) dalam organisasi yang berfokus pada kesejahteraan sumber daya manusia. PSDM bertanggung jawab untuk menjaga serta meningkatkan solidaritas dan rasa kekeluargaan antar anggota melalui program kerja dan jobdesk yang dijalankannya.

Tata kelola PSDM adalah bagian integral dari tata kelola organisasi dengan kepemimpinan strategis, system manajemen, system organisasional dan pengendaliannya, untuk memastikan bahwa PSDM organisasi mampu meningkatkan keefektifan organisasi & keunggulan kompetitif yang langgeng dalam memenangkan dan mencapai sasaran organisasi. Adapun ruang lingkup pengelolaan sumber daya manusia (SDM), yaitu meliputi :

1)      Perencanaan anggota

2)      Pengadaan anggota

3)      Pembinaan dan pengembangan anggota

4)      Promosi dan mutasi

5)      Pemberhentian anggota

6)      Kompensasi, dan

7)      Penilaian anggota

 

3.      Fungsi dalam Pengelolaan SDM

Fungsi – fungsi dalam pengelolaan SDM dikelompokkan menjadi beberapa kategori seperti di bawah ini,

A.    System Reward

Fungsi yang pertama ini mencakup finansial sebagai hak wajib dan reward. Komponen didalamnya mencakup gaji pokok, tunjangan, bonus, asuransi, dan sebagainya.

B.     Sistem Manajemen Kinerja

Fungsi ini berfokus pada perancangan system kerja organisasi. Tujuan dari fungsi ini adalah mengubah perilaku pegawai yang difokuskan pada pengembangan dirinya dalam rangka pembangunan kapabilitas organisasi dengan memberikan stimulus diferensial penghargaan yang responsive dan adaptif sehingga terwujud High Performance Culture

C.     Sistem Kompetensi

Focus pengelolaan SDM berbasis kompetensi adalah bagaimana mengoptimalkan investasi human capital dengan menciptakan SDM yang memberi Nilai tambah bagi organisasi melalui pengetahuan, keterampilan dan perilakunya.

D.    Sistem Pengembangan SDM / Karir & Seleksi Kandidat

Fungsi pengelolaan SDM ini berfokus kepada pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui berbagai kegiatan yang dapat menunjang mutu organisasi. Mencakup didalamnya berbagai kegiatan seperti pelatihan, perencanaan jenjang karir, serta perekrutan atau seleksi kandidat.

 

KESIMPULAN

            Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa manusia merupakan faktor terpenting dalam sebuah organisasi. Manusia sebagai motor penggerak sebuah organisasi guna menjalankan aktivitas – aktivitas yang ditujukan untuk mencapai tujuan organisasi. Karena besarnya peran manusia dalam sebuah organisasi, maka lahirlah sebuah wadah yang dikhususkan untuk berfokus kepada kesejahteraan sumber daya manusia dalam sebuah organisasi. Hal tersebut juga mendorong hadirnya Pengelolaan Sumber Daya Manusia (PSDM) dalam sebuah organisasi. Oleh karena itu, sebuah organisasi sebaiknya memiliki divisi PSDM didalamnya agar dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan organisasinya.

 

REFERENSI

Chatab, Nevizond. 2019. Organisasi dan Manajemen Perusahaan Industri. Bandung : ALFABETA.

Hidayat, Atep Afia. 2021. Modul 3 : Advance Business Strategy (Leadership and Management).

https://www.talenta.co/blog/insight-talenta/peran-sdm-msdm-fungsi-manajemen-sumber-daya-manusia-adalah/#:~:text=Peran%20fungsi%20SDM%20dan%20manajemen,meraih%20tujuan%20yang%20ingin%20dicapai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.