September 18, 2022

Memahami Konsep Kepemimpinan dan Manajemen dalam Pengembangan Bisnis

 

Memahami Konsep Kepemimpinan dan Manajemen dalam Pengembangan Bisnis

Putri Virginia Valensi (@V26-Virginia)



Abstrak

Leadership atau kepemimpinan adalah suatu seni, fungsi, proses dan kemampuan dalam mempengaruhi dan mengarahkan orang-orang dengan cara kepatuhan, kepercayaan dan kesetiaan agar berbuat sesuatu sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Business development (pengembangan bisnis) dapat didefinisikan sebagai sebuah disiplin yang diperlukan untuk mencapai pertumbuhan (growth) melalui akuisisi profit dari konsumen baru atau konsumen yang sudah ada sebelumnya. Bisnis yang berjalan dengan baik karena pertimbangan manajemen. Manajemen berperan penting untuk pencapaian tujuan yang lebih besar. Secara umum, manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan seseorang dalam mengatur kegiatan yang dikerjakan individu atau kelompok. Sistem atau manajemen harus dilakukan untuk memenuhi target yang akan dicapai oleh individu atau kelompok tersebut dalam sebuah kerjasama dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada.

Kata Kunci : Kepemimpinan, Pengembangan Bisnis, Manajemen

Abstract

Leadership or leadership is an art, function, process and ability to influence and direct people by means of obedience, trust and loyalty to do something in accordance with the goals and objectives that have been set. Business development can be defined as a discipline required to achieve growth through the acquisition of profits from new or existing customers. A business that goes well because of management considerations. Management plays an important role for the achievement of larger goals. In general, management is a process carried out by a person in managing the activities carried out by individuals or groups. The system or management must be carried out to meet the targets to be achieved by the individual or group in a collaboration by optimizing existing resources.

Keywords : Leadership, Business Development, Management

Pendahuluan

Seorang pemimpin dalam bidang organisasi maupun bisnis memiliki tanggung jawab yang besar tidak hanya untuk bisnisnya namun terhadap anggota yang ia pimpin. Secara definisi, pemimpin adalah pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan di satu bidang sehingga mampu memengaruhi dan memotivasi orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu dalam pencapaian tujuan organisasi.

Tidak sedikit permasalahan yang harus dihadapi oleh suatu organisasi atau perusahaan bisnis. Peran penting seorang pemimpin perusahaan diperlukan untuk menyelesaikannya. Tidak sekadar kehadiran, seorang pemimpin yang baik harus memahami bagaimana menyelesaikan permasalahan. Selain itu, seorang pemimpin harus memiliki kemampuan ber-manajemen yang baik dalam suatu bisnis.

Permasalahan

1.     Apakah Leadership/Kepemimpinan memiliki hubungan dan berpengaruh terhadap pengembangan bisnis ?

2.     Apakah seorang manajer yang tak paham mengenai konsep manajemen menjadi kelemahan bisnis?

Pembahasan

Dari masalah yang pertama , kita harus memahami konsep kepemimpinan terlebih dahulu, agar pembaca mengerti kepemimpinan memiliki hubungan dan berpengaruh terhadap pengembangan bisnis, berikut penjelasannya

Menurut Zeitchik (2012) menyatakan bahwa kepemimpinan adalah tindakan memberi inspirasi kepada orang lain untuk mengejar tujuan atau visi yang sudah ditetapkan. Pemimpin juga menginspirasi anggotanya agar mereka memiliki upaya yang sama dalam mengejar visi sehingga menghasilkan kesuksesan bersama. Semua orang memiliki kepribadian dan karakter yang berbeda. Kepemimpinan ditunjukkan sesuai kepribadian dan karakter seseorang saat menjadi pemimpin. Itulah alasan tidak ada konsep kepemimpinan yang sempurna, semuanya tergantung pada individu pemimpin tersebut.

Keterampilan Dasar Kepemimpinan

Griffin dan Ebert (Ditjen Dikti 2013) mengemukakan bahwa manajer yang efektif perlu memiliki keterampilan dasar kepemimpinan, setidaknya dalam 5 (lima) hal sebagai berikut:

1)         keterampilan teknis (technical skills),

2)         keterampilan hubungan insani (human relations skills),

3)         keterampilan konseptual (conceptual skills),

4)         keterampilan mengambil keputusan (decision-making skills), dan

5)         keterampilan manajemen waktu (time management skills).

Syarat-Syarat Kepemimpinan

Ada tiga hal penting dalam konsepsi kepemimpinan antara lain:

1)         Kekuasaan

Kekuasaaan adalagh otorisasi dan legalitas yang memberikan wewenang kepada pemimpin untuk mempengaruhi dan menggerakkan bawahan untuk berbuat sesuatu dalam rangka penyelesaian tugas tertentu.

2)         Kewibawaan

Kewibawaan merupakan keunggulan, kelebihan, keutamaan sehingga pemimpin mampu mengatur orang lain dan patuh padanya.

3)         Kemampuan

Kemampuan adalah sumber daya kekuatan, kesanggupan dan kecakapan secara teknis maupun social, yang melebihi dari anggota biasa.

Dalam perusahaan bisnis pemimpin disebut juga manajer. Manajer bertugas menyusun target dan strategi jangka panjang organisasi, membangun hubungan dengan pelanggan, mengidentifikasi peluang bisnis, melakukan negosiasi bisnis, serta memonitor perkembangan pasar. Ia bisa bekerja di berbagai bidang seperti konstruksi, manufaktur, industri makanan, perminyakan, dan sebagainya. Maka selain aspek bisnis, seorang manajer dalam pengembangan bisnis harus mengerti mengenai industri yang digelutinya.

Menurut Mukzam (2000) dalam penelitiannya Pengaruh Perilaku Pemimpin dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan Hasil dari penelitian ini perilaku tugas berpengaruh terhadap kinerja karyawan, perilaku hubungan berpengaruh terhadap kinerja karyawan, motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

Maka dari itu Leadership/Kepemimpinan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis karena meningkatnya kinerja karyawan dan tidak lupa memantau perkembangan pasar.

Setelah membahas masalah yang pertama. Selajutnya kita membahas masalah yang kedua mengenai Apakah seorang manajer yang tak paham mengenai manajemen menjadi kelemahan bisnis. Sebelum itu kita harus memahami konsep manajemen perkembangan bisnis, berikut penjelasannya

Menurut George R. Terry, 1997.Manajemen adalah adalah suatu proses yang berbeda terdiri dari planning, organizing, actuating, dan controlling yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditentukan dengan menggunakan manusia dan sumber daya lainnya.

Menurut Stoner – Ditjen Dikti 2013, Ilmu Manajemen merupakan proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota entitas atau organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Jika membaca berbagai literatur manajemen, defenisi manajemen oleh para ahli cukup beragam. Namun jika ditelusuri lebih jauh, maka akan ditemukan bahwa istilah manajemen mengandung tiga pengertian yaitu:

1.         Manajemen sebagai suatu proses

2.         Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen

3.         Manajemen sebagai suatu seni (art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (science)

Fungsi utama manajemen dikutip dari buku “The Professional Management” oleh Louis A. Alen , sebagai berikut :

1)         Memimpin (Leading)

Tugas seorang manajer adalah agar orang lain bertindak untuk tujuan organisasi, fungsi ini meliputi:

a.         mengambil keputusan (decision maker);

b.         melakukan komunikasi (communicating);

c.         memberikan motivasi (motivating);

d.         memilih orang-orang (selecting people);

e.         mengembangkan orang lain (developing people) melalui penilaian hasil kinerja, memberikan saran dan pemberian latihan atau training.

2)         Merencanakan (Planning)

Tugas dan kegiatan utama pencanaan meliputi:

a.         Forecasting atau meramalkan untuk waktu yang akan datang;

b.         Membuat target dan sasaran (seat goal or targeting);

c.         Programming    (membuat         acara)   membuat          rencana            urutan   kegiatan            yang diperlukan untuk pencapaian target;

d.         Schedulling (mengatur urutan waktu pelaksanaan atau time table);

e.         Budgeting (menyusun rencana anggaran biaya);

f.          Membuat Standard Operating Procedure (SOP) tentang pelaksanaan pekerjaan;

g.         Estabilishing and Interpreting Policies (menetapkan dan menafsirkan kebijakan- kebijakan pelaksanaan pekerjaan)

3)         Menyusun (Organizing)

Kegiatan mengatur dan menghubungkan suatu pekerjaan sehingga dilaksanakan lebih efektif dan efisien meliputi:

a.         Design Organization Structure (Desain Struktur Organisasi),

b.         Menentukan job description dari masing-masing jabatan untuk mencapai sararan organisasi;

c.         Delegating Responsibility and Authority (mendelegasikan tanggung jawab dan wewenang) menetapkan pertangungjawaban untuk hasil yang dicapai;

d.         Estabilishing Relationship (menetapkan hubungan-hubungan yang membedakan antara atasan dan staff);

e.         Mendeskripsikan hal-hal yang dianggap efektif sehubungan dengan pemanfaatan sumber daya manusia guna pencapaian sasaran.

4)         Mengawasi (Controlling)

Melakukan pengawasan, pengendalian dan pengamatan meliputi:

a.         Developing Performance Standard (perkembangan pekerjaan);

b.         Measuring Performance (pengukuran hasil pekerjaan);

c.         Taking   Corrective   Action       (melakukan tindakan perbaikan dan mengoreksi kesalahan)

Peranan kepemimpinan dalam Manajemen

Kepemimpinan berperan sangat penting dalam manajemen karena unsur manusia merupakan variabel yang teramat penting dalam organisasi. Seperti dikemukakan di atas bahwa yang terlibat dan bertanggung jawab atas kegiatan-kegiatan organisasi terdiri dari para manajer, para supervisor, dan para pelaksana. Manusia memiliki karakteristik yang berbeda-beda mempunyai kepentingan masing-masing, yang bahkan saling berbeda dan berakibat terjadi konflik. Perbedaan kepentingan tidak hanya antar individu di dalam organisasi, tetapi juga antara individu dengan organisasi di mana individu tersebut berada.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas dapat di simpulkan bahwa Leadership/Kepemimpinan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis karena memberikan motivasi kerja untuk meningkatnya kinerja karyawan dan tidak lupa memantau perkembangan pasar. Dan juga pemimpin atau manajer harus paham mengenai konsep manajemen karena jika tidak  menjadi kelemahan bisnis dan bisnis menjadi tidak berkembang dan sering mengalami kegagalan dalam suatu target

Saran

Jika ingin menjadi pemimpin suatu perusahaan bisnis atau organisasi harus paham mengenai konsep kepemimpinan dan mempelajari konsep manajemen yang baik

Daftar Pustaka

Modul 3 pembelajaran kwh.Advance Business Strategy (Leadership and Management)

Jurnal Manajemen pendidikan dan ilmu sosial. FAKTOR PENGEMBANGAN ORGANISASI PROFESIONAL:LEADERSHIP/KEPEMIMPINAN, BUDAYA, DAN IKLIM ORGANISASI(SUATU KAJIAN STUDI LITERATUR MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL).2021

Novita.2022. Mengenal Apa Itu Konsep Kepemimpinan Dalam Manajemen Bisnis. Link akses https://toffeedev.com/blog/kepemimpinan-dalam-manajemen/#Konsep_Kepemimpinan_dalam_Manajemen_Bisnis.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.