September 25, 2022

Memahami Strategi Pengembangan Orientasi Bisnis di Pasar Global

 

Memahami  Strategi Pengembangan Orientasi Bisnis di Pasar Global

Putri Virginia Valensi (@V26-Virginia)



Abstrak

Perkembangan usaha di Indonesia khususnya dalam wilayah industry kecil mengaharuskan seorang pembisnis harus memiliki oreintasi bisnis dan strategi yang baik. selain itu seorang pengusaha harus memiliki strategi bisnis yang tinggi, tingginya strategi bisnis akan membuat perusahaan dapat bertahan dan bersaing dalam persaingan bisnis.

Kata Kunci : Orientasi Bisnis, Strategi bisnis.

Abstract

Business development in Indonesia, especially in the small industry area, requires a businessman to have a good business orientation and strategy. besides that an entrepreneur must have a high business strategy, the high business strategy will make the company survive and compete in business competition.

Keywords: Business Orientation, Business Strategy.

Pendahuluan

Perkembangan bisnis yang semakin ketat dewasa ini mengharuskan perusahaan menghadapi persaingan yang sangat ketat, apapun jenis bisnis yang mereka jalankan. Persaingan di antara perusahaan tersebut akan menghasilkan tarik menarik konsumen agar bisnisnya semakin maju. Untuk menarik konsumen setiap perusahaan harus memiliki strategi yang tepat untuk memasarkan produknya. Setiap perusahaan tentu mempunyai cara yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Era globalisasi telah menuntut adanya perubahan paradigma lama dalam segala bidang, salah satunya adalah bidang pemasaran. Pemasaran mengambil peranan penting dalam setiap persaingan bisnis yang terjadi. Adanya persaingan bisnis memang sangatlah wajar, namun sebaiknya disikapi positif oleh para pebisnis.

Permasalahan

Pada era globalisasi sekarang , semua pembisnis  di tuntut untuk bersaing dalam  bisnis yang sangat ketat di pasar global ini. Selain itu kualitas peningkatan kinerja dalam kesusksesan perkembangan bisnis yang ada.

Pembahasan

Pengembangan kewirausahaan dilakukan dengan cara mengembangkan pelaku usaha (entrepreneur) yang berkualitas, baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan atau kemampuan dan mental dengan harapan akan menciptakan kemandirian dalam berusaha dan berbisnis. Hal ini dipandang sangat penting apalagi jika usaha yang digeluti berhubungan dengan kegiatan sosial kemasyarakatan dan berdampak positif terhadap lingkungan. Pelaku usaha konvensional memiliki kemiripan dengan pelaku usaha sosial hanya saja pelaku usaha sosial merupakan aset dan unsur utama kewirausahaan sosial di masyarakat dan penentu tumbuhnya suatu wilayah dalam pengembangan kewirausahaan berbasis kemasyarakatan. Tentunya tidak semua pelaku usaha bisa berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat kecuali pelaku usaha sosial yang aktifitasnya melibatkan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Orientasi kewirausahaan menurut Muchtolifah (2005) merupakan kapabilitas organisasi memberikan kontribusi penciptaan sumber daya organisasi yang unik, keunggulan yang posisional yang berpengaruh terhadap kinerja.

Menurut Arthur A. Thompson and Strickland dalam bukunya yang bertajuk Strategic Management: Concepts and Cases, terdapat sejumlah faktor yang perlu diperhatikan ketika kita melakukan proses penyusunan strategi perusahaan. Faktor-faktor itu adalah sbb:

·       Pertimbangan Regulasi dan Kebijakan Pemerintah

·       Kondisi Persaingan dan Daya Tarik Industri Secara Keseluruhan

·       Peluang Pasar dan Ancaman Eksternal Perusahaan

·       Kekuatan Sumber Daya Perusahaan, Kompetensi, dan Kemampuan Kompetitif

·       Ambisi Pribadi, Filsafat Perusahaan, dan Kepercayaan Etis Manajer

·       Pengaruh Shared Values dan Company Culture dalam Strategi

Menguji Strategi Bisnis Terbaik
Tiga pengujian dapat digunakan untuk mengevaluasi pilihan strategi terbaik, yakni :

1.     Goodness of Fit Test— Strategi yang baik harus benar-benar cocok terhadap kondisi industri dan kompetisi, peluang dan ancaman pasar, dan aspek lain dari lingkungan eksternal perusahaan.

2.     . Competitive Advantage Test— Strategi yang baik harus mampu menigkatkan daya saing perusahaan.

3.      Performance Test— Strategi yang baik harus mampu meningkatkan kinerja perusahaan.

Strategi Memasuki Pasar Global

1.     Ekspor Dan Impor

Ekspor adalah salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan cara penjualan atau mengeluarkan barang dari dalam negeri dan di kirimkan ke negara lain. Impor adalah kegiatan pembelian jasa atau barang dari satu negara di kirim ke negara lain. Tujuan diadakan kegiatan ekspor dan impor adalah upaya memenuhi kebutuhan masyarakat dan menambah pendapatan devisi bagi negara dalam mensejahterakan kehidupan masyarakat.

2.     Perusahan Cabang Atau Perwakilan

Pendirian/pembentukan kantor cabang atau kantor perwakilan didasarkan pada ketentuan anggaran dasar yang memperbolehkan perusahaan tersebut untuk mendirikan kantor cabang atau kantor perwakilan. Pendirian kantor cabang atau kantor perwakilan tidak harus dalam akta notaris namun untuk kebutuhan pengurusan izin-izin biasanya pendirian/ pembentukan dilakukan dalam akta notaris.

3.     Lisensi Asing dan Alih Teknologi

Lisensi merupakan cara untuk ahli teknologi perjanjian lisensi merupakan perjanjian antara pemilik teknologi dengan negara berkembang dalam memproduksi suatu produk. https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/10/11/strategi-pengembangan-usaha

4.     Franchising

Franchise merupakan konsep pemasaran untuk memperluas jaringan dengan cepat. Sistem ini dianggap memiliki beberapa keunggulan yang terkait dengan pendanaan, sumber daya manusia dan manajemen, kecuali kerelaan pemilik merek berbagai dengan pihak lain. Franchise juga dianggap sebagai jalur distribusi yang efektif untuk mendekatkan produk kepada konsumen melalui jaringan franchisee.

5.     Joint Ventura

Joint venture adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kerjasama antara dua atau lebih perusahaan dalam bidang bisnis. Perusahaan yang melakukan kerjasama biasanya perusahaan lokal dan luar negeri, yang tujuannya untuk membangun sebuah hubungan yang menguntungkan kedua pihak.

6.     Akuisisi

akuisisi bisnis adalah mengambil alih kepemilikan suatu perusahaan dari perusahaan lain. Pengambilalihan itu dapat berupa kepemilikan saham maupun aset.

Kesimpulan

DI perkembangan bisnis era globalisasi sekarang, pembisnis harus memahami strategi yang baik dalam berbisnis karena persaingan bisnis yang sangat ketat dan juga pembisnis harus memahami pasar global untuk perkembangan bisnis.

Daftar Pustaka

Modul 4 pembelajaran kwh 3. Strategies For Going Global and Barrier to International Trade

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/10/11/strategi-pengembangan-usaha

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.