September 25, 2022

Memaksimalkan Strategi Pemasaran yang Efektiif di Era Digital

 

                                    



                                Oleh: Vanie Cahyani Rachmanindya(@V29-VANIE)

ABSTRAK
    Strategi marketing yang tepat sangat diperlukan untuk bisa mengubah target pasar menjadi konsumen. Strategi pemasaran sendiri ada banyak jenisnya dan yang paling pesat perkembangannya adalah pada strategi pemasaran online. Strategi pemasaran online atau strategi marketing online menjadi suatu hal yang diandalkan dalam bisnis.

PENDAHULUAN
        Apapun bisnis yang akan  dijalani, tentu harus terus mencari cara untuk menarik konsumen. Dalam hal ini, strategi pemasaran yang tepat adalah solusi yang paling butuhkan. Strategi pemasaran adalah rangkaian perencanaan untuk menjangkau target pasar dan mengubah mereka menjadi konsumen. di era digital di mana media yang ada bukan sekadar koran, radio atau televisi. Pada era digital di mana media yang ada bukan sekadar koran, radio atau televisi yang di mana media sekarang sangat bervariasi. Tentunya akan lebih banyak lagi strategi pemasaran yang bisa dilakukan.

PEMBAHASAN
    Strategi marketing yang tepat sangat diperlukan untuk bisa mengubah target pasar menjadi konsumen. Strategi pemasaran sendiri ada banyak jenisnya dan yang paling pesat perkembangannya adalah pada strategi pemasaran online.
Berikut beberapa fungsi strategi pemasaran yang perlu diketahui:

  • Mempercepat pertumbuhan perusahaan;
  • Membangun reputasi;
  • Meningkatkan brand awareness;
  • Membidik pangsa pasar yang tepat;
  • Memastikan perusahaan memaksimalkan sumber daya yang dimiliki.

Di era digital ini, strategi pemasaran yang efektif dapat membantu menjangkau calon konsumen di seluruh Indonesia. Dengan melakukan strategi pemasaran yang tepat, dapat memberi manfaat pada bisnis yaitu:
1. Menjangkau lebih banyak konsumen
2. Mudah dipraktikkan
3. Bisa menargetkan konsumen secara lebih spesifik
4. Hasilnya terukur
5. Biaya relative minim

Setelah mengetahui beragam strategi pemasaran yang baik, Anda perlu menerapkan strategi tersebut dengan tepat dengan:
1. Melakukan segmentasi pasar
2. Menentukan target pasar
3. Market positioning

Pemasaran atau promosi tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Diperlukan perencanaan strategi yang matang agar mendapatkan hasil yang maksimal.


KESIMPULAN
        Pastikan perusahaan memiliki perencanaan yang matang untuk penganggaran biaya pemasaran untuk mendapatkan hasil yang optimal. Di era sekarang, kehidupan manusia hampir tidak bisa dipisahkan dari aktivitas online atau internet, oleh karena itu strategi pemasaran online atau strategi marketing online menjadi suatu hal yang diandalkan dalam bisnis.

DAFTAR PUSTAKA
https://koinworks.com/blog/macam-macam-strategi-pemasaran-online/
https://www.niagahoster.co.id/blog/strategi-pemasaran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.