September 04, 2022

Mengikuti Trend Dalam Memulai Bisnis Kewirausahaan

 

 

Mengikuti Trend Dalam Memulai Bisnis Kewirausahaan




Oleh : Rizik Ibnu Thoriq (@V19-RIZIK)

Abstrak

Setiap pebisnis tentu menginginkan usahanya dapat berjalan dengan sukses dan juga berkembang sepanjang tahun. Semua bisnis tentu bisa berkembang jika sejak awal sudah dipersiapkan secara matang. Itulah mengapa perencanaan bisnis menjadi hal utama yang harus Anda lakukan agar bisnis Anda mampu bertahan di tengah-tengah persaingan ataupun trend bisnis yang berubah dan berinovasi seiring perkembangan zaman.

 

Sebagai pemula dalam berbisnis, tentu perkembangan zaman dan juga inovasi ini bisa menjadi sebuah tantangan yang nyata dan harus dihadapi demi mempertahankan eksistensi bisnisnya. Profesi wirausaha bisa dibilang sebagai salah satu profesi yang lengkap, karena Anda harus pintar dalam mengatur strategi sekaligus mampu berpikir kreatif dan inovatif.

 

Katakunci : trend, inovasi, peluang, kewirausahaan

 

PENDAHULUAN

Richard Cantillon seorang ekonom yang pertama kali mengenalkan istilah kewirausahaan yaitu pada era ekonomi modern. Dengan prinsip bekerja sendiri atau self employment. Cantillon (1775) menyerukan bahwa seorang wirausaha membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Dari pandangan inilah terbentuk adanya kewirausahaan saat ini.

Pengertian wirausaha menurut J B Say (1803) adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi meningkat. Menurut Peter F Drucker (1959) kewirausahaan menyangkut pada kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang baru, berbeda, dan khas.

Dengan demikian pengertian kewirausahaan berkaitan pada konsep pola pikir yang kreatif dalam menciptakan suatu inovasi yang kemudian memiliki nilai guna dan nilai lebih

Tren bisnis adalah gaya atau kecenderungan dalam bisnis tertentu yang bisa berpengaruh pada peningkatan penjualan. Bisa juga berupa inovasi baru yang mengundang rasa penasaran konsumen. Biasanya, diikuti oleh para pemain dalam bidang bisnis tersebut. 

 

 

PERMASALAHAN

Menciptakan peluang sendiri untuk berbisnis memang tidak mudah. Jika Anda sudah memiliki bisnis dengan modal kecil atau bisnis dengan melihat masalah yang ada tentu membanggakan. Apalagi jika bisnis atau usaha Anda tersebut bisa berjalan laten. Untuk Anda yang memulai bisnis atau yang sudah lama berbisnis namun masih terombang-ambing dalam pengembangan bisnis Anda, mungkin Anda tertarik untuk mengikuti tren.

Pasalnya, bisnis dengan mengikuti tren terlihat menarik dan menguntungkan. Contoh para artis yang membuka bisnis kuliner dengan menciptakan kue kekinian. Bermodal desain branding dan packaging yang menarik, racikan kue yang mungkin mirip, serta membawa satu kota untuk kemudian dijadikan alternatif oleh-oleh kota tersebut.

PEMBAHASAN

Cara menganalisa peluang mengikuti trend dalam memulai kewirausahaan :

Analisis tren dan sesuaikan dengan kemampuan Anda

 

Sebelum memustukan untuk mengikuti tren atau tidak, analisis dulu trennya seperti apa. Misalnya ada tren fidget spinner kemudian Anda mencoba untuk dapat peruntungan dari sana, tapi kira-kira kalau Anda hanya menjual fidget spinner kira-kira hanya in waktu tren atau akan laten ya? Misalnya lagi, bisnis kue kekinian seperti para artis. Lagi-lagi Anda harus mengukur kemampuan Anda apakah Anda bisa membuat bisnis yang sama..

 

Memanfaatkan tren dari kacamata bisnis Anda sendiri

 

Positifnya, tren itu sangat bisa dimanfaatkan tanpa harus mengikutinya. Manfaatkan tren dari kacamata bisnis Anda sendiri. Misalnya, ketika tren fidget spinner Anda tidak harus menjual fidget spinner. Bagaimana jika menciptakan coffeeshop yang menyediakan aneka mainan termasuk fidget spinner? Nah, melihat peluang seperti ini juga susah, Anda harus mulai berpikir kreatif dan kembali menyesuaikan dengan kemampuan Anda.

 

Inovasi Produk Anda agar Masyarakat semakin Tertarik untuk Menjadi Konsumen Anda

 

                Dalam urusan tren, masyarakat akan secara tidak langsung menuntut para pelaku bisnis untuk menghadirkan produk yang memiliki inovasi terbaru dan berbeda dari produk yang sudah ada. Dalam hal ini, Anda bisa memperbarui ide dalam produk atau jasa yang Anda tawarkan, sehingga masyarakat akan semakin tertarik untuk mencoba produk tersebut dan menjadi konsumen Anda.

 

Menciptakan produk atau jasa yang baru memang bukan hal yang mudah dan tidak murah. Tapi Anda bisa menyiasatinya dengan mengumpulkan ide-ide segar didukung dengan pihak yang berpengalaman matang dalam bidang yang Anda kerjakan. Ide dan pengalaman yang matang akan menjadi modal utama untuk berinovasi dan menciptakan produk baru.

 

Ikuti Perkembangan Pasar

 

Anda tidak bisa mengalahkan trend tanpa mengikuti trend itu sendiri. Pada umumnya, para konsumen akan selalu tertarik dan memiliki perhatian lebih kepada perkembangan tren baru. Oleh karena itu, secara tidak langsung kita juga bisa mengetahui minat para konsumen saat ini. Salah satu contoh kegagalan mengikuti tren pasar yang besar dapat kita lihat dari produk telepon genggam milik Nokia.

 

Ketika platform iOS dan Android berkembang pesat, Nokia memutuskan untuk tetap bertahan dengan platform miliknya Symbian. Kekalahan telak tentu saja harus dihadapi oleh Nokia mengingat kualitas iOS dan juga Android cukup jauh dengan Symbian. Sehingga akhirnya Nokia mengubah platformnya dari Symbian menjadi Windows mobile yang memiliki kualitas setara dengan kompetitornya saat itu. Namun, langkahnya dinilai terlambat, sehingga mereka tetap kehilangan pasar yang sudah dikuasai selama puluhan tahun sebelumnya.

 

KESIMPULAN

 

Bisa dibilang di era yang dinamis ini, selalu ada tren baru yang hadir setiap harinya bahkan dalam hitungan jam sekalipun. Dan tren baru ini juga kerap kali menarik perhatian masyarakat luas. Karena hal tersebut pula, para marketers perlu untuk mengikuti tren yang sedang berkembang agar tetap up-to-date dan meningkatkan peluang untuk disadari keberadaannya oleh sasaran audiens mereka.

 

SARAN

 

Sebagai pemula dalam berbisnis, tentu perkembangan zaman dan juga inovasi ini bisa menjadi sebuah tantangan yang nyata dan harus dihadapi demi mempertahankan eksistensi bisnisnya. Profesi wirausaha bisa dibilang sebagai salah satu profesi yang lengkap, karena Anda harus pintar dalam mengatur strategi sekaligus mampu berpikir kreatif dan inovatif.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

https://www.pawoon.com/cara-mengikuti-trend-untuk-meningkatkan-bisnis/

https://kanefood.com/bisnis-mengikuti-tren-baik-atau-buruk/

https://kumparan.com/081-vera-riawati-ritonga/mengikuti-tren-dunia-usaha-1xcOm7e4I5l/full

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.